EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK BIDANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pada Kelurahan Samaan Kecamatan Klojen Kota Malang)

Lintang Rahmawati, Nurul Umi Ati, Suyeno Suyeno

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan atas dasar adanya pandemik virus covid-19 yang masuk di Indonesia mulai Bulan Maret 2020 lalu. Salah satu dampak dari adanya penyebaran virus covid-19 adalah pelayanan publik pada bidang administrasi khususnya pada Kelurahan Samaan Kecamatan Klojen Kota Malang. Pandemik covid-19 mengharuskan seluruh pegawai publik tetap melaksanakan proses pelayanan kepada masyarakat secara efektif dan efisien namun juga harus memperhatikan protokol kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelayanan publik bidang administrasi kependudukan di masa pandemik covid-19 pada Kelurahan Samaan Kecamatan Klojen Kota Malang beserta faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pelayanan tersebut. Untuk mengetahuinya digunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 10 indikator efektivitas pelayanan public menurut Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 62 Tahun 2003 diantaranya kesederhanaan, kejelasan, kepastian waktu, akurasi, keamanan, tanggung jawab, kelengkapan sarana dan prasarana, kemudahan akses, kedisiplinan, kenyamanan lingkungan sudah dilaksanakan dengan baik oleh pegawai Kelurahan Samaan dengan tujuan untuk pelayanan masyarakat. Faktor pendukung efektivitas pelayanan public bidang administrasi kependudukan di Kelurahan Samaan yakni sumber daya yang memadai, sarana dan prasaranan yang memadai, petugas pelayanan yang ramah dan kompeten. Sedangkan faktor penghambat efektivitas pelayanan publik bidang administrasi kependudukan di Kelurahan Samaan yakni kurangnya sosialisasi pada masyarakat, kurangnya pemahaman masyarakat akan kemajuan teknologi.

 

Kata kunci: Efektivitas, pelayanan publik, administrasi kependudukan, pandemik covid-19

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fitri Muhammad Rahmadana, Tentrem Arin Mawati, Siagian Nurhayati, dkk, 2020, Pelayanan Publik, Yayasan Kita Menulis.

Juharni, 2015, Pengantar Ilmu Administrasi Negara, Makassar: Cv Sah Media. Yusriadi, 2018, Reformasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik, Yogyakarta: CV Budi Utami.

Kompasiana, Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan Kelurahan Dinoyo Sakdino. diakses pada Juli 2017 pukul 12:28. https://regional.kompas.com/read/2017/07/14/12281271/di-kelurahan-ini- warga-urus-administrasi-kependudukan-melalui-android?page=all

Melkisedek, Neolaka. 2020, Pendidikan Dasar di Daerah Perbatasan, Malang: PT. Cita Intrans Selaras.

Milles, Matthew B., Huberman, A. Michael, Saldana, Jhony. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Third Edition. Singapore:Sage

Rokhman. Didik Fatkhur. 2012. Implementasi Kebijakan Pelayanan Administrasi Kependudukan Terpadu (Studi pada dinas kependudukan dan catatan sipil kota Malang). Jurnal administrasi publik (JAP). Vol 1 No 5 Hal 962.

Saleh Akh Muhafik. 2010. Public Service Communication. Malang: UMM Press

Sawir Muhammad , 2020, Birokrasi Pelayanan Publik, Yogyakarta: CV Budi Utama. Sumadiono Wahono, 2018, Pedoman Umum Organisasi dan Administrasi Rukun Warga Rukun Tetanga, Yogyakarta: Cv Budi Utama.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Pasal 1 Ayat 1 dan 7 No. 25 Tahun 2009 Tentang Penyelenggaraan Publik

Wahyono Suko, Budi Prihatminingtyas, Annisa Purwatiningsih. 2019. Implementasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Kota Malang. Universitas Tribhuwana Tunggadewi.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.