KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Anisa Safitri

Abstract


Kemampuan berpikir adalah salah satu faktor penting bagi siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan kemampuan berpikir memiliki peranan yang sangat strategis dalam mengembangkan potensi intelektual anak. Kemampuan berpikir dapat ditingkatkan dengan adanya pembelajaran yang bermakna. Pembelajaran di Indonesia saat ini menggunakan kurikulum 2013 yaitu dengan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik dijabarkan dalam tahapan kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan meningkatkan kemampuan berpikir matematika siswa. Namun, masalah yang dihadapi saat ini adalah bagaimana cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa dalam pembelajaran matematika. Pada pendekatan saintifik, siswa dapat dilatih untuk meningkatkan kemampuan berpikir dengan cara guru memberi pertanyaan-pertanyaan menarik dan menantang yang melatih siswa untuk berpikir secara aktif dan kreatif. Penulisan artikel ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana meningkatkan kemampuan berpikir siswa dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik.

 


Keywords


kemampuan berpikir, pembelajaran matematika, pendekatan saintifik

Full Text:

PDF

References


Algebra Readiness. The Effective Mathematics Classroom.

Amir, Zubaidah. (2015). Mengungkap Seni Bermatematika dalam Pembelajaran. Suska Journal of Mathematics Education Volume 1 yang diunduh pada 22 Oktober 2019.

Conklin, W dan J. Manfro. (2012). Higher order thinking skills to develop 21st century learners. Shell Education Publishing, Inc. Huntington.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jakarta: Depdiknas. Tersedia: http://www.academia.edu/download/31846047/52_Kajian_Kebijakan_Kurikulum_IPS.pdf

Hidayati, Arini Ulfah. (2017). Melatih Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Volume 4 yang diunduh pada 30 Oktober 2019.

Ine, Maria Emanuela. (2015). Penerapan Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Pasar. Prosiding Seminar Nasional yang diunduh pada 21 Desember 2019.

Kemendikbud. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud. Tersedia: https://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/dokumen/Paparan/Paparan%20Wamendik.pdf

Lambertus. (2009). Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika SD. Forum Kependidikan Volume 28 yang diunduh pada 22 Desember 2019.

Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Depdikbud.

Soekamto, Toeti dan Udin Saripudin Winataputra. (1996). Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti Pendidikan dan Kebudayaan.

Soviawati, Evi. (2011). “Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar”. Tersedia: http://jurnal.upi.edu/md/view/670/pendekatan-matematika-realistik-(pmr)-untuk-meningkatkan-kemampuan-berfikir-siswa-di-tingkat-sekolah-dasar.html yang diunduh pada 30 Oktober 2019.

Sulistiani, Eny dan Masrukan. (2016). “Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA”. Tersedia: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21554

Surasmi, Wuwuh Asrining. (2014). “Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Proses Pembelajaran Kurikulum 2013”. Tersedia: http://repository.ut.ac.id/1488/1/Artikel%20Wuwuh%20Asrining.pdf yang diunduh pada 30 Oktober 2019.

Utari, R. S., Saleh, T., & Indrayanti. (2013). “Pelaksanaan Pembelajaran Matematika dengan Model Project Based Learning (PBL) di Kelas X SMA Negeri 1 Indralaya”. Tersedia: https://www.slideshare.net/AmaBustam/jurnal-matematika-pelaksanaan-pembelajran-matematika-dengan-project-baseed-learning

Wakhidah, et. al. Scaffolding Pendekatan Saintifik Strategi Untuk Menerapkan Pendekatan Saintifik dengan Mudah. Surabaya: Jaudar Press. Tersedia:

http://digilib.uinsby.ac.id/15748/

Way, Jenni. (2008). Using Questioning to Stimulate Mathematical Thinking. University of Sydney.




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v6i2.5577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is Indexed by:

    

   

 

 


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License