PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN PROGRAM KOMPUTER-EXEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN TURUNAN FUNGSI KELAS XI IPA SMA AL-ULUM MEDAN

Agusman Agusman

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan turunan fungsi tentang menggambar grafik fungsi, berdasarkan hasil ulangan harian menunjukkan bahwa hanya 4 orang dari 32 orang siswa yang berhasil menggambar grafik fungsi dengan benar atau hanya 12,5% siswa yang mencapai ketuntasan minimal pembelajaran. Hasil refleksi pembelajaran yang dilakukan guru mengidentifikasikan bahwa masalah rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep materi, kurangnya pemanfaatan media, pembelajaran hanya terpusat kepada siswa dan metode yang digunakan guru terlalu monoton. Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan keefektifan belajar sisiwa siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam belajar matematika pada pokok bahasan turunan fungsi tentang menggambar grafik fungsi melalui model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan komputer-excel di kelas XI IPA SMA Al-Ulum Medan. Subjek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Al-Ulum Medan yang berjumlah  32 orang yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 24 orang perempuan. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus. Kegiatan pada setiap siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah tes tertulis bentuk essay. Hasil belajar matematika siswa ditunjukan dengan presentase ketuntasan kelas pada siklus I mencapai 56,25 % dan pada siklus II mencapai 71,88%. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa pada pada pokok bahasan turunan fungsi melalui model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan komputer-excel di kelas XI IPA SMA Al-Ulum Medan meningkat.


Keywords


Hasil belajar; turunan fungsi; model pembelajaran; model penemuan terbimbing; komputer program excel

Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2008). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Depdiknas.

Gulo, W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Markaban. (2010). Model Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Model Penemuan Terbimbing. Jakarta: Depdiknas.

Marzano. R. J. (1992). A Different Kind of Classroom. Teaching With Dimensions of Learning. Alexandria VA: ASCD.

Metrotvnews. (2010). http://metrotvnews.com/metromain/news/2010 /08/02/24993 /Indeks Pembangunan Manusia-Indonesia-Urutan-111-Dunia. [2 Agustus 2010. 12.30 WIB].

Prince, M. J. & Felder. R. M. (2006). Inductive Teaching and Learning Methods: Definitions. Comparisons. and Research Bases. Journal of Engineering Education, 95 (2), 123-138.

Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. (Edisi revisi). Bandung: Tarsito.

Slavin, R. E. (1994). Cooperative Learning: Research and Practice. Second Edition. Massachusetts: Allyn and Bacon.

Suparno. (1997). Filsafat Kosntruktivisme Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v3i2.614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is Indexed by:

    

 

 

 


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License