PENGEMBANGAN MULTIMEDIA MENGGUNAKAN VISUAL BASIC FOR APPLICATION (VBA) UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MATEMATIKA

Siti Nurul Hasana, Elva Riezky Maharany

Abstract


Guru sebagai ”aktor utama” dalam pembelajaran dituntut harus professional dalam bidangnya yaitu mendidik, membimbing, mengajar, menilai, mengembangkan diri, serta mengembangkan karya inovatif. Pemanfaatan teknologi yang dapat dilakukan dalam pembelajaran salah satunya adalah pengembangan multimedia pembelajaran. Pengembangan multimedia pembelajaran yang memanfaatkan teknologi dapat digunakan guru dalam mengembangkan karya inovatif untuk mendukung professionalismenya sebagai guru. Namun, tidak semua guru dapat melakukannya. Guru membutuhkan “tool” atau alat yang “mudah” yang dapat digunakan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran yang memanfaatkan teknologi. Dengan menggunakan Visual Basic for Application  (VBA) yang ada pada Ms.Power point, peneliti ingin mengembangkan sebuah “mesin” yang dapat meningkatkan performa Ms. Power point. Tujuan jangka panjang dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam bidang pengembangan karya inovatif. Dengan dikembangkannya Multimedia tersebut diharapkan dapat mempermudah kinerja guru dalam mengembangkan karya inovatif berupa multimedia berbasis TIK yang dapat digunakan guru untuk pembelajaran maupun karir sebagai Guru Profesional. Model pengembangan yang digunakan terdiri dari 4 tahap yang dikenal dengan model 4D. Hasil Penelitian ini adalah suatu produk multimedia yang dapat membantu guru dalam mengembangkan karya inovatif yang mendukung profesionalismenya sebagai guru.

Keywords


multimedia, matematika, visual basic for application (VBA)

Full Text:

PDF

References


Basuki, A. (2006). Algoritma Pemrograman 2 Menggunakan Visual basic 6.0. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Binanto, I. (2010). Multimedia Digital Dasar Teori + Pengembangannya. Yogyakarta: Andi offset.

Hidayah, N. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pemrograman Dasar untuk Kelas X SMK. Yogyakarta: Universitas Negeri yogyakarta.

Lestari, E. S., Sabri, L. M., & Yuwono, B. D. (2014). Pembuatan Program Perataan Parameter Jaring Poligon Dengan Menggunakan Visual Basic For Application (VBA) Microsoft Excel. Jurnal Geodesi Undip Vol 3; nomor 1, 332-346.

Marcovitz, D. M. (2004). Powerful PowerPoint for educators : using Visual Basic for applications to make PowerPoint interactive. Wesport: Libraries Unlimited.

Munir. (2013). Multimedia: Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Pramita, R. (2009). Problematika Guru dalam Membuat Media Pembelajaran (Studi Kasus SMA Negeri di Kota malang). Malang: Universitas Negeri Malang (Tidak Diterbitkan).

Setiawati, N. (2014). Kedudukan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika sebagai Implementasi Kurikulum 2013. Seminar Nasional Pendidikan Matematika rogram Pasca Sarjana STKIP Siliwangi Bandung vol 1; nomor 1 (pp. 342-349). Bandung: STKIP Siliwangi.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suyanto, M. (2005). Multimedia: Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Andi Publisher.

Tamami, R. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran interaktif (MPI) PowerPoint untuk Visualisasi Konsep Menggambar Grafik Persamaan Garis Lurus. Jurnal Online.

Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Widodo. (2013). Menyingsong Pelaksanaan Kurikulum 2013 Bidang Matematika dan Pendidikan matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Bandung: STKIP Siliwangi bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v3i2.648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is Indexed by:

    

 

 

 


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License