Kajian Kritis Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Nilai-Nilai Aswaja

Muhammad Yunus

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji pendidikan karakter dalam perspektif nilai-nilai aswaja. Tujuan utamanya adalah mengelaborasi konsep pendidikan karakter yang diimplementasikan di Indonesia dan melihat nilai-nilai karakter tersebut dalam perspektif nilai-nilai aswaja. Metode yang dipakai adalah kajian pustaka dengan telaah kritis terhadap nilai-nilai pendidikan karakter bangsa dan nilai-nilai aswaja. Ditemukan bahwa ada relefansi atau keterikatan antara nilai-nilai aswaja dalam nilai-nilai pendidikan karakter. Lima pendidikan karakter bangsa dan lima nilai-nilai aswaja memiliki nilai-nilai yang relefan dan tidak bertentangan satu dengan lainnya. Artinya adalah jika pendidikan mampu menginternalisasikan nilai-nilai tersebut akan mampu mengantarkan peserta didik memiliki karakter sesuai dengan yang diharapkan, menjadi generasi bangsa yang ideal; toleran, harmoni, dan sebagainya. Disarankan pendidikan untuk terus memhembuskan baik nilai-nilai karakter aswaja ataupun karakter bangsa tersebut dalam proses pembelajaran sehingga mampu membentuk karakter anak bangsa yang toleran, terampil, terdidik, dan berdaya saing.

Keywords


Aswaja, Pendidikan Karakter, Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Arland. 2006. Paham Ahllussunnah wal Jama’ah yang dinut NU. (Online), (http://www.mail-archive.com/mencintai-islam@yahoogroups.com/msg01393.html, diakses 4 April 2008).

Darsono. 2006. Ahlussunnah Wal Jama’ah. Makalah disampaikan dalam Latihan Kader Aswaja LPITI Universitas Islam Malang tahun 2006.

Depdikbud. 1993. Undang-undang RI Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Djiwandono, J. Soedjati. 2000. Globalisasi dan Pendidikan Nilai. Dalam Menggagas Paradigman Baru Pendidikan (Demokratisasi, Otonomi, Civil Society, Globalisasi). Kanisius: Yogyakarta.

Djoko Saryono.2011. Desain Utama Pendidikan Karakter Bangsa. Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Nilai-nilai Karakter Bangsa Berbasis Tradisi Pesantren dan Kitab Kuning, Malang, 8 Maret 2011 di Universitas Islam Malang.

Machfudh, Ahmed.2011.” Arah dan Kebijakan Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa di Sekolah/ Madrasah”. Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Nilai-nilai Karakter Bangsa Berbasis Tradisi Pesantren dan Kitab Kuning, Malang, 8 Maret 2011 di Universitas Islam Malang.

Mudyahardjo, Redja. 2010. Filsafat Ilmu Pendidikan (Suatu Pengantar). Remaja Rosdakarya Offset: Bandung.

Muzadi, Hasyim. 2007. Hasyim: Aswaja Harus diselamatkan. (Online), http://www.nu.or.id/, diakses 1 Juni 2008.

Pancasila, UUD 1945, UU. No. 20/2003 tentang Sisdiknas

Siraj, Said Aqil. 2001. Aswaja dan HAM (Tinjauan dari Visi Historis). Dalam Abdul Wahid (Eds.) Militansi Aswaja dan Dinamika Pemikiran Islam (hlm. 10-15). Aswaja Center: Unisma Press .

Soyomukti, Nuarani. 2010. Teori-teori Pendidikan. Ar Ruzz Media: Jogjakarta

Sudiyono, M. 2009. Ilmu Pendidikan Islam. Rineka Cipta: Jakarta.

Syukur, Fatah. 2007. Pendidikan Islam (Humanisasi Nilai-nilai Islam). (Online), (http: citraedukasi.blogspot.com, diakses 1 Maret 2008).

Tholchah Hasan.2011.Pesantren dan Pembangunan Karakter Bangsa. Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Nilai-nilai Karakter Bangsa Berbasis Tradisi Pesantren dan Kitab Kuning, Malang, 8 Maret 2011 di Universitas Islam Malang.

___________.2006.Young Person’s Character Education Handbook. JIST Publishing, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.