Pembelajaran Aswaja Bagi Kaum Rebahan Berbasis Multidisipliner

Rahmat Rahmat

Abstract


Aswaja sebutan singkat dari Ahlus Al-Sunnah wal Al-Jama’ah, yang berartikan golongan atau kelompok yang mengamalkan sunnah Nabi Muhammad SAW serta mencintai kebersamaan merupakan sebuah paham tandingan untuk paham-paham yang meragukan seperti paham Mu’tazilah. Akan tetapi paham Aswaja kini sangat meperihatinkan, hal ini disebabkan banyaknya aliran-aliran baru dalam Islam yang juga mengatasnamakan berpaham Aswaja. Sehingga dari problem ini perlu dirumuskan pendidikan Aswaja khususnya bagi kaum rebahan. Adapun kaum rebahan yang dimaksudkan adalah masyarakat 4.0 dan atau 5.0 yang hidup berdampingan dengan teknologi. Begitu termanjakannya masyarakat era 4.0 sehingga dengan ‘rebahan’ masyarakat termudahkan dan atau termanjakan dengan adanya layanan berbasis digital di sekitarnya, sekilas pemandangan yang demikian baik-baik saja namun pada kenyataannya perlu diantisipasi terlebih khusus dalam hal pemahaman aqidahnya. Kemudahan akses terhadap informasi apapun tidak terkecuali pemahaman aqidah yang direkomendasikan maupun yang terlarang akan sangat cepat didapatkan. Ini artinya harus diupayakan desain pendidikan dan atau pembelajaran yang sistemik terkait Aswaja bagi kaum rebahan tersebut agar paham Aswaja yang merupakan aqidah yang direkomendasikan dapat diakses dengan mudah oleh mereka. Oleh karenanya tulisan ini memilih metode penelitian yang tepat guna yakni jenis  kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi literasi yang pada praktiknya melakukan telaah terhadap teks-teks karya ilmiah semisal jurnal ilmiah, tugas akhir, serta buku-buku dan analisis mendalam berdasarkan beberapa disiplin ilmu diantaranya psikologi, ekonomi dan ilmu teknologi informasi dan komunikasi. Adapun penelitian ini menghasilkan sistem pembelajaran berbasis diktat/bahan ajar dengan telaah multidisipliner sangat bermanfaat dalam praktik pembelajaran Aswaja bagi kaum rebahan (masyarakat 4.0/5.0).

Keywords


Pembelajaran, Aswaja, Kaum Rebahan, Multidisipliner

Full Text:

PDF

References


Aziz Aceng Abdul , dkk, Islam Ahlusunnah Waljama’ah, Pengurus Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Pusat : Jakarta, 2015

Apriyanti Widiansyah, ‘PERAN EKONOMI DALAM PENDIDIKAN DAN PENDIDIKAN DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI’, Cakrawala, XVII.2 (2017), 215–207

Atim Riyanto, Paradigma Baru Pembelajaran (Jakarta: Kencana, 2009)

Benny A. Pribadi, Model Desain Sistem Pembelajaran (Jakarta: Dian Rakyat, 2010)

Chafid-A. Ma’ruf Asrori, M. Affan . Tradisi Islam, Surabaya: kalista , 2009

Dick, W. Carey, L & Carey, J.O, The Systematic Design of Instruction (New York: Pearson, 2005)

Fadeli dan Subhan, Antologi NU, Buku I, Surabaya : Khalista, 2007

Hamzah B. Uno, Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008)

Heni Mularsih, ‘Strategi Pembelajaran, Tipe Kepribadian Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama’, Makara, Sosial Humaniora, 14.1 (2010), 65–74

Laboratory Basic Education State University Of Malang, Hand Book, 1 (Malang, 2000)

Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001)

———, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007)

M Subana, Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah (Bandung: Pustaka Setia, 2005)

Marzuqi, A. Idris, Gerbang Pesantren, Kediri : LIM PP Lirboyo, 2014

Muhaimin, Model Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam Kontemporer Di Sekolah/Madrasah Dan Perguruan Tinggi, (Malang: UIN Maliki Press, 2016)

Munir, Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informatika Dan Komunikasi (Bandung: Alfabeta, 2009)

Nurcholis, 50 Amaliyah Nahdliyah, Tulungagung: Bambang Adhyaksa Ketua Lembaga Pelestarian Seni dan Sejarah Tulungagung

Nana Sudjana, Ahmad Rivai, No Title (Bandung: C.V. Sinar Baru, 1990)

Nana Sujana, Penelitian Dan Penilaian Pendidikan (Bandung: Sinar Baru, 1989)

Oemar Hamalik, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem (Bandung: PT. Citra Aditya Bakti, 1990)

———, Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Dan Pembinaan Ketenagaan (Bandung: PT Trigenda Karya, 1993)

PBNU, Jati diri Nahdlatul Ulama, Jakarta: PBNU, 2002

Rahmat, ‘DIKTATAR SYSTEM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH’, Jurnal Tribakti, 27.2 (2016), 348–64

———, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam Indonesia Era 4.0 (Malang: Literasi Nusantara, 2019)

———, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MULTIDISIPLINER Telaah Teori Dan Praktik Pengembangan PAI Di Sekolah Dan Perguruan Tinggi, ed. by Fathorrazi, LKiS, 1st edn (Yogyakarta: LKiS, 2017), I

Rahmat Rahmat, Muhammad Husnur Rofiq, ‘KONSEP KEPEMILIKAN EKONOMI ISLAM MATERI FIQH KELAS XII (IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENANGGULANGI PENGANGGURAN)’, Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1.2 (2018), 241–75

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kalam Mulia, 2010)

Ratna Yudhawati, Teori-Teori Dasar Psikologi Pendidikan (Jakarta: PT Prestasi Pustakarya, 2011)

Retno Sriningsih Satmoko, Landasan Kependidikan (Pengantar Ke Arah Ilmu Pendidikan Pancasila) (Semarang: CV. IKIP Semarang Press, 1999)

Robert C. Bogdan, Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods (Boston Allyn: Bacon, 1982)

Robert E Slavin, Educational Psychology, Theory and Practice (Massachusets: Allyn: Bacon Publishers, 2010)

Robert M. Gagne dkk, Principles of Instructional Design (New York: Wadsworth Publishing CO, 2005)

Roger A Kaufman, Educational System Planning (Englewood Cliffs, NMj: Prentice-INC, 1972)

S.E Smaldino, Russell, J.D. Heinich, dkk, Instructional Technology and Media for Learning (New Jersey: Person Merril Prentice Hall, Inc, 2005)

Sukardi, Metodologi Penelitian Kualitatif Kompetensi Dan Prakteknya (Jakarta: Bumi Aksara, 2004)

Siradj, Said Aqiel, Kontroversi Aswaja: Aula Perdebatan dan Reinterpretasi” LKiS : Yogyakarta, 2000

Sutarjo Adisusilo, J.R, Pembelajaran Nilai Karakter (Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA, 2012)

Uslifatun Musfiroh dkk, ‘Pengembangan Diktat Pembelajaran Beriorientasi Guided Discovery Pada Materi Sistem Peredaran Darah’, BioEdu, 1.2 (2012), 37

Vebriarto, Pengantar Pengajaran Diktat (Yogyakarta: Pendidikan Paramita, 1981)

W.S Winkel, Psikologi Pengajaran (Yogyakarta: Media Abadi, 2009)

Wargadinata, Wildana, Spiritual Salawat, Malang; UIN –MALIKI Press, 2010


Refbacks

  • There are currently no refbacks.