Profil Learning Trajectory Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Statistika Ditinjau dari Level Kemampuan Kognitif

Authors

  • Filda Febrinita Universitas Islam Balitar
  • Ria Amalia IKIP PGRI Jember

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v7i1.8656

Keywords:

Learning Trajectory, statistika, level kemampuan kognitif

Abstract

Berdasarkan hasil ujian akhir matakuliah statistika, 55% mahasiswa prodi Teknik Informatika Unisba Blitar mendapatkan nilai lebih dari 75. Untuk itu, peneliti mengkaji lebih jauh tentang learning trajectory mahasiswa dalam memecahkan masalah statistika ditinjau dari level kemampuan kognitif. Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan learning trajectory mahasiswa dalam memecahkan masalah statistika ditinjau dari level kemampuan kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif menggunakan 4 subjek, yaitu mahasiswa yang telah menempuh matakuliah statistika. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan kognitif, tes learning trajectory, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Learning trajectory mahasiswa level kognitif rendah, berada pada level berpikir tingkat 3 ketika memecahkan masalah statistika, yaitu menyelesaikan masalah sederhana secara prosedural. Sementara, Learning trajectory mahasiswa level kognitif tinggi, berada pada level berpikir tingkat 6 ketika memecahkan masalah statistika, yaitu fleksibel dalam menggunakan konsep dan strategi dalam menyelesaikan masalah

References

Anwar, & Rofiki, I. (2018, September). Investigating Students' Learning Trajectory: A Case on Triangle. Journal of Physics Conference Series, 1-6. doi:10.1088/1742-6596/1088/1/012021

Atsnan, M. F. (2016). Keterlaksanaan Learning Trajectory pada Pembelajaran Matematika. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 57-63.

Clements, D., & Sarama, J. (2004). Learning Trajectories in Mathematics Education. Mathematical Thinking an Learning, 6(2), 81-89.

Daro, P., Mosher, F. A., & Corcoran, T. (2011). Learning Trajectories in Mathematics - A Foundation for Standart, Curriculum, Assesment, and Instruction. United States: Consortium for Policy Research in Education.

Effendi, R. (2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom dan Implementasinya pada Pelajaran Matematika SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 72-78.

Febrinita, F., Puspitasari, D. W., & Kirom, S. (2019, Oktober). Pengembangan Modul Matakuliah Statistika yang Terintegrasi dengan Microsoft Excel dan SPSS Menggunakan Pendekatan Kecerdasan Linguistik. Pi: Mathematics Education Journal, 2(2), 88-97.

Fuadiah, N. F. (2017). Hypothetical Learning Trajectory pada Pembelajaran Bilangan Negatif Berdasarkan Teori Situasi Didaktis di Sekolah Menengah. Jurnal Mosharafa, 6(1), 13-24.

Hadi, S. (2006). Adapting European Curriculum Material for Indonesian Schools. Banjarmasin: Lambung Mangkurat University.

Krathwohl, D. R. (2002). A Revision of Bloom's Taxonomy: An Overview. Theory Into Practice, 41(4), 212-218.

Pohler, B., & Prediger, S. (2014). Intertwining Lexical and Conceptual Learning Trajectory - A Design Research Study on Dual Macro - Scaffolding Towards Percentages. Eurasia Journal of Mathematics, Science an Technology Education, 11(6), 1697-1722.

Puspitasari, W. D., & Febrinita, F. (2019). Level Kemampuan Kognitif Mahasiswa Program Studi Sistem Komputer pada Materi Hukum Newton Berdasarkan Taksonomi Bloom. EDUPROXIMA: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 1(1), 42-49.

Rezky, R. (2019, Juni). Hypothetical Learning Trajectory (HLT) dalam Perspektif Psikologi Belajar Matematika. EKSPOSE: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 18(1), 762-769.

Riduwan. (2016). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Surya, A. (2018). Learning Trajectory pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar (SD). Jurnal Pendidikan Ilmiah, 4(2), 22-26.

Tamba, K. P., Saragih, M. J., & Listiani, T. (2018, December). Learning Trajectory of Quadratic Inequality. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(1), 12-21.

Downloads

Published

2020-10-10

How to Cite

Febrinita, F., & Amalia, R. (2020). Profil Learning Trajectory Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Statistika Ditinjau dari Level Kemampuan Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 7(1), 9–19. https://doi.org/10.33474/jpm.v7i1.8656