Aktualisasi Paham Ahlussunnah Wal Jama’ah (Aswaja) bagi Kehidupan Generasi Milenial

Authors

  • Siti Muawanatul Hasan Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Raden Rahmat

Keywords:

Aktualisasi, Ahlussunnah Wal Jam’ah, Generasi Milenial

Abstract

Aswaja merupakan identitas ajaran dan paham keagamaan yang dipegang teguh oleh kaum Nahdliyyin yang diupayakan dengan semaksimal kemampuan untuk dapat diwariskan dari generasi tua kepada generasi muda dan seterusnya hingga kepada generasi yang akan lahir sepanjang masa. Nahdlatul Ulama sebagai organisasi keagamaan dengan ciri khas mempertahankan tradisi dan budaya masyarakat Indonesia, seperti berdzikir berjama’ah setelah sholat, jamaah rutin yasin dan tahlil, ziarah kubur, istighotsah/mujahadah, tawasul, berzanjen, diba’an, manaqiban dan sebagainya. Inilah yang membedakan ahlussunnah wal jama’ah dengan organisasi paham keagamaan lainnya. Aktivitas dzikir, ziarah, tahlil, sholawatan, manaqiban dan istighosah sangat kental dan melekat dalam ubudiyah ahlussunnah wal jama’ah. Sehingga bisa terlihat jelas dari ubudiyah yang dilaksanakannya. Dalam rangka merealisasikan budaya ahlussunnah wal jama’ah dibutuhkan pemahaman yang kuat sehingga diharapkan dapat diaktualisasikan dalam kehidupan khususnya dalam kehidupan di era milenial seperti saat ini. Penelitian ini memaparkan secara jelas pertama tentang makna dari paham ahlussunnah wal jama’ah, kedua tentang karakteristik paham ahlussunnah wal jama’ah, dan selanjutnya aktualisasi paham aswaja dalam kehidupan generasi milenial. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitian literatur. Teknik pengumpulan data peniliti terdiri atas observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan aktualisasi paham Aswaja pada generasi milenial melalui ukhuwah Islamiyah dan ukhuwah wathaniyah.

References

Alfian, M. Alfan. 2014. Hamka dan Bahagia: Reaktualisasi Tasauf Modern di Zaman Kita. Bekasi: Penjuru Ilmu.

Ali, Hasanuddin, dkk. 2017. Milenial Nusantara. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Al Kaysi, Marwan Ibrahim. 2003. Petunjuk Praktis Akhlak Islam. Jakarta: Lentera.

Amin, M. Masyhur. 1996. NU dan Ijtihad Politik Kenegaraannya. Yogyakarta: Al-Amin Press.

Anam, Chairul. 2010. Pertumbuhan dan Perkembangan Nahdlatul Ulama. Surabaya: Duta Aksara Mulia.

Chalim, Asep S. dkk. 2012. Membumikan Aswaja. Surabaya: Khalista.

Hoir, Khoidul. 2019. “Internalisasi Nilai-Nilai Aswaja Al-Nahdliyah Dalam Praktek Ideologi Kebangsaan Di Kalangan Pemuda Sampang†Tesis—UIN Sunan Ampel Surabaya tidak diterbitkan.

Ma’shum, Saifullah. 1998. Karisma Ulama: Kehidupan Ringkas 26 Tokoh NU. Bandung: Mizan.

Misrawi, Zuhairi. 2010. Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari. Jakarta: PT Kompas Media Nisantara.

Mubarak, Achmad. 2002. Manusia Modern Mendamba Allah: Renungan Tasawuf Positif. Jakarta: Iman dan Hikmah.

Muchtar, Masyhudi. dkk. 2007. Aswaja An-Nahdliyah. Ajaran Ahlussunnah wa al-Jama’ ah yang Berlaku di Lingkungan Nahdlatul Ulama. Surabaya: Khalista dan LTN NU Jawa Timur.

PW NU. 2007. Aswaja An Nahdliyah: Ajaran ahlussunnah wal-jama’ah yang berlaku di lingkungan Nahdlatul Ulama. Surabaya: Kista.

Saleh, Akh. Muwafik. 2012. Membangun Karakter dengan Hati Nurani: Pendidikan Karakter untuk Generasi Bangsa. Jakarta: Erlangga.

Syihab, H. Z. A. 1998. Akidah Ahlussunnah Wal Jamaah Versi Salah. kholaf dan Posisi Asy’ariah diantara Keduanya. Jakarta: Bumi Aksara.

Zuhri, Muhibbin, Achmad. 2010. Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari Tentang Ahl Al-sunnah wa aljama’ah. Surabaya: Khalista.

Downloads

Published

2021-10-12

How to Cite

Hasan, S. M. (2021). Aktualisasi Paham Ahlussunnah Wal Jama’ah (Aswaja) bagi Kehidupan Generasi Milenial. An Nahdhoh Jurnal Kajian Islam Aswaja, 1(2), 100–108. Retrieved from https://riset.unisma.ac.id/index.php/nahdloh/article/view/13624