Pendampingan UMKM dalam upaya meningkatkan produksi dan penjualan produk kopi

Authors

  • Bagus Cahyanto Universitas Islam Malang
  • Zikri Firmansyah Universitas Islam Malang
  • Ahmad Fajar Ash Shidqi Universitas Islam Malang
  • Najma Zahirroh Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.10788

Keywords:

kopi, pertanian, pemasaran, UMKM

Abstract

Desa Ngadirejo Kecamatan Jabung Kabupaten Malang merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbaik. Banyak masyarakat mengolah kopi untuk konsumsi pribadi atau keluarga, padahal lahan kopi dan citarasa kopi desan Ngadirejo memiliki ciri yang khas. Untuk menunjang pengolahan kopi yang selama ini masih diolah secara tradisional, maka pengabdi yang terkoordinir dalam kegiatan KSM-Tematik Universitas Islam Malang melakukan pendampingan kepada masyarakat yang memiliki lahan kopi dan olahan kopi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu masyarakat dalam pengembangan pengolahan kopi agar memiliki niali jual yang tinggi. Selain bantuan tenaga untuk kerja serta membantu dalam pengembangan pengolahan kopi, tim pengabdi juga membantu dalam hal packing dan pemasaran melalui media social, hal ini didasarkan pada hasil observasi bahwa selama ini penjualan olahan kopi hanya dijual secara konvensional mulut ke mulut. Untuk memperluas pemasaran produk maka tim juga mengembangkan media sosial untul pemasaran produk-produk yang berkaitan dengan kopi. Setelah itu, mahasiswa KSM-Tematik Universitas Islam Malang juga berkontribusi mulai dari pengolahan hingga pemasaran dikarenakan sangat minimnya media sosial di Desa Ngadirejo bahkan penjual kopi manual tidak mempunyai media sosial atau tidak bisa menggunakan media sosial.

References

Afriliana, A. (2018). Teknologi Pengolahan Kopi Terkini. Deepublish.

Ahmad, M., Perdana, F. R., Utami, K. S., & Harjanta, S. L. (2019). Pengolahan Kopi Bubuk dan Pemasaran Berbasis Digital Marketing dalam Meningkatkan Daya Saing Hilirisasi Kopi di Kawasan Lereng Menoreh. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 38–46. https://doi.org/10.33061/awpm.v3i1.3074

Avriyanti, S. (2021). Strategi Bertahan Bisnis Di Tengah Pandemi Covid-19 Dengan Memanfaatkan Bisnis Digital (Studi pada UKM yang Terdaftar pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Tabalong). Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Publik Dan Administrasi Bisnis, 5(1), 60–74. https://doi.org/10.35722/pubbis.v5i1.380

Harianto, C. E. W., Hasian, T., & Widyaningsih, T. D. (2018). Uji Efektivitas Sifat Hepatoprotektor Ekstrak Bawang Lanang pada Tikus Wistar Jantan yang Diinduksi Parasetamol. Jurnal Pangan Dan Agroindustri, 6(4), 1–10. https://doi.org/10.21776/ub.jpa.2018.006.04.1

Isbah, U., & Iyan, R. Y. (2016). Analisis Peran Sektor Pertanian dalam Perekonomian dan Kesempatan Kerja di Provinsi Riau. Jurnal Sosial Ekonomi Pembangunan, 7(19), 45–54. https://jsep.ejournal.unri.ac.id/index.php/JSEP/article/view/4142

Kurniawan, H., Elpawati, & Aminudin, I. (2021). Analisis Daya Saing dan Dampak Kebijakan Pemerintah dalam Budidaya Kopi Arabika Organik Terintegrasi (Studi Kasus Kegiatan Budidaya Kopi Arabika Organik dan Terintegrasi di Kelompok Tani Girisenang di Kabupaten Bandung, Jawa Barat). Jurnal Agri Sains, 5(2), 166–176. https://doi.org/10.36355/jas.v5i2.679

Sayifullah, S., & Emmalian, E. (2018). Pengaruh Tenaga Kerja Sektor Pertanian Dan Pengeluaran Pemerintah Sektor Pertanian Terhadap Produk Domestik Bruto Sektor Pertanian di Indonesia. Jurnal Ekonomi-Qu, 8(1), 66–81. https://doi.org/10.35448/jequ.v8i1.4962

Susetya, D. (2017). Panduan Lengkap Membuat Pupuk Organik. Pustaka Baru Press.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Cahyanto, B., Firmansyah, Z., Shidqi, A. F. A., & Zahirroh, N. (2023). Pendampingan UMKM dalam upaya meningkatkan produksi dan penjualan produk kopi. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(1), 203–207. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.10788