Editorial Policies

Focus and Scope

Menyediakan Tulisan Ilmiah Sains dan Teknologi tentang kehidupan dengan lingkup segala aspek lingkungan di planet bumi sebagai habitat Manusia. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam pada dasarnya terdiri atas disiplin ilmu pengetahuan alam seperti Biologi, Kimia, Fisika dan Matematika. Publikasi yang spesifik akan memudahkan untuk mempeljari ilmu tersebut. 

Oleh karena itu hadir pertama jurnal Biosaintropis (Bioscience-tropic) yang mengemukakan ilmu Biologi dan cabang-cabangnya pada berbagai aspek dalam wilayah tropis. Jurusan Biologi Mempunyai konsentrasi Biologi Lingkungan dan medis. Warna dan karakteristik tulisan Jurnal banyak didominasi hal itu.

 

Section Policies

Penelitian Asli

Mempunyai jumlah kata lebih dari 2 500 kata dan kurang dari 4 500 kata

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Artikel Sains (Makalah Sains)

Mempunyai jumlah katalebih dari 4 500 kata dan kurang dari 6 000 kata

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Artikel Review (Ulasan Kemajuan)

Mempunyai jumlah kata lebih dari 6 000 kata

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Etika Publikasi Ilmiah

1. Penulis

            Penulis (author) adalah nama yang mempunyai kontribusi dalam konsep dan disain penelitian, dan atau koleksi data selama penelitian berlangsung, dan atau analisis dan interpretasi data yang dihasilkan oleh penelitian. Terlibat secara aktif dalam proses persiapan dan penulisan naskah artikel atau laporan penelitian. Keterlibatan tersebut bisa berupa persiapan naskah maupun revisi naskah yang sedang dibuat. Setiap penulis dianggap telah memberikan persetujuan terhadap artikel yang telah selesai dibuat dan mengetahui isi dari artikel tersebut. Setiap penulis bertanggung jawab terhadap pertanyaan-pertanyaan atau hal lain yang muncul dari artikel tersebut, meskipun derajat tanggung jawab tersebut berbeda antara satu penulis dengan penulis lainnya. Nama penulis pertama dan kedua dapat dihubungi melalui informasi korespondensi yang telah diberikan dalam manuskrip.

Penulis memberikan manuskrip secara on-line kepada e-Jurnal ini dalam template yang dipersyaratkan. Proses pengiriman kepada e-Jurnal ini seperti pada langkah-langkah yang telah tersistem dalam ojs. Demikian pula proses yang berlaku dalam sistem ini (OJS) terhadap penerimaan manuskrip untuk diterbitkan secara on-line.

2. Koreksi Plagiasi

            Penulis melakukan koreksi hasil pemeriksaan plagiasi tulisan yang telah dilakukan oleh e-Jurnal ini dan disampaikan melalui e-mail berbentuk file. Hasil perbaikan oleh penulis yang telah disampaikan kepada e-Jurnal ini dianggap telah memenuhi persyaratan bebas plagiasi. 

3. Pernyataan Penulis dan Hak Cipta

            Penulis membuat pernyataan pada lembar dan mengirimkan kembali pernyataan tentang Hak cipta tulisan (manuskrip) berbentuk pdf kepada e-Jurnal ini seperti yang dikirimkan melalui e-mail.

 

PENELITIAN MAHASISWA

  1. Manuskrip yang telah selesai dikerjakan, setelah proses ujian skripsi, oleh mahasiswa dan telah mendapatkan persetujuan oleh pembimbing I dan II merupakan proses review.
  2. Manuskrip yang disampaikan kepada jurnal Biosaintropis telah memenuhi format template dan jumlah kata, setelah langkah pertama.
  3. Manuskrip akan diproses sesuai sistem yang berlaku sebagai open journal system (OJS).
  4. Pembiayaan proses penerbitan manuskrip disampaikan apabila manuskrip tersebut dinyatakan diterima (accepted) oleh editor yang ditugaskan.
  5. Mahasiswa (penulis pertama) membuat pernyataan pada lembar dan mengirimkan kembali pernyataan tentang Hak cipta tulisan (manuskrip) berbentuk pdf kepada e-Jurnal ini seperti yang dikirimkan melalui e-mail.