PONDOK PESANTREN DAN MENGEMBANGKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA

Indana Zuhrotul Maulidah

Abstract


Sumber Daya Manusia (SDM) mempunyai posisi yang sangat pokok dalam mewujudkan kapasitas pembangunan, yang menempatkan manusia dalam fungsinya yaitu sebagai resource pembangunan. Di dalam konteks ini harga dan nilai manusia ditentukan oleh relevansi konstruksinya pada proses produk. Kualitas manusia diprogramkan sedemikian agar dapat sesuai dengan tuntutan pembangunan atau tuntutan masyarakat. Keberadaan bangsa Indonesia ditengah percaturan era global sekarang, akan dipengaruhi oleh kemampuan manusia Indonesia, terutama sumber daya yang bercirikan kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dan pemantapan iman dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Hal ini dapat diusahakan melalui pendidikan sebagai alternatifnya.

Adapun masalah yang ada dalam penilitian ini adalah Bagaimana upaya yang dilakukan Pondok Pesantren Darussalam dalam mengembangkan kualitas sumber daya manusia, Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang di hadapi oleh pondok pesantren Darussalam dalam mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Darussalam Banyuwangi dalam mengembangkan kualitas sumber daya manusia, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang di hadapi oleh pondok pesantren Darussalam dalam mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian kualitatif yang dimaksud adalah untuk mengetahui fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian, dan penelitian deskriptif adalah penelitian yang diarahkan untuk memberikan gejala-gejala, fakta-fakta, atau jadian-kejadian secarasistematis dan akurat, mengenai sifat-sifat populasi atau daerah tertentu.

Hasil peneitian menunjukkan bahwa; (1) Sistem pendidikan dan pengajaran yang ada di Pondok Pesantren Darussalam yaitu menggunakan sistem pendidikan formal, pendidikan non formal, dan pendidikan ekstrakurikuler, (2) Upaya Pondok Pesantren Darussalam dalam mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas yaitu seperti dapat dibuktikan dengan adanya berbagai macam kegiatandan aktifitas-aktifitas pendidikan yang ada didalamnya, yang dari semua program dan aktifitas-aktifitas pendidikan tersebut adalah dalam rangka mengembangkan kualitas keimanan, keilmuan serta ketrampilan-ketrampilan lain atas para murid atau santrinya, yang mana dari semua hal tersebut nantinya dapat tercipta sumber daya manusia yang berkualitas, (3) Faktor Pendukung dan Penghambat Pondok Pesantren Darussalam dalam mengembangkan kualitas sumber daya manusia terbagi dari faktor internal dan faktor eksternal.

 

Kata Kunci : Pendidikan, Sumber Daya Manusia, Pondok Pesantren


Refbacks

  • There are currently no refbacks.