Pengembangan Media Pembelajaran E-book “Belajar Shalat” Untuk Menanamkan Nilai Agama pada Anak Kelompok A Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 16 Kota Malang

Authors

  • Tsania Putri Wihdati Rohmania Universitas Islam Negeri Malang
  • Rikza Azharona Susanti Universitas Islam Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/thufuli.v4i2.18966

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya keterbatasan dan kurangnya jam pembelajaran dalam melaksanakan program belajar shalat pada anak. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran E-book belajar shalat untuk menanamkan nilai agama peserta didik usia 4-5 tahun. Adapun metode penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan, yaitu 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi dan 5) Evaluasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan statistik deskriptif berupa hasil presentase dan masukan para ahli diantaranya ahli media diperoleh hasil 80%, ahli materi diperoleh hasil 86% dan ahli pembelajaran diperoleh hasil 95%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran E-book belajar shalat efektif dan sangat layak digunakan untuk proses penanaman nilai agama peserta didik.

References

Adisusilo, S. (2012). PEMBELAJARAN NILAI KARAKTER KONSTRUKTIVISME DAN VCT SEBAGAI INOVASI PENDIDIKAN PEMBELAJARAN AFEKTIF. PT Raja Grafindo Persada.

Ahmadi, F., Witanto, Y., & Ratnaningrum, I. (2017). Pengembangan Media Edukasi “Multimedia Indonesian Culture” (Mic) Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34(2), 127–136.

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 23–24.

Dasir, M. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Religius Dalam Materi Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Tingkat SMA/SMK Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Islam, 5–6.

Ekayani, P. (2017). PENTINGNYA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA. March. https://www.researchgate.net/publication/315105651

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Alfabeta.

Laraswati, R., & Marsudi. (2021). PENGEMBANGAN EBOOK PEMBELAJARAN MEMBACA UNTUK SISWA TK NADA ASHOBAH PADA MASA PANDEMI. Jurnal Seni Rupa, 9(4), 13–24.

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud (Telaah Pemikiran atas Kemendikbud). Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142

Muhammad, S. R. A. & K. (2016). Pendidkan Karakter. PT Bumi Aksara.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Mustakim, M. (2014). Kurikulum Pendidikan Humanis Religius. At-Tajdid : Jurnal Ilmu Tarbiyah, 3(1), 15–28. http://ejournal.stitmuh-pacitan.ac.id/index.php/attajdid/article/view/26

Nurjanah, S. (2018). Perkembangan Nilai Agama Dan Moral (Sttpa Tercapai). Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 43–59. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v1i1.177

Pendidikan, K., Kebudayaan, D. A. N., & Masyarakat, P. (2018). PENILAIAN PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA KELOMPOK ANAK USIA 5 – 6 TAHUN BERBASIS KURIKULUM 2013.

Puspita, G. A., & Irwansyah, I. (2018). Pergeseran Budaya Baca dan Perkembangan Industri Penerbitan Buku di Indonesia: Studi Kasus Pembaca E-Book Melalui Aplikasi iPusnas. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 2(1), 13–20. https://doi.org/10.17977/um008v2i12018p013

Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). PENELITIAN PENGEMBANGAN MODEL ADDIE DAN R2D2: TEORI & PRAKTEK. Lembaga Academic & Research Institute Perum Sekar Indah II.

Safrilsyah. (2013). Psikologi Ibadah Dalam Islam. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12147/1/1. PSIKOLOGI IBADAH %281%29_merged.pdf

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sukardi. (2021). Analisa Minat Membaca Antara E-Book Dengan Buku Cetak Mengunakan Metode Observasi Pada Politeknik Tri Mitra Karya Mandiri. Ikra-Ith Ekonomika, 4(2), 158–163. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/1029

Switri, E., Apriyanti, & Safrina, S. (2019). PEMBINAAN IBADAH SHALAT (KAIFIATUS SHOLAH / TATA CARA SHALAT) PADA TPA ZURYATI DI MASJID UMMU MASSAID KOMPLEK PERUMAHAN THE GREEN INDRALAYA. E-Journal Universitas Asahan Jurnal Anadara Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra, 5(2), 1–11.

Widianto, Edi., Husna, Alfina Anisnai’I., Sasami, Annisa Nur., Rizkia, Ezra Fitri., Dewi, Fitriana Kusuma., dan Cahyani, S. A. I. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(02), 213–224.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Putri Wihdati Rohmania, T., & Azharona Susanti, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-book “Belajar Shalat” Untuk Menanamkan Nilai Agama pada Anak Kelompok A Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 16 Kota Malang. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 47–59. https://doi.org/10.33474/thufuli.v4i2.18966