PENGARUH PEMBENTUKAN SELF CONCEPT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK

Authors

  • Eka Rachma Putri Aprilia Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Febriana Kristanti Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Shoffan Shoffa Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surabaya http://orcid.org/0000-0002-1582-4438

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v6i2.6405

Keywords:

self concept, kemampuan komunikasi matematika, pendekatan saintifik.

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Muhammadiyah 1 Surabaya pada tahun pelajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner self concept dan tes kemampuan komunikasi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembentukan Self Concept Terhadap Kemampuan Komunikasi Peserta Didik Dalam Pendekatan Saintifik Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Muhammadiyah 1 Surabaya yang berjumlah 30 peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket self concept dan tes kemampuan komunikasi matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai t yang diperoleh  yaitu 7,648 > 2,048 dan nilai sig. 0,00 < 0,050 yang artinya hipotesis  ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan pembentukan self concept terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik dalam pendekatan saintifik dengan hasil determinasi sebesar 54,9 %.

 


References

Astuti, A., & Leonard. (2015). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Formatif, 2(2), 104–110.

Ghazali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23. BPFEE Universitas Diponegoro.

Nurussalam, A. (2015). Analisis kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan soal cerita menjadi kalimat matematika pada materi volume kubus dan balok kelas VIII SMPN 4 Tulungagung.

Untayana, R. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMK Negeri 2 Merauke Kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan. Seminar Nasional, 5(3), 112–120.

Widiarti, W. P. (2017). Konsep Diri (Selft Concept) dan Komunikasi Interprsonal dalam Pendampingan Pada Siswa SMP Se Kota Yogyakarta. Informasi Kajian Imu Komunikasi, 47(1), 135–148.

Downloads

Published

2020-08-26

How to Cite

Aprilia, E. R. P., Kristanti, F., & Shoffa, S. (2020). PENGARUH PEMBENTUKAN SELF CONCEPT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 6(2), 98–105. https://doi.org/10.33474/jpm.v6i2.6405