EVALUASI PROGRAM JKN DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN ADMINISTRASI PASIEN RAWAT INAP (Studi Pada Puskesmas Kota Ende)
Sari
Kesehatan telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat, untuk itu perlu diselenggarakannya pembangunan kesehatan secara menyeluruh dan berkesinambungan, agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Indonesia yang dimulai sejak 1 Januari Tahun 2014 telah memberikan andil yang besar terhadap reformasi sistem pelayanan dan pembiayaan kesehatan di Indonesia. Sebagaimana diamanatkan Undang-Undang, JKN diharapkan dapat menjadi cara untuk mencapai Universal Health Coverage. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi Pelayanan Administrasi Pasien Rawat Inap Program JKN di Puskesmas Kota Ende. Jenis data terdiri dari data primer yang diperoleh melalui wawancara dan observasi langsung di lapangan, sedangkan data sekunder bersumber dari data Puskesmas Kota Ende, dokumen-dokumen, peraturan-peraturan yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti. Peneliti menggunakan Prinsip pelayanan publik menurut MENPAN No.63/ KEP/M.Pan/ 7/ 2003 yang dijadikan peneliti sebagai indikator keberhasilan yang digunakan oleh peneliti dalam mengevaluasi kebijakan program JKN dalam memberikan pelayanan admnistrasi kepada pasien rawat inap.
.
Kata Kunci: Pelayanan Administrasi, Pasien JKN, Puskesmas Kota Ende
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Sumber Buku
Adiya, Atep. 2003. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Agustino, Leo. 2008. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta
Christoper Lovelock. 2005. Manajemen Pemasaran Jasa, Kelompok Gramedia, Indeks, Indonesia
Cresweel, John. 2013. Research Design (pendekatan kualitatif, kuantitatif dan mixed). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Creswell, John. 2008. Education Research: Planing, Conducting and Evaluating Qualitative & Quantitative Approaches. London: Sage Publications
Cresweel, John. 2014. Research Design (pendekatan kualitatif, kuantitatif dan mixed). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Creswell, John. 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif. Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: PT. Pustaka Pelajar
Creswell, John. 2009. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Newbury Park: Sage Publications
Creswell, John. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Dunn, William N. 2002. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada Press
Gaspersz, Vincent. 2011. Sistem Manajemen Kinerja Terintegrasi Balanced Scorecard dengan Malcolm Baldrige dan Lean Six Sigma Supply Chain Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Gay. 2006. Educational Research (Competencies For Analysis And Aplications). USA: Pearson
Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gava Media
Hardiansyah, Haris. 2011. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika
Hadi, Nor. 2011. Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu
Kasmir. 2006. Manajemen Perbankan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Kasmir. 2005. Etika Customer Service. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Keban, Yeremias T. 2004. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik, Konsep, Teori dan Isu. Yogyakarta: Gava media
Kolcaba, Katherine. 2003. Comfort Theory And Practice: A Vision For Holistic Health care And Research: New York: Spinger Publishing Company.
Lester, James P. and Joseph Stewart. 2000. Publik Policy: An Evoluationary Approach. Australia: Scott, Foreman and Company
Lembaga Administrasi Negara. 2003. Penyusunan Standar Pelayanan Publik. Jakarta: Yayasan Penerbit Administrasi
Moenir. 2002. Manajemen Kantor. Jakarta : Yudhistira
Moenir. 1992. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara. Hal 13-18
Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Nugroho, Riant. 2011. Publik Policy: Dinamika Kebijakan, Analisis Kebijakan, Meanajemen Kebijakan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Pasolong, Harbani. 2008. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: CV Alfabeta
Ratminto, Atik, Winarsih. 2007. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Ridwan, Juniarso dan Sodik Sudrajat, Achmad. 2009. Hukum Administrasi Negara dan Kebijakan Pelayanan Publik. Bandung: Nuansa
Sinambela. 2006. Reformasi Pelayanan Publik, Teori, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara
Syafei, Inu Kencana. 2003. Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Tangkilisan, Hesel Nogi S. 2003. Implementasi Kebijakan Publik: Transformasi Pemikiran George Edwards. Yogyakarta: Lukman Offset & Yayasan Pembaharuan Administrasi Publik Indonesia
Wibawa, Samudera. 1994. Evaluasi Kebijakan Publik. Jakarta: Manajemen PT. Raja Grafindo Persada
Winarno, Budi. 2002. Kebijakan Publik. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Winarno, Budi. 2007. Teori dan Proses Edisi Revisi. Yogyakarta: Media Prsindo
Wirawan. 2012. Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Depok: PT. Raja Grafindo Persada
Sumber Undang-Undnag dan Peraturan
Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 5
Undang-Undang Dasar 1945 Nomor 36 tahun 2009 Ayat 2 Tentang Kesehatan
Undang-Undang Dasar Pasal 1945 28 H Ayat 1 dan Pasal 34 Ayat 1 Tentang Pelayanan Kesehatan
Undang-Undang No. 40 tahun 2004 Tentang Jaminan Sosial Nasional Undang-Undang No. 17 SJSN 2004 Undang-Undang No. 24 tahun 2011 Tentang Jaminan Sosial tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial
Undang-Undang Republik Indonesia Pasal 1 Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No.63/KEP/M.PAN/7/2003
Undang-Undang No. 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan
Perpres RI tahun 2003 Tentang Jaminan Kesehatan Pasal 1 Ayat 1 dan Pasal 1 Ayat 2
Perpres No. 12 tahun 2013 pasal 20 ayat 1 Tentang Manfaat Jaminan Kesehatan
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 28 tahun 2014 Tentang Hak dan Kewajiban Pasien.
Sumber Skripsi
Penelitian terdahulu, Imelda dan Nahrisah. 2015. Analisis Tingkat Mutu Pelayanan Rawat Inap Dirumah Sakit Dalam Upaya Peningkatan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Pemerintah (RSUP) Adam Malik Medan (studi perbandingan antara pasien umum dan pasien BPJS).
Tagunar, Fasta Agustia Ruli (2016). Pelaksanaan Program JKN Di Kota Malang (Studi Pada Puskesmas Dinoyo Kota Malang).
Randi Mase Bustami (2016) “Kualitas Pelayanan Puskesmas Rawat Inap Katibung Kabupaten Lampung Selatan Kepada Peserta Program JKN Dalam Pelayanan Kesehatan Tingkat Dasar.
Sumber Internet
https://www.academia.edu/9762354/Konsep_Administrasi_Rumah_Sakit (Di akses pada tanggal 09/05/2016 )
http://lely2790ueu.blogspot.co.id/2015/12/prosedur-pelayanan-administrasi-rumah.html (Di akses pada tanggal 09/05/2016)
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.