KONSEPSI AWAL SISWA SMP TENTANG KUBUS

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v3i2.621

Keywords:

konsep, konsepsi awal, kubus

Abstract

Konsepsi merupakan pemahaman suatu konsep tertentu yang dipahami oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsepsi awal siswa mengenai definisi kubus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMPN 27 Semarang yang berjumlah 36 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki banyak konsepsi awal yang berbeda-beda mengenai definisi kubus. konsepsi awal siswa didapatkan dari pengalaman sebelumnya. Konsepsi awal siswa tentang definisi kubus ditunjukkan dengan menyebutkan ciri-ciri kubus yaitu bangun ruang yang memiliki volume, yang dibentuk oleh 6 buah persegi. Selain itu, Kubus adalah bangun ruang yang memiliki 6 sisi, 12 rusuk, dan 8 titik sudut.

Author Biography

Mohamad Aminudin, Universitas Islam Sultan Agung

prodi pendidikan matematika

FKIP Unissula

References

Afgani, D. J. (2011). Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Anjum, S. K. (2014). A Study Of Effect Of Concept Attainment Model On Achievement Of Geometric Concepts Of Viii Standard Students Of English Medium Students Of Aurangabad City. Scholarly Research Journal for Interdisipliner Studies, 2(15), 2451-2456.

As’ari, A. R. (2014). Matematika Kelas VIII Semerter II Sesuai

Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan kenudayaan.

Bell, F. H. (1981). Teaching and Learning Mathematics (in Secondary School) IOWA : WnC Brown Comp. Publisher.

Jbeili, I. (2012). The Effect of Cooperative Learning with Metacognitive Scaffolding on Mathematics Conceptual Understanding and Procedural Fluency. SPRING: International Journal for Research in Education (IJRE) 32.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2011). Model-Model Pengajaran (terjemahan dari Models of Teaching Eighth Edition). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kalani, A. (2009). A Study Of The Effectiveness Of Model Concept Attainment Over Conventional Teaching Method For Teaching Science In Relation To Acievement And Retention. International Research Journal, 2(5).

Kemendikbud. (2013a). Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Matematika Sekolah Dasar (SD) / Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2013b). Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Matematika Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Madrasah Tsanawiyah (MTs). Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Moore, D. R. (2006). Selecting Evaluation Items for Judging Concept Attainment in Instructional Design. Journal of Interactive Online Learning, 5(1), pp 94-103. Spring.

Neff, L. S. (2010). Jerome Bruner on Concept Attainment Strategies. http://jan.ucc.nau.edu/lsn/educator/edtech/learningtheorieswebsite/bruner.htm.

Rustaman, NY. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press.

Shamnad, N. (2005). Effectiveness Of Concept Attainment Model On Achievement In Arabic Grammar Of Standard Ix Students (Doctoral Dissertation, Mahatma Gandhi University Kottayam).

Downloads

Published

2017-10-20

How to Cite

Maharani, H. R., Ubaidah, N., & Aminudin, M. (2017). KONSEPSI AWAL SISWA SMP TENTANG KUBUS. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 3(2), 22–29. https://doi.org/10.33474/jpm.v3i2.621