PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA Hand Quick PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT SISWA KELAS VII

Authors

  • Ririn Dwi Agustin Program Studi Pendidikan Matematika, IKIP Budi Utomo Malang
  • Rochsun Rochsun Program Studi Pendidikan Matematika, IKIP Budi Utomo Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v6i1.4988

Keywords:

Media, Hand Quick, Bilangan Bulat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika yang Hand Quick untuk siswa kelas VII MTs. Mafatihul Huda Pujon pada materi Bilangan Bulat. Penelitian ini di kembangkan dengan model ADDIE, yang meliputi tahap Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran matematika Hand Quick pada operasi bilangan bulat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Dari hasil analisis angket respon siswa diperoleh skor sebesar 3,8 dan di kategorikan efektif. (2) dari hasil analisis kevalidan diperoleh skor 3,16 yang termasuk dalam kategori valid. Berdasarkan hasil analisis kevalidan dan keefektifan maka bisa disimpulkan bahwa media Hand Quick termasuk dalam kategori baik dan layak digunakan.

 

This study aims to produce a Hand Quick mathematics learning media for grade VII students of MTs. Mafatihul Huda Pujon on Round Number material. This research was developed with the ADDIE model, which includes the Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation stages. This research produces Hand Quick mathematics learning media on integer operations. The results showed that: (1) From the results of the analysis of the questionnaire responses of students obtained a score of 3.8 and categorized as effective. (2) the validity analysis results obtained a score of 3.16 which is included in the valid category. Based on the results of the validity and effectiveness analysis, it can be concluded that the Hand Quick media is included in the good and proper category.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hendra. 2008. Aneka Berhitung Cepat. Bogor: R3W Media. Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media

Nasution, Tetty Khairani dan Edy Surya. 2015. Penerapan Teknik Jarimatika dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian Bilangan. Edumatica, 5 (1), 48-58.

Palupi, Anisa Tri. 2012. Penggunaan Media Jarimatika Untuk Meningkatkan hasil Belajar Matematika Materi Perkalian pada Siswa Kelas IV SD Negeri Combongan 03 Sukoharjo. Skripsi. Surakarta: UMS. Tidak Dipublikasikan.

Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Rahmatullah, Bima Suci. 2016. Pengaruh Penggunaan Metode Jarimatika terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD Negeri 06 Metro Barat Tahun pelajaran 2015/ 2016. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung. Tidak Dipublikasikan.

Santyasa, I Wayan. 2017. Model- Model Pembelajaran Interaktif. Makalah disajikan dalam Pelatihan tentang Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru- Guru SMP an SMA, Nusa Penida, 29 Juni – 1 Juli 2007

Downloads

Published

2020-01-31

How to Cite

Agustin, R. D., & Rochsun, R. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA Hand Quick PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT SISWA KELAS VII. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 6(1), 53–57. https://doi.org/10.33474/jpm.v6i1.4988