Analisis Pemecahan Masalah Matematika pada Blended Learning dengan Menggunakan Kemampuan Berpikir Mahasiswa di Perguruan Tinggi

Nisak Ruwah Ibnatur Husnul, Mawardi Nurullah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pemecahan masalah matematika pada blended learning dengan menggunakan kemampuan berpikir mahasiswa di perguruan tinggi se-jabodetabek. Dimana perguruan tinggi tersebut harus menerapkan blended learning di program studi matematika. Komponen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir divergen mahasiswa adalah fluency, flexibility, originality, dan elaboration.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif. Pemilihan sampel ini menggunakan metode purposive sampling, dan teknik pengambilan data dengan memberikan tes pemecahan masalah statistik, menganalisis hasil tes pemecahan masalah statistik, mengelompokkan mahasiswa ke dalam kelompok atas, menengah, dan bawah untuk kemudian dipilih 1 mahasiswa guna diwawancarai terkait hasil tes. Wawancara ini bertujuan untuk mengklarifikasi hasil tes pemecahan masalah statistik dalam kemampuan berpikir divergen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa blended learning UNPAM dengan komponen yang berhasil diserap adalah fluency, originality dan elaboration. Untuk BINUS dalam kontekstual-learning dengan komponen yang terserap adalah fluency, flexibility, originality dan elaboration. BINUS dengan e-learning, menunjukkan komponen yang terserap adalah fluency dan elaboration.


Keywords


berpikir divergen, blended learning, matematika

Full Text:

PDF

References


Abiola et al. (2015). Leveraging on E-Learning Platform for Teaching Mathematics in High Schools. International Journal of Computer Applications (0975 – 8887) Volume 126 – No.6, September 2015, 44-49.

Brijlall, Deonarain & Ally, Noor. (2016). Transforming traditional mathematics classrooms using e-learning support. Presented at the DUT 5th learning, teching and assesmet symposium. 9-11 November 2016. Coastlands.

Cohean, R. J. dan Swerdlik, M. E. (2010). Psychology Testing and Assessment 7th edition. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Ghirardini, B. (2011). E-learning methodologies A guide for designing and developing e- learning courses. Rome.

Jethro et al. (2012). E-Learning and Its Effects on Teaching and Learning in a Global Age. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 203 – 210.

Kowal, M. A. (2015). Cannabis And Creativity: Highly Potent Cannabis Impairs Divergent Thinking In Regular Cannabis Users. Psychopharmacology , 1123-1134.

Lauricella, Alexis R., Blackwell, Courtney K., & Wartella Ellen. (2016). The New Technology Environment: The Role Of Content And Context On Learning And Development From Mobile Media. Media Exposure During Infancy And Earl.

Loudon, G. H., & Deininger, G. M. (2016). The Pysiological Response during Divergent Thinking. Journal Of Behavioral And Brain Science, 28-37.

Madore, K. P., Jing, H. G., & Schacter, D. L. (2016). Divergent Creative Thinking In Young And Older Adults: Extending The Effects Of An Episodic Specificity Induction. Psychonomic Society, Inc .

Olson, et al (2011). An Analysis of e-Learning Impacts & Best Practices in Developing Countries. Michigan State University: Michigan.

Riederer, B. J., & Graef, G. (2005). Innovation Management-An Overview And Some Best Practices, C-Lab Report, Cooperative Computing And Commucation Laboratory. Innovation management , 1-58.

Runco, M. A. (1986). Divergent Thinking And Creative Performance In Gifted And Nongifted Children. Educational and Psychological Measurement , 375-384.

Winter-Simat, Nikolas, Wright, Natalie, & Choi, Jaz Hee-jeong. (2017). Creating 21st Century Global Citizens. A Design-Led Systems Approach To Transformative Secondary Education For Sustainability. In EAD 12/2017 Design for Next, 12-14 April 2017, Rome, Italy.

Wood D., Lindsay N. J., Gluth S., Corso R., Biisborow C. (2017). Facilitating Creative Problem Solving In The Marketing Curriculum In Response To The Demands Of The Networked Information Society. In : Campbell C.L. (eds) the customer is not always right? Marketing orientationsin a dynamic business world. Develeopments in marketing science: Proceedings of the academy of marketing science. Springer, Cham.




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v7i1.8671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is Indexed by:

    

   

 

 


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License