Optimalisasi Pendidkan di Era Pandemi

Authors

  • Priyagung Hartono Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang
  • Abdullah Musthofainal Akhyar Fakultas Teknik, Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i1.10438

Keywords:

optimalisasi, pendidikan, pandemi covid

Abstract

Pendidikan merupakan suatu pengajaran yang diajarkan oleh guru kepada siswa dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan yang ada pada diri siswa supaya memiliki kepribadian spiritual, dan kecerdasan yang baik, lewat proses belajar yang baik dan teratur. Selain itu beberapa pemberintah daerah telah memutuskan menerapakan kebijakan untuk meliburkan siswa dan mulai menerapkan metode pembelajaran dengan menggunakan sistem online atau daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan). Di era new normal ini kegiatan proses belajar mengajarakan kembali normal seperti biasanya akan tetapi dengan diiringi berbagai ketentuan yang harus dilaksanakan oleh peserta didik maupun pendidik untuk tetap mengikuti protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah adalah metode observasi (pengamatan). Pada pembelajaran di masa pandemi ini siswa di tuntut untuk lebih aktif dalam meningkatkan prestasi, terutama dalam penggunaan alat elektronik. Pelaksanaan pengabdian ini berjalan dengan lancer tanpa hambatan dan halangan apapun.

References

Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659

Arifin, Z., & Tamrin, T. (2019). Peningkatan Kompetensi Microcontroller Siswa SMK. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 2(1), 49–53. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i1.1772

Azizah. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19. Stit-Alkifayahriau.Ac.Id. https://www.stit-alkifayahriau.ac.id/implementasi-pembelajaran-daring-di-era-pandemi-covid-19/

Bahri, S., & Arafah, N. (2020). Analisis Manajemen SDM Dalam Mengembangkan Strategi Pembelajaran Di Era New Normal. Journal of Islamic Education, 1(1), 20–40. https://doi.org/10.31538/tijie.v1i1.2

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005

Ilpaj, S. M., & Nurwati, N. (2020). Analisis Pengaruh Tingkat Kematian Akibat Covid-19 Terhadap Kesehatan Mental Masyarakat di Indonesia. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 3(1), 16–28. https://doi.org/10.24198/focus.v3i1.28123

Rahmawati, A., & Tutiasri, R. P. (2021). Edukasi bermain online games secara sehat pada anak-anak usia sekolah dasar. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(1), 69–77. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i1.7841

Riduan, R, S., & Manaf, N. A. (2018). Kesalahan Kalimat Dalam Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia (JPBSI), 7(4), 97–103. https://doi.org/10.24036/102337-019883

Setiawardhani, R. T. (2013). Pembelajaran Elektornik (E-learning) dan Internet dalam Rangka Mengoptimalkan Kreativitas Belajar Siswa. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(2), 82–96. https://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/edunomic/article/view/21

Wahidah, I., Athallah, R., Hartono, N. F. S., Rafqie, M. C. A., & Septiadi, M. A. (2020). Pandemik COVID-19: Analisis Perencanaan Pemerintah dan Masyarakat dalam Berbagai Upaya Pencegahan. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 11(3), 179–188. https://doi.org/10.29244/jmo.v11i3.31695

World Health Organization (WHO). (2020). Transmisi SARS-CoV-2: implikasi terhadap kewaspadaan pencegahan infeksi (pp. 1–10).

Zakaria, Z., Fadhli, M., & Arnab, S. (2020). Pelatihan Daring Membuat Topeng Karakter dengan Kilat untuk Meningkatkan Sosial Resiliensi. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENAM), 520–527. https://jacips.machung.ac.id/index.php/senam/article/view/26

Zakaria, Z., Setyosari, P., Sulton, & Kuswandi, D. (2019). The effect of art-based learning to improve teaching effectiveness in pre-service teachers. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(3), 531–545. https://doi.org/10.17478/jegys.606963

Downloads

Published

2021-07-05

How to Cite

Hartono, P., & Akhyar, A. M. (2021). Optimalisasi Pendidkan di Era Pandemi. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(1), 63–68. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i1.10438