PENGARUH PERUBAHAN DURASI CAMSHAFT TERHADAP PERFORMANCE MESIN FD 110cc

Dwi Kristianto, Margianto Margianto, Unung Lesmanah

Abstract


Mesin bensin merupakan salah satu mesin pembakaran dalam dimana proses pembakaran bahan bakarnya dilakukan di dalam ruang bakar itu sendiri dengan bantuan percikan bunga api dari busi. Dari hasil pembakaran itulah didapat daya untuk melakukan langkah usaha. Mesin bensin banyak digunakan karena mempunyai banyak keuntunganya itu harganya murah, murah dalam perawatan, dan mudah memodifikasi mesin. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini ialah untuk menambah wawasan pada dunia otomotif tentang peforma, dan juga untuk mengetahui pengaruh perubahan durasi camshaft pada sepeda motor Suzuki FD 110 cc tahun 2002. Perubahan durasi camshaft yang saat ini sering dilakukan. Dengan variasi perubahan durasi dengan jalan menambah durasi dan menambah tinggi bukaan katup dapat meningkatkan tenaga mesin. Dari penelitian terdapa tpengaruh yang signifikan terhadap unjuk kerja mesin motor bensin 4 langkah satu silinder Suzuki Shogun FD 110 yaitu: pada torsi (T), daya efektif (Ne), daya mekanis (Nm), tekanan efektif (Pe), tekanan mekais (Pm), pemakaian bahan bakar (FC).Dengan durasi 2630didapat hasil yang signifikan pada torsi sebesar 0,8425 kg.m, sedang pada daya efektif sebesar 11,7634 Hp. Pada durasi 2700 terjadi peningkatan pada torsi sebesar 0,9282 kg.m, dan terjadi peningkatan pula pada daya efektif sebesar 12,96005 Hp. Hasil tersebut mengacu pada pengujian durasi standart yaitu pada torsi 0,571 kg.m, dan pada daya efektif sebesar 7,97 Hp. Semua hasil pengujian diatas dilakukan pada putaran mesin 10000 rpm.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.