PERANCANGAN MESIN PEMBALIK TELUR AYAM KAMPONG MENGGUNAKAN PRINSIP KERJA BELT CONVEYOR

angga angga novianto

Abstract


Meningkatnya populasi membuat kebutuhan akan makanan dan pakaian juga meningkat. Untuk memenuhi kebutuhan pangan, terutama protein, banyak peternakan didirikan, baik dalam skala besar maupun skala rumah tangga. Salah satu jenis usaha ternak yang banyak diminati oleh masyarakat adalah pembibitan ayam asli. Kebun pembibitan ini tidak membutuhkan terlalu banyak uang dan tanah, dibandingkan dengan peternakan sapi atau kambing. Sehingga peternakan ayam asli ini paling baik digunakan sebagai salah satu UKM andalan masyarakat, yang memang dijalankan oleh masyarakat ..

               Proses penetasan telur unggas dapat dibagi menjadi dua macam (inkubasi alami) dan buatan (inkubasi). Penetasan telur biasanya dilakukan oleh induk ayam dengan cara ditetaskan di tempat inkubasi yang terbuat dari jerami dan disediakan oleh manusia. Massa inkubasi telur oleh ayam desa dalam kisaran 21 hari. Secara alami telur-telur tersebut diserahkan oleh ayam desa selama periode waktu selama pengeboran. Proses bertelur oleh induk ayam adalah cara bagi telur untuk menetas pada waktunya. Penetasan telur di desa sepenuhnya tergantung pada tiga faktor, yaitu, suhu tetesan, mesin tetesan, dan operator. Sejumlah kriteria adalah bertelur, termasuk bentuk, berat, panjang penyimpanan, kebersihan cangkang, dan warna.

               Jadi untuk menggantikan peran induk ayam dalam penetasan telur, dibuat sebuah inkubator telur ayam di mana mekanisme pembalikan dibuat secara otomatis menggunakan pengatur waktu. Tujuan dari penelitian ini pada dasarnya adalah untuk mengembangkan mekanisme pembalikan telur pada inkubator telur. Dalam inkubator telur mekanisme pembalikan biasanya menggunakan rak yang bergerak ke kiri dan ke kiri, sedangkan dalam penelitian ini mekanisme pembalikan telur menggunakan mekanisme conveyor belt sehingga telur dapat dibalik karena gesekan telur dengan conveyor belt .

Kata kunci: telur, conveyor belt.

Full Text:

PDF Remote

Refbacks

  • There are currently no refbacks.