PROBLEMATIKA KETERAMPILAN MENYIMAK DALAM KEGIATAN MENGAJAR JENJANG SMP PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Widhi Mustikawati a:1:{s:5:"en_US";s:25:"Universitas Sebelas Maret";}
  • Ani Rakhmawati

DOI:

https://doi.org/10.33474/basa.v3i2.20270

Keywords:

problems of listening, teaching, learning

Abstract

ABSTRAK
We surely engage in the activity of listening both formally and informally every day; in fact,
listening is a necessary component of all activities. Since listening genuinely results in both fresh
and recollections from the past or new information that is received, Since engaging in listening
activities can arouse one's intelligence, we can feel more deeply because our brains are driven to
seek out a lot of information. Because someone has effectively adopted listening activities,
curiosity has a significant impact on the brain. We feel compelled to gather a lot of data. Curiosity
has a significant impact on the brain since listening actions have been successfully accepted by
someone. However, not everyone believes that all listening activities are enjoyable, particularly
when learning begins for junior high school students. Most people may think that hearing makes
them feel tired or even overstimulated. The media is also diverse depending on how each student
chooses to listen to their lesson. Some people use visual media, write, and read aloud to others.
There is nothing wrong with listening exercises conducted by teachers past and present, of course,
as long as they are done with the knowledge that listening must be processed in order to keep up
with the times. However, as candidates or teachers, we may already be familiar with the new
approach so that students can listen intently without missing anything.

Keyword: problematika menyimak, mengajar, belajar

ABSTRAK
Menyimak merupakan suatu kegiatan yang tentunya kita lakukan sehari-hari secara formal
maupun non-formal, kegiatan apapun dalam kehidupan kita pasti melibatkan kegitan menyimak
tersebut. Karena sesungguhnya menyimak adalah kegiatan yang membuahkan sebuah ingatan baru
maupun lama atapun pengengetahuan baru yang masuk, karena kegiatan menyimak tersebut bisa
memancing intelegent seseorang supaya kita merasa trerpancing lebih dalam karena otak kita
merasa perlu mendapatkan informasi dengan jumblah yang banyak. Rasa penasaran merupakan
suatu efek yang besar bagi otak, karena kegiatan menyimak tersebut sudah berhasil diterima oleh
seseorang. Namun tidak semua orang merasa semua kegiatan menyimak itu merupa hal yang
menyenangkan, apalagi menyimak dalam pembelajaran dimulai bagi anak SMP sebagian besar
mungkin saja menganggap menyimak merupakan hal yang membuat mengantuk bahkan juga
jenuh. Apalagi didasari oleh jenis cara menyimak pelajaran setiap murid itu berbeda-beda
medianya. Ada yang menggunakan media gambar, tulis, membaca sendiri, dan lainya. Tentu saaat
mengetahui hal tersebut menyimak harus bisa diolah sedemikian ruma mengikuti perkembangan
jaman, tidak ada yang salah dengan kegiatan menyimakn yang dilakukan guru-guru dulu maupun
sekarang, tetapi kita sebagai calon/guru mungkin sudah paham dengan metode metode baru agar
murid bisa menyimak dengan seksama tanpa ketinggalan.

References

Firlana Izaty, Gigit Mujianto. (2022). Pembelajaran Menyimak Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Menengah Atas:Universitas Muhammadiyah Malang.

Herwani. (2022). Peran Guru Sebagai Pelaku Perubahan: Educatioanl Journal: General and Specific Research

Mahendra, Kristiantari, dan Ganing. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Role Playing Berbantuan Powerpoint Terhadap Keterampilan Memyimak Pada Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI. Jurnal PGSD Vol.1. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Ningsih. (2013). Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 berbasis Teks yang Berorientasi pada Pendekatan Saintifik: Jurnal UMKO Muhammadiyah Kotabumi

NLS Ernawati, IW Rasna. (2020). Menumbuhkan Keterampilan Menyimak Pesertas Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia:Universitas Pendidikan Ganesha.

Prof. Dr. H. Rahman, M.Pd, Rani Nurcita Widya, M.Pd., Rasi Yugafiati, M.Pd. (2020). Menyimak & Berbicara. Teori dan Praktik:Alqaprint Jatinangor

Putri Meinita Triana, Tria Mardiana. (2021). Problematika Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Saat Pandemi COVID-19: Tinjauan dalam Konteks Sekolah Dasar.

Santoso, Edi Kurniawan. (2022). Meningkatkan Kemampuan Menyimak dengan Talking Stick: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud

Nusa Silvester&Wilhelmus Yape Kii. (2017). Memahami Fenomena Lemahnya Keterampilan Berbahasa Mahasiswa Stkip Weetebul: Jurnal Edukasi Sumba

Yulianah Prihatin. (2017). Problematika Keterampilan Menyimak Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia:Universitas Hasyim Asyari Jombang.

Downloads

Published

2023-10-31