PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DALAM BENTUK MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA KULIAH TEORI GRAPH UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DIGITAL

Authors

  • Sikky El Walida Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v1i1.593

Keywords:

Bahan Ajar, Multimedia Interaktif, Teori Graph,

Abstract

Salah satu upaya dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dapat dilakukan dengan dukungan media pembelajaran yang sesuai dalam proses belajar-mengajar. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar dalam bentuk multimedia interaktif untuk pembelajaran mata kuliah Teori Graph yang diharapkan dapat membantu mahasiswa mendapatkan materi Graph Euler dan Graph Hamilton. Selain itu, bahan ajar yang dihasilkan diharapkan dapat mengatasi minimnya bahan ajar yang tersedia di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang, sekaligus dapat digunakan oleh dosen dan mahasiswa sebagai salah satu sumber belajar untuk mata kuliah Teori Graph.

References

Dick, W. Dan Carey L. 1990 (3rd Ed.). The Systematic Design of Instruction. Florida: Harper Collins Publisher.

Gustafson, K.L. 1996. Instructional Design Models. Dalam Tjeerd Plomp & Donald P. Ely. International Encyclopedia of Educational Technology. Cambridge: Pergamon.

Kuswandi, Dedi. 2001. Validasi Media: Analisis Kelayakan Media yang Akan Dikembangkan. Bahan Kuliah tidak diterbitkan. Malang: Jurusan TEP FIP UM.

Purwanto dan Sadjati, I.M. 2004. Pendekatan Inovatif Instructional System Design dalam Perancangan dan Pengembangan Bahan Ajar. Dalam Dwi Padmo (editor). Teknologi Pembelajaran: Peningkatan Kualitas Belajar melalui Teknologi Pembelajaran. Cetakan I. Jakarta: Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan.

Sadiman, Arif S. 2006. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2015-02-15

How to Cite

Walida, S. E. (2015). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DALAM BENTUK MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA KULIAH TEORI GRAPH UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DIGITAL. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 1(1), 53–57. https://doi.org/10.33474/jpm.v1i1.593