Upaya Menumbuhkan Nilai Karakter Anak Sejak Dini melalui Kegiatan Penanaman Cabai
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i1.16177Keywords:
penanaman, nilai karakter, kegiatan menanamAbstract
Penanaman nilai karakter pada anak usia dini dimaksudkan untuk mengembangkan pola pikir dan kemampuan pada diri anak. Pola pikir ini berkaitan dengan segala bentuk yang bermanfaat bagi dirinya, orang lain dan peduli akan lingkungan sekitar. Pengamatan dilapangan kami menemukan bahwasannya di desa Ngroto Kecamatan Pujon Kabupaten Malang memiliki masyarakat kami berinisiatif untuk memberikan bentuk pengajaran yang bersifat kreatifitas dan edukasi pemanfaatan bahan sampah terutama sampah plastik yang digunakan sebagai bahan karya. Jiwa akan cinta seni pada anak diharapkan akan mempengaruhi jiwa cinta dan peduli akan lingkungan sehat. Nilai-nilai karakter yang dapat tertanam melalui kegiatan penanaman yakni sikap kerja keras, kerja sama, tanggung jawab, saling menghargai, menyayangi ciptaan Tuhan, peduli, percaya diri dan disiplin dapat terealisasikan dengan kegiatan saling berbagi tugas dalam memilih pot, mengambil bibit cabai, memasukkan tanah dan pupuk ke dalam pot, merapikan tanamannya dengan indah, membersihkan tanah-tanah yang berjatuhan di antara pot serta menyiraminya. Siswa-siswi yang awalnya belum berani untuk bekerja sama, mereka semakin bisa bekerja sama dengan baik diluar kegiatan ini. Kegiatan ini juga membuat mereka semakin mencintai lingkungan sekitarnya, hal ini dibuktikan dengan keantusiasannya dalam mengikuti kegiatan menanam.References
Andriani, T. (2012). Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Sosial Budaya, 9(1), 121–136. https://doi.org/10.24014/sb.v9i1.376
Asbari, M., Nurhayati, W., & Purwanto, A. (2019). Pengaruh Parenting Style dan Personality Genetic terhadap Pengembangan Karakter Anak di PAUD Islamic School. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 4(2), 148–163. https://doi.org/10.33061/jai.v4i2.3344
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini melalui Pembiasaan dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 203–213. https://doi.org/10.26877/jo.v4i2.4005
Hadisi, L. (2015). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal Al-Ta’did, 8(2), 50–69. https://doi.org/10.31332/atdb.v8i2.410
Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Golden Age Universitas Hamzanwadi, 1(2), 82–89. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i02.546
Mustari, M. (2011). Nilai karakter: Refleksi untuk pendidikan karakter. LaksBang Pressindo.
Rahmawati, A., & Tutiasri, R. P. (2021). Edukasi bermain online games secara sehat pada anak-anak usia sekolah dasar. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(1), 69–77. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i1.7841
Sarlina. (2015). Miskonsepsi Siswa terhadap Pemahaman Konsep Matematika pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat Siswa Kelas X5 SMA Negeri 11 Makassar. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(2), 194–209. https://doi.org/10.24252/mapan.2015v3n2a5
Setiawan, D. (2013). Peran Pendidikan Karakter dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(1), 53–63. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1287