KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI PENJUMLAHAN PADA BILANGAN PECAHAN DAN REVERSIBILITAS

Lalu Saparwadi, Baiq Purnawati, Baiq , Puspa Erlian

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah  mengetahui jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi penjumlahan bilangan pecahan dan operasi bilangan pecahan terkait reversibilitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Hasil penelitian menemukan bahwa kesalahan yang ditemukan dari hasil kerja siswa dalam menyelesaikan soal operasi penjumlahan bilangan pecahan dan operasi bilangan pecahan terkait reversibilitas, yaitu antara lain: (1) Siswa masih memendang bahwa penjumlahan pecahan sama seperti aturan dalam penjumlahan bilangan bulat; (2) Lemahnya kemampuan siswa dalam membalikan pemikiran mereka dalam menggambarkan kondisi awal penjumlahan berdasarkan hasil yang diketahui dari penjumlahan tersebut; (3) Lemahnya kemampuan siswa dalam menggambarkan penjumlahan dua pecahan yang melibatkan bilangan negative berdasarkan hasil penjumlahan yang  telah diketahui; (4) Lemahnya kemampuan siswa dalam membangun hubungan yang reversibel.


Keywords


kesalahan, bilangan pecahan, reversibilitas.

Full Text:

PDF

References


Apriyanto, T. (2012). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pada Bilangan Pecahan Siswa kelas VII SMP PGRI Banyubiru. Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW.

Halimah, I. N., & Poerwanti, J. I. (2013). Penggunaan Media Blok Pecahan Untuk Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Pecahan Sederhana. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 1(7).

Kang, M. K., & Lee, B. S. (1999). On Fuzzified Representation of Piagetian Reversible Thinking. Research in Mathematical Education, 3(2), 99-112.

Liu. C., Xin, Z., & Li, X.,. (2012). The Development of Chinese Students’ Understanding of the Concept of Fractions from Fifth to Eighth Grade. Journal of Mathematics Education, 5(1), 45-62.

Maf’ulah. (2016). Profil reversibilitas siswa SD pada operasi hitung bilangan bulat ditinjau dari perbedaan kemampuan matematika dan perbedaan gender. Disertation. Tidak dipublikasikan.

Mullis, I. V. (1997). Mathematics Achievement in the Primary School Years. IEA's Third International Mathematics and Science Study (TIMSS). TIMSS International Study Center, Center for the Study of Testing, Evaluation, and Educational Policy, Campion Hall, School of Education, Boston College, Chestnut Hill, MA 02167. http://wwwcsteep.bc.edu/timss.

Nawawi, H., & Martini, H. (1992). Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Piaget, J. (1971). Genetic Epistemology. Columbia: Columbia University Press.

Ramful, A. (2015). Reversible reasoning and the working backwards problem solving strategy. Australian Mathematics Teacher, The, 71(4), 28.

Salleh, Z., Saad, N. M., Arshad, M. N., Yunus, H., & Zakaria, E. (2013). Analisis Jenis Kesilapan Dalam Operasi Penambahan dan Penolakan Pecahan (Error Analysis of Addition and Subtraction of Fractions). Jurnal Pendidikan Matematik, 1(1), 1-10.

Sari, E. A. P., Juniati, D., & Patahudin, S. M. (2014). Early fractions learning of 3rd grade students in SD Laboratorium Unesa. Journal on Mathematics Education, 3(1), 17-28.

Untari, E. (2014). Diagnosis Kesulitan Belajar Pokok Bahasan Pecahan pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Ngawi, 13(1), 1-8.

Van, N. T. (1999). Successes and Obstacles in the Development of Grade 6 Learners’ Conceptions Of Fractions. Paper presented at the 5th Annual Congress of the Association for Mathematics Education of South Africa (AMESA), Port Elizabeth, 5-9 July 1999.

Widiyanti, P., & Yani, A. (2015). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Pecahan Bentuk Aljabar di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(9).

Yazid, Z. (2003). Kesukaran pelajar sekolah rendah dalam memahami konsep pecahan. Prosiding Seminar Penyelidikan MPSMB 2003 (pp. 71-82).




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v3i2.715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is Indexed by:

    

 

 

 


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License