Implementasi Nilai Karakter melalui Sistem Bercocok Tanaman Hias pada Santri

Authors

  • Diah Dina Aminata Universitas Islam Malang
  • Mohammad Teguh Pambudi Universitas Islam Malang
  • Putri Wahyuni Universitas Islam Malang
  • Yuliana Nurfadilah Universitas Islam Malang
  • Tri Ning Dian Maula Universitas Islam Malang
  • Anggun Miftakhul Jannah Universitas Islam Malang
  • M. Halim Sahil Universitas Islam Malang
  • Ahmad Habiby Efendi Universitas Islam Malang
  • Marwan Romadhon Universitas Islam Malang
  • Muhammad Sufyan Tsauri Universitas Islam Malang
  • Mayongki Samudra Permana Universitas Islam Malang

Abstract

Karakter merupakan salah satu hal penting yang ada dalam kehidupan manusia. Karakter tentunya dapat dibentuk oleh banyak hal, salah satunya yakni pengalaman dan pendidikan. Pendidikan harus mampu merubah setiap targetnya, entah dari segi kognitif, afektif maupun psikomotorik. Madrasah Diniyah Nurunnadhoh adalah salah satu lembaga pendidikan nonformal yang juga mengutamakan tujuan pendidikan tersebut. Implementasi nilai karakter adalah salah satu cara yang dilakukan oleh madrasah ini untuk menciptakan generasi yang beriman dan intelektual. Letak yang strategis untuk menanam menjadikannya efektif untuk tempat bercocok tanaman hias yang mudah dibudidayakan. Bantaran sungai memiliki struktur tanah yang baik dan memiliki unsur tanah yang tinggi. Dalam kegiatan KSM Tematik UNISMA yang kami lakukan di wilayah Kelurahan Madyopuro ini, metode observasi dan pastifipatif kami gunakan dalam setiap kegiatan, khususnya kegiatan bercocok tanaman hias ini. Bercocok tanaman hias sangat tepat dilakukan untuk menumbuhkan kebersamaan dan juga rasa cinta akan makhluk Allah.

References

Abdullah, R. (2015). Urgensi Penilaian Hasil Belajar Berbasis Kelas Mata Pelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah. Lantanida Journal, 3(2), 168–181. https://doi.org/10.22373/lj.v3i2.1657

Asriati, N. (2021). Mengembangkan Karakter Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal melalui Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 3(2), 106–118. https://doi.org/10.26418/j-psh.v3i2.3663

Damayanti, F. (2021). Potensi Pemuliaan Mutasi Radiasi sebagai upaya Peningkatan Variasi Genetik pada Tanaman Hias. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 1(2), 78–84. https://doi.org/10.30998/edubiologia.v1i2.9300

Faruq, Aziz, M. F., & Ruhaena, L. (2022). Individual learning plan sebagai upaya meningkatkan pengaturan diri dalam belajar siswa. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(1), 165–178. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i1.13749

Handayati, W. (2013). Perkembangan pemuliaan mutasi tanaman hias di Indonesia. Jurnal Ilmiah Aplikasi Isotop Dan Radiasi, 9(1), 67–80. https://doi.org/10.17146/jair.2013.9.1.1203

Martino, Y. A., Sulistiowati, E., & Purnomo, Y. (2018). Model Pemberdayaan Santri Ponpes Al-Hidayah Batu Alang Sebagai Kader Kesehatan Berbasis Terapi Herbal. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 1(2), 86–93. https://doi.org/10.33474/jipemas.v1i2.1514

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171–187. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Siregar, H.-M., Wahyuni, S., & Ardaka, I. M. (2018). Karakterisasi Morfologi Daun Begonia Alam (Begoniaceae): Prospek Pengembangan Koleksi Tanaman Hias Daun di Kebun Raya Indonesia. Jurnal Biologi Indonesia, 14(2), 201–211. https://doi.org/10.47349/jbi/14022018/201

Siregar, R. S., Subakti, H., Karwanto, Sari, I. N., Purba, S., Susanti, S. S., Tanjung, R., Sakirman, Saftari, M., Siallagan, T., Cecep, H., & Harahap, A. L. (2021). Manajemen Sistem Pembelajaran. ANDI Yogyakarta.

Yani, F., & Darmayanti, E. (2020). Implementasi nilai-nilai pancasila melalui pendidikan pancasila sebagai upaya membangun sikap toleransi pada mahasiswa di universitas potensi utama. Jurnal Lex Justitia, 2(1), 48–58. https://doi.org/10.22303/lex%20justitia.2.1

Downloads

Published

2023-01-22

How to Cite

Diah Dina Aminata, Mohammad Teguh Pambudi, Putri Wahyuni, Yuliana Nurfadilah, Tri Ning Dian Maula, Anggun Miftakhul Jannah, M. Halim Sahil, Ahmad Habiby Efendi, Marwan Romadhon, Muhammad Sufyan Tsauri, & Mayongki Samudra Permana. (2023). Implementasi Nilai Karakter melalui Sistem Bercocok Tanaman Hias pada Santri. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 3(2), 130–134. Retrieved from https://riset.unisma.ac.id/index.php/JP2M/article/view/19113