KEMAMPUAN DISPOSISI BERFIKIR KRITIS SISWA YANG BERKATEGORI RENDAH DALAM MEMECAHKAN MASALAH PERSAMAAN NILAI MUTLAK LINIER SATU VARIABEL

Authors

  • Siti Na'imatul Uyun STKIP PGRI PASURUAN
  • Fuat Fuat STKIP PGRI PASURUAN

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v6i2.5370

Keywords:

Disposisi Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, Disposisi Rendah

Abstract

Kecenderungan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah persamaan nilai mutlak linier satu variabel masih belum banyak ditemukan. Dimana kurangnya kemampuan disposisi berfikir kritis siswa, yang disebabkan kurangnya kesiapan siswa dalam menghadapi masalah maupun sikap siswa yang kurang kritis mengenai permasalahan yang diberikan. Hal ini ditunjukkan ketika siswa dalam memecahkan masalah yang berupa soal tes, siswa langsung mengerjakan tanpa menganalisis terlebih dahulu soal yang telah diberikan dan siswa beranggapan bahwa soal yang telah diberikan selalu benar. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan disposisi berfikir kritis siswa yang berkategori rendah dalam memecahkan masalah persamaan nilai mutlak linier satu variabel. Subjek yang diteliti yaitu siswa kelas X jurusan MIPA dengan instrumen berupa tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa salah satu siswa dalam memecahkan masalah persamaan nilai mutlak linier satu variabel memiliki kemampuan disposisi berfikir kritis yang berkategori rendah. Hal ini ditunjukkan dengan salah satu siswa ini mampu memenuhi 2 indikator dari 6 indikator disposisi berfikir kritis yaitu : (1) pencarian kebenaran (truth-seeking) yang ditunjukkan melalui penyampaian beberapa pendapat mengenai variabel – variabel yang terdapat dalam permasalahan yang diberikan; (2) rasa ingin tahu (inquisitiveness) yang ditunjukkan melalui pertanyaan – pertanyaan yang ditanyakan siswa mengenai kejanggalan dari permasalahan yang diberikan. 

References

Abrami, P. C., Bernard, R. M., Borokhovski, E., Wade, A., Surkes, M. A.,Tamim, R., & Zhang, D, 2008, "Instructional Interventions Affecting Critical Thinking Skills and Dispositions: A Stage 1 Meta-Analysis", Review of Educational Research, doi: 10.3102/0034654308326084.

Alghadari, F, "Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan dan Disposisi Berfikir Kritis Matematik Siswa SMA," Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, ISNN 1412-565 X, Feb. 2013.

As’ari, A. R., Mahmudi, A., & Nuerlaelah, E, "Our Prospective Mathematic Teachers Are Not Critical Thinkers Yet", Journal on Mathematics Education, 2017, doi: 10.22342/jme.8.2.3961.145-156.

As’ari, dkk, Ragam Soal Matematis untuk Mengembangkan Disposisi Berfikir Kritis,Edisi 1. Malang: Universitas Negeri Malang, 2019.

Astawa, I. W. P., Budayasa, I. K., & Juniati, D, "The Process of Student Cognition in Constructing Mathematical Conjecture", Journal on Mathematics Education, 2018, doi: 10.22342/jme.8.2.3961.145-157.

Bakir, S, "Critical Thinking Dispositions of Pre-Service Teachers", APERA Conference, 2016.

Connie, S.L, "Approaches to Evaluate Critical Thinking Dispositions", Educational Research and Reviews, 2015, doi: 10.5897/ERR2014.2021.

Bestari, E, Deskripsi Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII SMPN 20 Bandarlampung Dalam Pembelajaran Socrates Saintifik, 2018, SKRIPSI.

Damayanti, I., Yunarti, T., Widyastuti, Deskripsi Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Socrates Kontekstual, 2015.

Facione, P. A.,dkk, "The Disposition Toward Critical Thinking", Jurnal General Education, 1995, www.jstor.org/stable/27797240.

Fuat, Pengembangan Buku Ajar Geometri Yang Membangun Kemampuan Membuktikan, 2014, TESIS.

Gelerstein, dkk, "Designing and Implementing a Test for Measuring Critical Thinking in Primary School", Jurnal Thinking Skills and Creativity, 2016, doi: 10.1016/j.tsc.2016.02.002.

Herlina, E, "Meningkatkan Disposisi Berpikir Kreatif Matematis Melalui Pendekatan APOS," Jurnal Infinity, 2013.

Hunaepi, dkk, "Validitas Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terintegrasi Kearifan Lokal Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Dan Disposisi Berpikir Kritis Mahasiswa," JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 2018.

Indrawatiningsih, dkk, "The Ability of High School Students’ Critical Thinking in Solving Trigonometric Problems", IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 243(2019)012050, doi:10.1088/1755-1315/243/1/012050.

Insight Assessment, "California Critical Thinking Dispositions Inventory: A Measure of the Critical Thinking Mindset User, User Manual and Resource Guide", (Ed. Agustus), San Jose, CA: California Academic Press, 2017,

www.insightassessment.com/article/california-critical-thinking-disposition-inventory-cctdi-2.

Kurniati, D; Purwanto; As’ari, A.R.; & Dwiyana,"Exploring the Mental Structure and Mechanism: How the Style of Truth-Seekers in Mathematical Problem Solving", Journal of Mathematics Education, 2018, www.researchgate.net/publication/328280789.

Kurniati, D., dkk, "Development and Validity of Problems WITH Contradictory Information and no Specified Universal Set to Measure the Truth-Seeking of Pre-Service Mathematics Teachers", Jurnal TEM, 2019, doi:10.18421/TEM82-30.

Lai, E. R, Critical Thinking: "A Literature Review Research Report", 2011, www.sciepub.com/reference/230104.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R, Penelitian Pendidikan Matematika, Bandung: PT Refika Aditama Bandung, 2017.

Mahmudi, A, "Problem Solving untuk Menilai Hasil Belajar Matematika", Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta, 2011.

Moore, K, "The Three-Part Harmony of Adult Learning, Critical Thinking, and Decision-Making", Journal of Adult Education, 2010, doi: 10.5539/jel.v6n3a305.

Nugroho, P. B., Nusantara, T., As'ari, A. R., Sisworo, Hidayanto, E., & Susiswo, "Critical Thinking Disposition: Students Sceptic in Dealing with Ill-Logical Mathematics Problems", International Journal of Instruction, 2018, doi: 10.12973/iji.2018.11343a.

Sholihah, D., Shanti, W, Diposisi Berpikir Kritis Matematis Dalam Pembelajaran Menggunakan Metode Socrates, 2017.

Wang, Sun, Huang, He, Hao, & Zhang, "Development And Validation Of Critical Thinking Disposition Inventory For Chinese Medical College Students (CTDI-M)", Working Paper. Universitas:

Cornell, 2017, doi: 10.1186/s12909-019-1593-z.

Yu, Y., Zeng, T., & Wang, C, "Characteristics of Contradictory Information and Its Presentation", In 2009 International Conference on Signal Processing Systems (ICSPS), 2009, doi: 10.1109/ICSPS.2009.123.

Downloads

Published

2020-08-26

How to Cite

Uyun, S. N., & Fuat, F. (2020). KEMAMPUAN DISPOSISI BERFIKIR KRITIS SISWA YANG BERKATEGORI RENDAH DALAM MEMECAHKAN MASALAH PERSAMAAN NILAI MUTLAK LINIER SATU VARIABEL. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 6(2), 58–69. https://doi.org/10.33474/jpm.v6i2.5370