KOLABORASI PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Mushab Al Umairi Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Adelia Miranti Sidiq STAI YPBWI Surabaya
  • Aim Abdul Karim STAI Putra Galuh Ciamis

DOI:

https://doi.org/10.33474/thufuli.v4i2.18943

Abstract

Fenomena yang mengguncangkan seluruh dunia dengan pandemi Covid-19 di Indonesia menyebabkan seluruh lembaga pendidikan merubah kebiasaannya dalam proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menganalisis faktor peran orang tua dan guru dalam pembelajaran anak usia dini di masa pandemi Covid-19, (2) mendeskripsikan bagaimana kolaborasi peran orang tua dan guru  dalam pembelajaran anak usia dini di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif, subjek peneliitiannya melibatkan 10 orang tua, dan 5 guru, pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis datanya dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan data atau verivikasi data, selanjutnya menguji keabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Faktor peran guru dan orang tua dalam pembelajaran anak usia dini di masa pandemi Covid-19 dilihat dari keterlibatan orang tua dalam pendampingan belajar, saat anak mengerjakan tugas sekolah, menciptakan suasana belajar yang nyaman, menjalin komunikasi yang baik, menjadi role model bagi anak, memberi pengawasan dan motivasi untuk anak, memberi nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarga. (2) Kolaborasi peran orang tua dan guru dalam pembelajaran anak usia dini di masa pandemi Covid-19 dilakukan melalui 3 tahapan pelaksanaan, yaitu Problem Setting, Direction Setting dan implementasi peran orang tua dan guru dalam peoses belajar anak.

References

A. Muri, Y. (2014). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Prenada Media.

Akbar Brahma, I. (2020). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Nurul Haramain Nahdhatul Wathon. Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 83–88. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v7i2.5023

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Cahyani, R., & Suyadi, S. (2018). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Ki Hadjar Dewantara. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(4), 219–230.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Harahap, F. I. N. (2018). Pengaruh Hasil Program Parenting dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 3(1), 1–15.

Hatimah, I. (2016). Keterlibatan Keluarga dalam Kegiatan di Sekolah dalam Perspektif Kemitraan. Jurnal Pedagogia, 14(2), 290–297.

Husaini, U. dkk. (2006). Metodologi Penelitian Sosial. Bumi Aksara.

Jogiyanto Hartono, M. (2018). Metoda Pengumpulan dan Teknik Analisis Data. Penerbit Andi.

Kemdikbud. (2020). Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah untuk mencegah Penyebaran Covid-19. KEMDIKBUD.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Menjadi Orang Tua Hebat untuk Keluarga dengan Anak Usia Dini (p. 98).

Kurniati, E. dkk. (2021). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241–156. https://doi.org/10.31004/0bsesi.v5i1.541

Kuswanto, A. V. (2020). E ISSN : 2685-0281 ( online ) MENGEMBANGKAN PERKEMBANGAN ANAK USIA TAMAN KANAK-KANAK. 4197.

Lisa Megawati, Nuraini Asriati, R. (2019). Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Pada Keluarga Nelayan. Media Neliti.

Munastiwi, E. K. H. (2020). Strategi Orang Tua dalam Mengembangkan Bakat dan Kreativitas di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(2), 80–87. https://doi.org/https://doi.org/10.32529/glasser.v4i2.670

Murtiningsih, D. (2013). Peran Orang Tua dalam Kegiatan Bermain Anak Usia Dini (4-6 Tahun) di Rumah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 1–21. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Nahdi, Ramdhani, K. dkk. (2020). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga Paud di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 177–186.

Nurkholis. (2020). Dampak Pandemi NovelCorona Virus Disiase (Covid-19) terhadap Psikologi Pendidikan serta Kebijakan Pemerintah. Jurnal PGSD, 6(1), 39–49. https://doi.org/10.32534/jps.v6i1.1035

Poerwandari. (2005). Pendekatan Kualitatif unutk Penelitian Prilaku Manusia (edisi ketiga). LPSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Masa Pandemi Covid-19. IJEC : Indonesian Journal of Early Childhood, 2(2), 2655–6561.

Prasetyono, D. S. (2008). Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca pada Anak sejak Dini. Think.

Pratiwi, M. dkk. (2018). Peran Pengawasan Orang Tua pada Anak Pengguna Media Sosial. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 22(1), 37–57.

Rakhmawati Y. (2015). Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1).

Rosyadi, R. (2003). Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini (R. Pers (ed.)).

Sartika, M Taher. Erni, M. (2019). Peran Guru dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2), 35–50.

Sofyan, S, W. (2003). Peran Guru Sebagai Pembimbing. Mimbar Pendidikan, 25–32.

Sofyan I. (2019). Mindful Parenting: Strategi Membangun Pengasuhan Positif dalam Keluarga. Journal Of Early Childhood Care & Education, 1(2), 41.

Sudarsana, Ketut, I., & dkk. (2020). Pembelajaran Dalam Jaringan dan Upaya Memutus Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukmawati, A. (2015). Peran Guru dalam Pengembangan Moral bagi Anak Usia Dini. BIOTA: Jurnal Tadris IPA Biologi FITK IAIN Mataram, 8(1), 87–96.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Tul, R., & Maruddani, J. (2022). Kolaborasi Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Full Day School pada Masa Pandemi Covid-19. 6(4), 3771–3781. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1731

Uzer, Usman, M. (2008). Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya.

Wibowo, A. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini (Strategi Membangun Karakter di Usia Emas). Pustaka Pelajar.

Wiyanti. (2009). Keterlibatan Orang Tua dalam Pembelajaran Anak. Universitas Kristen Satya Wacana.

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

Al Umairi, M., Miranti Sidiq, A., & Abdul Karim, A. (2022). KOLABORASI PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID-19. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 27–46. https://doi.org/10.33474/thufuli.v4i2.18943