Penyuluhan dan Edukasi Penerapan Protokol Kesehatan dalam Pencegahan COVID-19 di Sekolah
Keywords:
COVID-19, edukasi, kesehatan, penyuluhan, protokolAbstract
Pandemi covid -19 yang telah berjalan selama 2 tahun tentu membawa banyak dampak tidak hanya pada kesehatan atau faktor ekonomi secara global. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan terlihat bahwa siswa MI Nasrul Ulum belum paham bahkan tampak acuh terhadap dampak dari virus corona padahal kini pemebelajaran yang dilakukan tengah menggunakan metode pembelajaran tatap muka. Program edukasi yang diberikan pada siswa MI Nasru ulum ini harapannya dapat meningkatkan pengetahuan siswa sehingga penerapan protokol kesehatan dalam pencegahan COVID-19 dapat berjalan lebih maksimal di sekolah. Program ini di laksanakan pada Februari 2022 dengan melakukan edukasi secara tatap muka menggunakan media poster dan metode simulasi atau demonstrasi. Edukasi ini berhasil meningkatkan pengetahuan tentang pencegahan COVID-19 disekolah. Dari 15 pertanyaan tersebut didapatkan hasil rata-rata antara pretes dan postest sebesar 21,53%. Hasil dari data sikap siswa yang diukur menggunakan kuesioner dengan 7 pertanyaan meperlihatkan sikap siswa yang positif diatas 81% pada 5 pertanyaan yang diberikan. Dari partisipasi, antusias siswa, dan adanya peningkatan hasil dari posttest yang diberikan saat dilakukan edukasi dapat disimpulkan bahwa program edukasi aktif pada siswa menggunakan metode simulasi dan media poster ini mampu menjadi upaya pencegahan penulran COVID-19. Namun untuk penerapan yang lebih baik tentunya diperlukan lagi kerja sama antar pemerintah daerah, sekolah, maupun orang tua.
References
Aeni, N. and Yuhandini, D. S. (2018) ‘Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Video Dan Metode Demonstrasi Terhadap Pengetahuan SADARI’, Care : Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 6(2), p. 162. doi: 10.33366/cr.v6i2.929.
Amalia, H. (2021) ‘Omicron penyebab COVID-19 sebagai variant of concern’, Jurnal Biomedik dan Kesehtan, 375(4), p. n2943. doi: 10.1136/bmj.n2943.
Araújo-Soares, V. et al. (2019) ‘Developing Behavior Change Interventions for Self-Management in Chronic Illness: An Integrative Overview’, European Psychologist, 24(1), pp. 7–25. doi: 10.1027/1016-9040/a000330.
Satgas COVID-19, Pemerintah Kabupaten Malang (2022) ‘Buletin Harian Covid 24 Februari 2022’.
Hui, D. S. et al. (2020) ‘The continuing 2019-nCoV epidemic threat of novel coronaviruses to global health — The latest 2019 novel coronavirus outbreak in Wuhan, China’, International Journal of Infectious Diseases, 91, pp. 264–266. doi: 10.1016/j.ijid.2020.01.009.
Kutscher, E. (2021) ‘Preparing for Omicron as a covid veteran’, The BMJ, 375, p. 3021. doi: 10.1136/bmj.n3021.
Nasruddin, R. and Haq, I. (2020) ‘Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah’, SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(7). doi: 10.15408/sjsbs.v7i7.15569.
Saifudin et al. (2021) ‘Sosialisasi dan Edukasi Pencegahan Covid-19 Kepada Siswa Sekolah Dasar Negeri Cabi’, Journal of Empowerment and Community Service (JECSR), 1(01), pp. 71–76. doi: 10.53622/jecsr.v1i01.75.
Singhal, T. (2020) ‘A Review of Coronavirus Disease-2019 (COVID-19)’, The Indian Journal of Pediatrics. The Indian Journal of Pediatrics, 87(April), pp. 281–286.
Suciliyana, Y. and Rahman, L. O. A. (2020) ‘Augmented Reality Sebagai Media Pendidikan Kesehatan Untuk Anak Usia Sekolah’, Jurnal Surya Muda, 2(1), pp. 39–53. doi: 10.38102/jsm.v2i1.51.
Ulya, Z. and Iskandar, A. (2017) ‘Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Poster Terhadap Pengetahuan Manajemen Hipertensi Pada Penderita Hipertensi’, Jurnal Keperawatan Soedirman, 12(1), p. 38. doi: 10.20884/1.jks.2017.12.1.715.