KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA BIDANG ADMINISTRASI (Studi Tentang Pelayanan Dokumen Kependudukan Di Kantor Desa Slamet Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang)

Aina Nafisatul Khilmiah, Yaqub Cikusin, Agus Zainal Abidin

Sari


Pelayanan publik adalah pemberian layanan yang dilakukan oleh pemerintah sebagai penyelengara negara untuk menemuhi kebutuhan masyarakat sesuai peraturan yang berlaku. Desa slamet merupakan salah satu instansi pemerintah yang mempunyai tugas dalam memberikan pelayanan publik penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kualitas pelayanan. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dipilih karena untuk menyajikan data seacara sistematis dan akurat untuk menggali fakta-fakta tentang kualitas pelayanan publik pada bidang admnistrasi (studi tentang pelayanan dokumen kependudukan di kantor Desa Slamet Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) gambaran pelayanan yang diberikan Di kantor Desa Slamet Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang sudah sesuai Standart Operasional Pelayanan mudah di pahami dan mudah dilaksanakan. (2) Kualitas Pelayanan dokumen kependudukan dengan menggunakan aspek Tangible, Realibility, Responsivineess, Assurance dan Empaty ada beberapa indikator yang belum berjalan sesuai keinginan masyarakat antara lain kurang sarana dan prasarana, ketepatan waktu dan kecermatan pegawai dalam melayani. (3) upaya-upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Slamet Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang meningkatkan jam kerja dalam melayani masyarakat, meningkatkan kapasitas operator pelayanan dan di bangungkan ruangan yang lebih luas dan tampak jelas. (4) Kendala yang dihadapi dalam peningkatan kualitas pelayanan dokumen kependudukan kurangnya aparatur pemerintah dan sarana dan prasarana.
Kata Kunci : Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan Publik, Administrasi Kependudukan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hardiyabsyah . 2011. Kualitas pelayanan publik Konsep,Dimensi, Indikator,dan implementasinya, Yogyakarta: Gava Media Hayat.2017. Manajemen Pelayanan Publik. Malang :Empatdua media Moleong, lexy.2008 Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Moleong, lexy.2010 Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset. Barata, Atep Adya. 2003. Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Yudhistira. Kusdarini, Eny. 2011. Dasar-Dasar Hukum Administrasi Negara dan Asas-Asas Umum Pemerintahan Yang Baik. Yogyakarta: UNY Press.

Sumber Skripsi : Dina Amelya Santoso. 2017. Kualitas pelayanan bidang admnistrasi kependudukan di kantor Kecamatan Pakis. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Islam Malang. Ratna Esa Kuswati. 2017. Kualitas pelayanan publik di Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Sendy Dwi Saputra. 2018. Kualitas Pelayanan publik bidang admnistrasi kependudukan di Kecamatan Kidul Kota Blitar. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Islam Malang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.