MEDIA SMART TREE UNTUK MENSTIMULASI PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 3-4 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.33474/thufuli.v4i2.19000Abstract
Motorik halus atau gerak halus secara khusus dikontrol oleh otot-otot kecil yang harus distimulasi. Media Smart Tree merupakan media pengembangan yang menstimulus motorik halus anak usia 3-4 tahun. Media smart tree bertujuan untuk menstimulasi perkembangan motorik halus anak yang didesain terdiri dari 3 bagian sisi permainan, sisi pertama permainan meronce, sisi kedua permainan puzzle, sisi ketiga memasukkan benda dalam botol. Media smart tree terbuat dari papan kayu triplek dan dilapisi kain flanel. Pengembangan media Smart Tree menggunakan penelitian dan pengembangan. Penelitian dan pengembangan (R&D) Research and Development yakni penelitian yang dilakukan untuk menghasilkan produk tertentu. Peneliti menggunakan model Borg and Gall, yang dilakukan tujuh dari sepuluh langkah prosedur penelitian. Hasil validasi dengan ahli media, didapatkan hasil sebagai berikut: hasil persentase kevalidan ahli media 85% dengan kriteria validasi Sangat Layak, hasil persentase kevalidan ahli materi 83,3 % dengan kriteria validasi Sangat Layak. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa media tersebut layak untuk digunakan.
References
Ardhana, Wayan. Konsep Penelitian Dalam Bidang Pendidikan danPembe-
lajaran. Makalah disajikan dalam Loka Karya Nasional Angkatan II
Metodologi Penelitian dan Pengembangan Bidang Pendidikan dan
Pembelajaran, Jurusan Ilmu Keolahragaan FIP UM, Malang, 22-24 Maret.
Azharona, Rikza. 2013. Pengembangan permainan Sirkuit Warna-warni Ceria
Menggunakan Bahan Bekas pada Pembelajaran Fisik Motorik Anak.
Journal Paud. Paud, 1 (1): 31-37
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran Perannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran Yogyakarta: Penerbit Gava Media
Hasibuan, Rachma. 2017. Perencanaan pembelajaran PAUD. Surabaya : Unesa Press
Munadi, Y. 2008. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 137, 3 (2014).
Puspitasari, Endang. 2018. Alat permainan edukatif anak usia dini. Jakarta:Guepedia
Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rika, Z. B. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Pintar Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Promosi Produk Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran Smk Negri 2 Blitar. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 06.
Sadiman, A S., Rahardjo, R., Haryono, Anung dan Harjito. 2014. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, Dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Penelitian Kuantitatif dan R&D (S. M. Dr. Ir. Sutopo (ed.)). ALFABETA.
Sumantri. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini.
Jakarta: Depdiknas.
Sulyandari, A. K. (2019). Pengaruh Gadget Pada Perkembangan Anak Usia Dini. THUFULI :Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, I(1), 12–20.
Sulyandari, A. K. (2020). Pengembangan sirkuit bongkar pasang untuk aktivitas fisik motorik kasar di lembaga prasekolah dengan lahan minimalis. Seling: Jurnal Program Studi PGRA ISSN, 6(Juli), 171–181. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/633
Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta : PT Bumi Aksara