Inovasi Media Pembelajaran Nadzom di Taman Pendidikan Al-Qur’an
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i1.10686Keywords:
inovasi, metode pembelajaran, al-qur'anAbstract
Taman Pendidikan al-Qur’an merupakan lembaga pendidikan dasar informal yang menyelenggarakan pembelajaran Al-Qur’an bagi anak. Peran TPQ sangatlah penting jika dihadapkan dengan kewajiban sebagai orang tua dan masyarakat muslim yang harus mengupayakan pendidikan bagi anak-anaknya untuk mempelajari dan mencintai al-Qur’an sejak dini. Sebagaimana pendidikan formal yang dikelola dengan sangat baik dengan memperhatikan manajemen, strategi, model, dan media pembelajaran sesuai standar, TPQ pun harus dilaksanakan dengan perencanaan yang sangat baik. Hal ini untuk menjamin kualitas input yang diberikan akan sebanding dengan baiknya output yang dihasilkan. Melihat dari bebagai permasalahan yang ada di TPQ nurul Muttaqin khususnya dalam metode pembelajaran al qur'an yang cenderung monoton maka ksm unisma ditirejo berinovasi menggunakan metode yang asik dan menarik untuk para santri agar tidak bosan. Kemudian kita menggunakan media serta model pembelajaran al-qur'an yang menarik. Model pembelajaran yang kami gunakan yaitu nadzoman di mana nadzhaman yang berupa syi’ir yang dibalut dengan lagu-lagu Islami.References
Amaliati, S. (2020). Pendidikan Karakter Perspektif Abdullah Nashih Ulwan dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam dan Relevansinya Menjawab Problematika Anak di Era Milenial. Child Education Journal (CEJ), 2(1), 34–47. https://doi.org/10.33086/cej.v2i1.1520
Amran. (2015). Faktor Penentu Keberhasilan Pengelolaan Satuan Pendidikan. MAPEN Jurnal Manajer Pendidikan, 9(2), 185–196. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/view/1113
Aristanto, E., Hidayatullah, S., Rachmawati, I. K., Waris, A., & Khalikussabir. (2020). Peningkatan Fasilitas Bagi Tahfizh Anak Usia Dini “Kuttab Rumah Quran†Menuju Persaingan Pendidikan Anak Pra Sekolah. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(1), 78–86. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i1.4763
Dinasari, I., Saroh, S., & Sumartono. (2018). Pemanfaatan Potensi Lokal Lembaga Pendidikan Madrasah Sebagai Pembelajaran Usaha Produktif. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 1(1), 39–53. https://doi.org/10.33474/jipemas.v1i1.1478
Jayanti, J. (2018). Peran TPQ Dalam Meningkatan Kualitas Kemampuan Baca Al-Quran Pada Anak di TPQ Ar-Rahman Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.
Latuconsina, H., Nazilatul Ula, N. S., Choirunnisa, S. M., Kurniawati, F. M., Nuresa, R., Zuhri, A. S., Umbu Nay, S. I., Arifin, S., Rumkel, R. H., Masykuri, A. A., & Muzayid, A. (2020). Peningkatan Ibadah dan Amaliah Sosial Berbasis Masjid. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(2), 59–72. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i2.6548
Malik, H. A. (2013). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) ALhusna Pasadena Semarang. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 13(2), 387–404. https://doi.org/10.21580/dms.2013.132.60