Analisis Penggunaan Modul Berbasis REACT Pada Matakuliah Kalkulus Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa

Authors

  • Alfiani Athma Putri Rosyadi Universitas Muhammadiyah Malang
  • Arif Hidayatul Khusna Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v7i1.5414

Abstract

Mengintegrasikan matematika dengan konteks kehidupan sehari-hari, maupun pengetahuan awal siswa merupakan dasar untuk menjadikan belajar matematika bermakna bagi mahasiswa. Oleh karena itu, pengetahuan yang terpisah, subjek yang berbeda dan topik yang berbeda sepatutnya diramu menjadi keseluruhan yang bermakna dan mahasiswa harus dapat menghubungkan setiap bagian-bagian tersebut dengan kehidupan, minat atau kebutuhan mahasiswa tersebut. Penelitian ini bertujuan menganalisis penggunaan modul berbasis REACT pada matakuliah kalkulus terhadap kemampuan koneksi matematis mahasiswa. Subyek penelitian ini merupakan 5 mahasiswa yang telah menempuh matakuliah kalkulus diferensial. Data penelitian berupa hasil pekerjaan siswa pada modul REACT, disertai hasil wawancara untuk memperkuat hasil yang diperoleh. Analisis data menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa dengan berbantuan modul REACT mahasiswa dapat menghubungkan materi sebelumnya (kalkulus diferensial) dengan materi kalkulus integral, begitu juga mahasiswa dapat menghubungkan materi integral dengan kehidupan sehari-hari. Namun penggunaan modul ini, masih kurang dalam menekankan hubungan kalkulus integral dengan disiplin ilmu lainnya.

Downloads

Published

2020-12-22

How to Cite

Putri Rosyadi, A. A., & Khusna, A. H. (2020). Analisis Penggunaan Modul Berbasis REACT Pada Matakuliah Kalkulus Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 7(1), 20–25. https://doi.org/10.33474/jpm.v7i1.5414