Old Radicalsm dan New Radicalsm di Indonesia

Authors

  • Tedy Winarno Universitas Islam Malang/Pesantren Kampus Ainul Yaqin

Keywords:

Sejarah, Old Radicalsm, New Radicalsm

Abstract

Kedatangan Islam ke Indonesia merupakan salah penyebaran paham beragama yang dianggap paling berhasil. Hal ini tentu karena dakwah yang dibawakan oleh para Ulama masa awal-awal Islam masuk ke Indonesia adalah dakwah dengan mengedepankan nilai-nilai kedamaian. Penghormatan terhadap budaya asli menjadi pemikat bagi masyarakat Indonesia untuk jatuh hati kepada Islam. Setelah 13 Abad Islam berkembang dengan kedamaian, datanglah pengusik dengan membawa misi merubah dasar negara yang saat itu masih berusaha muda. Pengaruh yang diberikan oleh para pendatang dari tanah Arab kepada para tokoh revolusi membuat banyak gejolak diberbagai daerah yang kemudian dimanfaatkan oleh sekelompok orang pemilik kepentingan untuk mengganti pancasila dengan syariat Islam. Kemunculan kelompok inilah yang dianggap sebagai cikal bakal paham radikalisme berkembang di Indonesia. Setelah 75 tahun Indonesia merdeka, agaknya perkembangan paham radikalisme terus berlangsung. Hal inilah yang kemudian memunculkan sebuah klasifikasi baru berkaitan dengan masa berkembangnya radikalisme di Indonesia. Masa tersebut kemudian dinamakan masa Old Radicalsm dan New Radicalsm.

References

Asrori, Ahmad. (2015). “Radikalisme di Indonesia; Antara Historisitas dan Antropisitasâ€. ,Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam. Vol. 9, No. 2

Afandi, Sa’dullah. (2016). “Akar Sejarah dan Pola Radikalisme di Indonesiaâ€. Nu Online. Diunduh 13 Januari 2021

Pemerintah Indonesia. 2018. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. Lembaran RI Tahun 2018 No. 39. Jakarta : Sekretariat Negara.

Riddel, Peter G. (2002). “The Diverse Voices of Political Islam in Post-Suharto Indonesiaâ€, Islam and Christian-Muslim Relations. Vol. 13, No. 1.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Nasution, Harun. 1995. Islam Rasional. Bandung: Mizan.

Downloads

Published

2021-10-12

How to Cite

Winarno, T. (2021). Old Radicalsm dan New Radicalsm di Indonesia. An Nahdhoh Jurnal Kajian Islam Aswaja, 1(2), 116–121. Retrieved from https://riset.unisma.ac.id/index.php/nahdloh/article/view/13627