PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Nurhafizhoh Siregar, Kms.Amin Fauzi, Hasratuddin Hasratuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan  menganalisis peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui bahan ajar yang dikembangkan berbasis pembelajaran matematika realistik, menemukan bahan ajar yang efektif berbasis Pembelajaran Matematika Realistik, menemukan karakter bahan ajar berbasis Pembelajaran Matematika Realistik dalam meningkatan kemampuan komunikasi matematis dan menganalisis perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa antara siswa yang diberi pembelajaran matematis realistik dengan siswa pada pendekatan ekspositori siswa. Jenis penelitian ini adalah Reseacrh and Development (R&D) dengang Model ADDIE (Analyze, Design, Developmet, Implementation and Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SD Negeri 060791 Medan Area yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas V masing-masing sebanyak 20 peserta didik dan objek penelitian adalah pengembangan bahan ajar berbasis Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) yang berupa buku guru dan siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui bahan ajar yang dikembangkan berbasis pembelajaran matematika realistik siswa (2) Bahan ajar berbasis Pembelajaran Matematika Realistik digunakan dalam meningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa (3) Karakteristik bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang dihasilkan dalam penelitian adalah Self instructional, Self Contained dan User friendly  dan (4) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa antara siswa yang diberi pembelajaran matematis realistik dengan siswa pada pendekatan ekspositori siswa.

Keywords


Bahan Ajar, PMR, Kemampuan Komunikasi Matematis

Full Text:

PDF

References


Afrom, I. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik Di Kelas V SDN-8 Palangka Kota Palangka Raya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 44-49.

Ariyanti, H. P. (2016). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Kemampuan Matematis Siswa (Ditinjau dari Kemampuan Representasi dan Komunikasi). Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 37-44.

Fajriatin, A. (2015, November). Analisis buku siswa matematika kurikulum 2013 kelas IX bab sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan konten pada kriteria Bell. In Makalah yang disajikan di Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY ISBN (pp. 978-602).

Hasanah, A. (2012). Pengembangan profesi guru.

Hernawan, A. H., Permasih, H., & Dewi, L. (2012). Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat UPI, Bandung.

Islam, H. H. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Juhairiah, J., Danaryanti, A., & Sukmawati, R. A. (2018). Pengembangan Buku Siswa dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1).

Kurbaita, G., Zulkardi, Z., & Siroj, R. A. (2013). Pengembangan Buku Ajar Matematika Tematik Integratif Materi Pengukuran Berat Benda untuk Kelas I SD. KREANO, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 4(1), 1-10.

Purnama, I. M. (2016). Pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap prestasi belajar Matematika di SMAN Jakarta Selatan. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3).

Qurnıasarı, E. N. (2017). Pengembangan lembar kegiatan siswa (LKS) matematika bergambar kartun dengan pendekatan kontekstual pada materi aritmetika sosial.

Rosita, N. T. (2013). Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD. Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints. uny. ac. id/10731/1/P.

Sinambela, P. N. (2017). Kurikulum 2013 dan implementasinya dalam pembelajaran. Generasi Kampus, 6(2).

Sritresna, T. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Confidence Siswa melalui Model Pembelajaran Cycle 7E. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 419-430.

Sumiati, A., Widyastuti, U., & Sariwulan, T. (2017). Workshop Pengembangan Bahan Ajar Modul Berdasarkan Pendekatan Scientific Pada Kurikulum 2013 Sebagai Sumber Pembelajaran Guru SMK Di Kabupaten Bekasi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 86-95.

Umar, W. (2012). Membangun kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. Infinity Journal, 1(1), 1-9.

Wijaya, I., Putra, H., Sujadi, I., & Riyadi, R. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sesuai dengan Gender Dalam Pemecahan Masalah Pada Materi Balok Dan Kubus (Studi Kasus Pada Siswa SMP Kelas VIII SMP Islam Al-Azhar 29 Semarang) (Doctoral dissertation, Sebelas Maret University).

Zuliyana, Z. (2018). Efektivitas model pembelajaran realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII pada materi aritmetika sosial di MTs Darul Ulum Semarang tahun pelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, UIN Walisongo Semarang).




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v6i2.6917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is Indexed by:

    

   

 

 


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License