Implementasi Nilai Karakter melalui Sistem Bercocok Tanaman Hias pada Santri
Abstract
Karakter merupakan salah satu hal penting yang ada dalam kehidupan manusia. Karakter tentunya dapat dibentuk oleh banyak hal, salah satunya yakni pengalaman dan pendidikan. Pendidikan harus mampu merubah setiap targetnya, entah dari segi kognitif, afektif maupun psikomotorik. Madrasah Diniyah Nurunnadhoh adalah salah satu lembaga pendidikan nonformal yang juga mengutamakan tujuan pendidikan tersebut. Implementasi nilai karakter adalah salah satu cara yang dilakukan oleh madrasah ini untuk menciptakan generasi yang beriman dan intelektual. Letak yang strategis untuk menanam menjadikannya efektif untuk tempat bercocok tanaman hias yang mudah dibudidayakan. Bantaran sungai memiliki struktur tanah yang baik dan memiliki unsur tanah yang tinggi. Dalam kegiatan KSM Tematik UNISMA yang kami lakukan di wilayah Kelurahan Madyopuro ini, metode observasi dan pastifipatif kami gunakan dalam setiap kegiatan, khususnya kegiatan bercocok tanaman hias ini. Bercocok tanaman hias sangat tepat dilakukan untuk menumbuhkan kebersamaan dan juga rasa cinta akan makhluk Allah.
References
Abdullah, R. (2015). Urgensi Penilaian Hasil Belajar Berbasis Kelas Mata Pelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah. Lantanida Journal, 3(2), 168–181. https://doi.org/10.22373/lj.v3i2.1657
Asriati, N. (2021). Mengembangkan Karakter Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal melalui Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 3(2), 106–118. https://doi.org/10.26418/j-psh.v3i2.3663
Damayanti, F. (2021). Potensi Pemuliaan Mutasi Radiasi sebagai upaya Peningkatan Variasi Genetik pada Tanaman Hias. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 1(2), 78–84. https://doi.org/10.30998/edubiologia.v1i2.9300
Faruq, Aziz, M. F., & Ruhaena, L. (2022). Individual learning plan sebagai upaya meningkatkan pengaturan diri dalam belajar siswa. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(1), 165–178. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i1.13749
Handayati, W. (2013). Perkembangan pemuliaan mutasi tanaman hias di Indonesia. Jurnal Ilmiah Aplikasi Isotop Dan Radiasi, 9(1), 67–80. https://doi.org/10.17146/jair.2013.9.1.1203
Martino, Y. A., Sulistiowati, E., & Purnomo, Y. (2018). Model Pemberdayaan Santri Ponpes Al-Hidayah Batu Alang Sebagai Kader Kesehatan Berbasis Terapi Herbal. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 1(2), 86–93. https://doi.org/10.33474/jipemas.v1i2.1514
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171–187. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Siregar, H.-M., Wahyuni, S., & Ardaka, I. M. (2018). Karakterisasi Morfologi Daun Begonia Alam (Begoniaceae): Prospek Pengembangan Koleksi Tanaman Hias Daun di Kebun Raya Indonesia. Jurnal Biologi Indonesia, 14(2), 201–211. https://doi.org/10.47349/jbi/14022018/201
Siregar, R. S., Subakti, H., Karwanto, Sari, I. N., Purba, S., Susanti, S. S., Tanjung, R., Sakirman, Saftari, M., Siallagan, T., Cecep, H., & Harahap, A. L. (2021). Manajemen Sistem Pembelajaran. ANDI Yogyakarta.
Yani, F., & Darmayanti, E. (2020). Implementasi nilai-nilai pancasila melalui pendidikan pancasila sebagai upaya membangun sikap toleransi pada mahasiswa di universitas potensi utama. Jurnal Lex Justitia, 2(1), 48–58. https://doi.org/10.22303/lex%20justitia.2.1