UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK MELALUI PERMAINAN CONGKLAK PADA USIA 4-5 TAHUN

Authors

  • Tuti Herlina Universitas Pancasakti Bekasi
  • Fitria Budi Utami Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.33474/thufuli.v4i2.17667

Abstract

Aspek perkembangan kognitif adalah salah satu aspek yang harus dikembangkan oleh guru paud, sebagai guru di sekolah untuk anak-anak usia dini adalah bagian dari perkembangan kognitif,  kemajuan kognitif adalah sudut pandang kemajuan yang signifikan dalam melatih kemampuan berhitung anak. Tingkat kemajuan kognitif untuk anak-anak usia 4-5 tahun dibagi menjadi tiga, yaitu menyebutkan angka 1-10, menggunakan gambar angka untuk menghitung dan mengkoordinir bilangan dengan gambar nomor.  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat partisipatif dan kolaboratif. Penelitian tindakan kelas memiliki dua kegiatan yang dilakukan secara simultan yaitu aktivitas tindakan (action) dan aktifitas penelitian (research). Berdasarkan hasil penelitian upaya peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak usia 4-5 tahun dengan permainan congklak di Paud Raudhatul Jannah Bambu Apus berjalan dengan baik dan berhasil terbukti dengan adanya prsentase peningkatan kemampuan berhitung anak setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 dan terus meningkat setelah dilakukan tindakan siklus 2. Dengan adanya permainan congklak mampu meningkatkan kemampuan berhitung anak yang semula sangat rendah setelah dilakukan tindakan meningkat, pada tindakan siklus 1 tercapai prsentase keberhasilan sebanyak 60 % sedangkan pada tindakan siklus 2 mencapai keberhasilan prsentase sebesar 80 %.


Author Biography

Tuti Herlina, Universitas Pancasakti Bekasi

Universitas Pancasakti Bekasi

References

Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara.

Dan Ninik Yuliani, R. I. K. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Permainan Bowling Kaleng. Universum, 10(1), 65–71. https://doi.org/10.30762/universum.v10i1.224

Farihah, H. (2017). Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Stick Angka. Jurnal Teladan, 2(1), 1–20.

Fauzi, F. (2018). Hakikat Pendidikan bagi Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 15(3), 386–402. https://doi.org/10.24090/insania.v15i3.1552

Humairo, V. M., & Amelia, Z. (2021). Peningkatan Kemampuan Berhitung Awal Melalui Modifikasi Bentuk Permainan Congklak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(1), 19. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.589

Idham Maulana Yusuf. (2018). Implementasi Modifikasi Permainan Bolabasket Terhadap Hasil Belajar Siswa. Universitas Pendidikan Indoesia, 32.

Malapata, E., & Wijayanigsih, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Lumbung Hitung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 283. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.183

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Prima, E. (2020). Peranan Orang Tua dalam Mengembangkan Bakat Anak Usia Dini. Al Fitrah Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(3), 119–131.

Purwanti, R. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Tradisional Congklak (TK Dharma Wanita Kedunggalar Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019). Jmece, 01(01), 45–54.

Ramadhani, C., & Zulminiati, Z. (2021). Efektivitas Permainan Big Maze Terhadap Kemampuan Anak Mengenal Angka Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak an-Nur. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 18(2), 90–95. https://doi.org/10.17509/edukids.v18i2.33955

Rifmasari, Y., Zein, R., & Anggraini, V. (2022). The Effect Of Audio Visual Media On The Ability To Count Of Kindergarten. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2777–2784. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1665

Santi, S., & Bachtiar, M. Y. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Tradisional Congklak Di Taman Kanak-Kanak Yustikarini Kabupaten Bantaeng. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 21. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i1.14436

Sari, D., Hermansah, B., & Selegi, S. F. (2022). JOTE Volume 4 Nomor 2 Tahun 2022 Halaman 48-54 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education Efektivitas Penggunaan Media Permainan Tradisional Congklak terhadap Kemampuan Berhitung Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas 1 SD . 4, 48–54.

Saribu, P. B. D., & Simanjuntak, J. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Congklak Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun di KB Tunas Harapan Kecamatan Sunggal Kab. Deli Serdang. Jurnal Usia Dini, 4(1), 28–38.

Saripudin, A. (2017). AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak STRATEGI PENGEMBANGAN KECERDASAN NATURALIS PADA ANAK USIA DINI. Naturalis Aip Saripudin, 3(1).

Tuladia, R. (2014). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Media Gambar Buah-Buahan Pada Kelompok B Di Tk Peripabri Kota Bengkulu.

Downloads

Published

2022-12-26

How to Cite

Herlina, T., & Utami, F. B. (2022). UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK MELALUI PERMAINAN CONGKLAK PADA USIA 4-5 TAHUN. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 1–12. https://doi.org/10.33474/thufuli.v4i2.17667