Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Kaligrafi dengan Pendekatan Guided Discovery Learning

Authors

  • Choirudin Choirudin IAIMNU Metro Lampung
  • M. Saidun Anwar IAIMNU Metro Lampung
  • Isnaini Nur Azizah IAIMNU Metro Lampung
  • Wawan Wawan IAIMNU Metro Lampung
  • Apri Wahyudi STIT Pringsewu Lampung
  • Inna Anisa Khusaini IAIMNU Metro Lampung

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v7i1.6738

Keywords:

Pengembangan, LKPD Kaligrafi, Guided Discovery Learning, Persegi dan Persegi Panjang

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis seni kaligrafi dengan pendekatan guided discovery learning materi persegi dan persegi panjang kelas VII di MTs Ma’arif 01 Punggur dan untuk mengetahui respon siswa. Penelitian ini dapat memberikan manfaat bahwa LKPD berbasis seni kaligrafi ini dapat dijadikan salah satu bahan ajar. LKPD berbasis seni kaligrafi dapat membiasakan peserta didik untuk membaca atau menulis ayat Al-Quran. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (RnD) dengan model 4D yang merupakan singkatan dari define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), desseminate (penyebaran). Berdasarkan analisis data hasil penelitian LKPD berbasis seni kaligrafi dengan pendekatan guided discovery learning pada materi persegi dan persegi panjang kelas VII di MTs Ma’arif 01 Punggur mendapatkan penilaian dari ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan ahli kaligrafi serta hasil dari respon siswa bahwa LKPD ini layak untuk dijadikan bahan ajar dalam kegiatan belajar mengajar pada materi persegi dan persegi panjang.

References

Afsari. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berpikir Tingkat Tinggi Pada Pokok Bahasan Sel Kelas XI IPA SMA Negeri 16 Makassar. Universitas Pasir Pengaraian.

Ahmad Hidayat. (2015). Calligraphy in The Creative Economy Perspective. First International Conference on Economics and Banking (ICEB-15), 435–444.

Anantika Sanchal & Sashi Sharma. (2017). Students’ Attitudes Towards Learning Mathematics: Impact Of Teaching In A Sporting Context. Teachers and Curriculum Journal, 17(1), 89–99.

Anwar, M. S., Choirudin, C., Ningsih, E. F., Dewi, T., & Maseleno, A. (2019). Developing an Interactive Mathematics Multimedia Learning Based on Ispring Presenter in Increasing Students’ Interest in Learning Mathematics. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 135–150. https://doi.org/10.24042/ajpm.v10i1.4445

Apri Wahyudi & Choirudin. (2019). Pengembangan Alat Peraga Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Berbasis Montessori. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 4(2), 33–39.

Arnold, F. (2018). Mathematics and the Islamic Architecture of Córdoba. Arts, 7(3), 35. https://doi.org/10.3390/arts7030035

Choirudin, C. (2015). Efektifitas Pembelajaran Matematika Dengan E-Learning Berbasis Schoology [Masters, Universitas Terbuka]. http://repository.ut.ac.id/6907/

Choirudin, C., Ningsih, E. F., Anwar, M. S., Choirunnisa, A., & Maseleno, A. (2020). The Development of Mathematical Students Worksheet Based on Islamic Values Using Contextual Approach. International Journal on Emerging Mathematics Education, 3(2), 152–161. https://doi.org/10.12928/ijeme.v3i2.13286

Choirudin, Eka Fitria Ningsih, M. Saidun Anwar, Intan Ratna Sari, & Suci Amalia. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Etnomatematika Pada Situs Purbakala Pugung Raharjo. Pi: Mathematics Education Journal, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.21067/pmej.v3i1.3755

Dabbour, L. M. (2012). Geometric proportions: The underlying structure of design process for Islamic geometric patterns. Frontiers of Architectural Research, 1(4), 380–391. https://doi.org/10.1016/j.foar.2012.08.005

Darling-Hammond, L., Flook, L., Cook-Harvey, C., Barron, B., & Osher, D. (2020). Implications for educational practice of the science of learning and development. Applied Developmental Science, 24(2), 97–140. https://doi.org/10.1080/10888691.2018.1537791

Ernawati. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Potensi Lokal Kelas X SMA Negeri 1 Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar. Universitas Islam Negeri (UIN) Alaudin.

Habibah, S. (2018, September 22). Guru Matematika MTs Ma’arif 01 Punggur [Personal communication].

Ibrahim, N., Safitri, D., Umasih, Marini, A., & Apriwahyudi. (2020). Application of Web-Based Character Building Model for Improving Student Character at Study Program of History Education in Universitas Negeri Jakarta. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(06), 1471–1474. http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/11882

Marjanovikj-Apostolovski, M. (2019). Developing Teaching Materials for ESP Courses: The Last Option Many ESP Teachers Resort To. SEEU Review, 14(1), 160–177. https://doi.org/10.2478/seeur-2019-0009

Maulydia, S.S., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). The Development Of Mathematic Teaching Material Through Realistic Mathematics Education To Increase Mathematical Problem Solving Of Junior High School Students. International Journal Of Advance Research And Innovative Ideas In Education, 3(2).

Naimah, S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Seni Kaligrafi pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII di MTs Negeri 1 Pringsewu. Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung.

Permatasari, D. (2015). Kaligrafi dalam Estetika Islam Menurut Islam’il Raji Al-Faruqi. Refleksi, 15(2).

Prabowo, A. & Ristiani, E. (2011). Rancang Bangun Instrumen Tes Kemampuan Keruangan Pengembangan Tes Kemampuan Keruangan Hubert Maier dan Identifikasi Penskoran Berdasar Teori Van Hielle. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 2(2).

Shirin Soltani Salout, Mohammad-Hassan Behzadi, Ahmad Shahvarani, & Maryam Manuchehri. (2013). Students’Conceptionabout the Relationof Mathematicsto Real-Life. Mathematics Education Trends and Research, 1–7. https://doi.org/doi:10.5899/2013/metr-00009

Sirojuddin A. R. (2014). Peta Perkembangan Kaligrafi Islam di Indonesia. Al-Turas, XX(1).

Subandi, Choirudin, Mahmudi, Nizaruddin, & Hermanita. (2018). Building Interactive Communication with Google Classroom. International Journal of Engineering & Technology, 7(2.13), 460–463.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Taheri, J. (2017). Practical Arithmetic in Islamic Architecture: A Critical History and Survey. International Journal of Architectural Heritage, 11(5), 747–762. https://doi.org/10.1080/15583058.2017.1290852

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana Prenada Media Group.

Trianto. (2013). Model Pembelajaran terpadu Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bumi aksara.

Uno, H.B & Kuadrat, M. (2014). Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-01-14

How to Cite

Choirudin, C., Anwar, M. S., Azizah, I. N., Wawan, W., Wahyudi, A., & Khusaini, I. A. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Kaligrafi dengan Pendekatan Guided Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 7(1), 52–61. https://doi.org/10.33474/jpm.v7i1.6738