PERAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIA GUNA MEMBANGUN MASYARAKAT ISLAM MODERN

Firma Yudha

Abstract


Persaingan dunia pendidikan menjadi fokus utama didalam dunia global, termasuk pendidikan matematika didalamnya. Peran pendidikan matematika menjadi peran penting dimasyarakat dalam menyiapkan dan membentuk sumber daya manusia (SDM) yang memiliki beberapa kompetensisebagai fondasi pendidikannya, seperti kompetensi analitik, kompetensi interpersonal, kemampuan untuk bertindak,  kemampuan untuk memproses informasi dan kemampuan untuk mengelola perubahan. Kompetensi-kompetensi tersebut dilatihkan kepada siswa selama proses pembelajaran berlangsung, agar siswa memahami akan pentingnya pendidikan matematika dalam kehidupan sehari-hari dimasyarakat. Selain itu juga melaksanakan pendidikan yang berstandar. Pada artikel ini dijelaskan peran pendidikan matematika dalam meningkatkan sumber daya manusia guna membangun masyarakat islam modern. Karakter dalam belajar matematika pun sangat penting dalam bermasayarakat, misalnya: kejujuran dan keterbukaan, konsisten, ketelitian, percaya diri, kerja keras, berjiwa wirausaha, berfikir logis, mandiri, ingin tahu dan cinta ilmu.


Keywords


Peran pendidikan matematika, kualitas SDM, Masyarakat islami modren

Full Text:

PDF

References


Nasrullah, A. (2017). Sosiologi perkotaan. Bandung: CV Pustaka setia.

Apino, E. & Retnawati, H. (2008). Desain pembelajaran matematika untuk melatihkan higger order thinking skills. Yogyakarta: Parama.

Creswell, J. W. (1994). Research Design Qualitative & Quantitative Approach. London: Publication.

Hasana, S. N. & Maharany, E. R. (2017). Pengembangan Multimedia Menggunakan Visual Basic for Application (VBA) untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang, 3(2), 2442-4668.

Hwang, W. Y. (2007). Multiple representation skillsand creativity effect on mathematical problem solving using a multimedia whiteboard system. Education Technology & Society, 10 (2), 191-212.

Jailani & Retnawati, H. (2016). The challenges of junior high school mathematic teacher in implementing the problem-based learning for improving the higher-order thinking skills. The online journal of conseling and education, 5(3), 1-13.

Murtiyasa. (2015). Tantangan pembelajaran matematika di Era Global. Prosiding seminar nasional matematika dan pendidikan matematika UMS 2015. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Retnawati, H., Hadi. S., & Nugraha, A. C. (2016). Vocational high school teacher’s difficulties in implementing the assessment in curriculum 2013 in Yogyakarta Province of indonesia. International journal of instruction, 9(1).

Srijanti, Purwanto, S. K., & Pramono, W. (2007). Etika Membangun Masyarakat Islam Modern. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Waluya. S. B. (2012). Peran matematika dan pendidikan matematika dakam membangunkarakter bangsa. Prosiding seminarnasional matematika dan pendidikan matematika UNY 10 November 2015. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Yee, S. P., & Bostic, J. D. (2014). Developing a contextualization of student’s mathematical problem solving. Journal of mathamatical behavior, 36, 1-19.




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v5i2.2725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is Indexed by:

       

 

 


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License