Pengembangan Perangkat Pembelajaran Daring berbasis Etnomatematika Pada Materi Persamaan dan pertidaksamaan Linear Kelas X SMA/Sederajat

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v7i2.9582

Keywords:

pengembangan, perangkat pembelajaran, Daring, Etnomatematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan langkah pengembangan perangkat pembelajaran Daring berbasis Etnomatematika serta mendeskripsikan kualitas hasil perangkat pengembangan tersebut Kompetensi yang digunakan dalam pengembangan adalah kompetensi Sistem Persamaan dan pertidaksamaan Linear satu variabel Kelas X SMA/SMK sederajat. Salah satu tujuan pembelajaran matematika yang harus dikuasai siswa adalah kemampuan pemecahan masalah. Namun kenyataannya dilapangan siswa masih kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika, khususnya pada materi Sistem Persamaaan dan Pertidaksamaan Linear Satu variabel.  Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp. Model ini dilakukan dalam 3 tahap. Pada tahap pertama adalah fase investigasi awal (preliminary research) dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis siswa dan analisis konsep. Pada tahap kedua adalah fase pengembangan atau pembuatan prototipe (development or prototyping phase) yang didesain sesuai dengan model discovery learning dilakukan evaluasi sendiri, validasi pakar/ahli, evaluasi satu-satu, evaluasi kelompok kecil. Pada tahap ketiga adalah fase penilaian (assessment phase) bertujuan untuk melihat keefektivan perangkat pembelajaran dengan melakukan uji lapangan kelompok besar secara Daring di kelas X TKJ 2 SMKN 1 Bangkinang. Uji coba dilakukan tiga tahap yaitu (1) uji coba/validasi ahli; (2) uji coba terbatas; dan (3) uji coba lapangan. Uji coba lapangan dilaksanakan di SMKN 1 Bangkinang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian guru terhadap perangkat pembelajaran, lembar penilaian peserta didik terhadap penggunaan dan LKS,. Analisis data kevalidan dan analisis data kepraktisan masing-masing dilakukan dengan cara mengkonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif. Analisis data keefektifan tes ketercpaian kompetensi dilakukan dengan cara menentukan persentase ketuntasan minimal,. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang terdiri dari  1 RPP satu lembar,  lembar kegiatan siswa (LKS), dan tes ketercapaian kompetensi pada kompetensi Sistem Persamaan dan Pertidaksaman Linear Satu Variabel; 1 RPP satu lembar,  lembar kegiatan siswa (LKS), dan tes ketercapaian kompetensi pada kompetensi Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Masing-masing komponen perangkat pembelajaran sistem persamaan dan pertidaksamaan Linear memenuhi kualitas valid, praktis, dan efektif. Masing-masing komponen perangkat pembelajaran Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear memenuhi kriteria valid.

Author Biography

Putri Umairah, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Pendidikan Matematika Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

References

Darmawan, W., Kuswandi, D., & Praherdhiono, H. (2020). Edcomtech. 170–179.

Endah Wulantina, S. M. (2019). Persepsi Peserta Didik terhadap Metode Blended Learning dengan Google Classroom. Jurnal Inovasi Matematika, 1(2), 110–121. https://doi.org/10.35438/inomatika.v1i2.156

Enggar, Y., & Harususilo. (, August). kurikulum-darurat-sekolah-bisa-pilih-3-opsi-kurikulum-ini @ edukasi.kompas.com. https://edukasi.kompas.com/read/2020/08/08/114558171/kurikulum-darurat-sekolah-bisa-pilih-3-opsi-kurikulum-ini

Insani, S. U., & Widjajanti, D. B. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Learning Cycle 7e Siswa Kelas X SMA Tahap Preliminary Research. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–72. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.80

Lakapu, M., Fernandez, A. J., Djong, K. D., Fernandez, M., Gracia, M., & Gawa, M. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Materi Persamaan dan PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA. July.

Maryati, I. (2017). P Embelajaran K Ontekstual. 6(September), 333–344.

Masamah, U. (2019). Pengembangan Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Kudus. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2), 9–21. https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4882

Mohammad Mustakim, Shoffan Shoffa, A. H. (2019). , Shoffan Shoffa. Juranl Matematika Ilmiah, 5(1), 88–99.

Program, D., & Pendidikan, S. (2013). Konstribusi Matematika dalam Pembentukan Karakter Siswa. 12(1), 31–38.

Qamar, K., & Candra Wulandari, T. (n.d.). LAPLACE : Jurnal Pendidikan Matematika PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS LEARNING COMMUNITY. 65–70.

Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://doi.org/https://doi.org/10.33449/jpmr.v3i2.7521

Sunandar, M. A. (2012). Pembelajaran Matematika SMK Bernuansa Etnomatematika. 95–105.

Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijyanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1458

Yahya, R. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped Classroom Bercirikan. SJME (Supremum Journal of Mathemathics Education), 4(1), 78–91.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Umairah, P., & Zulfah, Z. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Daring berbasis Etnomatematika Pada Materi Persamaan dan pertidaksamaan Linear Kelas X SMA/Sederajat. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 7(2), 116–128. https://doi.org/10.33474/jpm.v7i2.9582