Inovasi dan Branding Produk pada UMKM Opak Gambir
Keywords:
UMKM, inovasi produk, branding produk, pemasaranAbstract
UMKM Opak Gambir berada di Desa Bocek Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Opak Gambir menjadi mata pencaharian sebagian warga Bocek, dimana Saat ini Opak Gambir mengalami penurunan penjualan. Latar belakang dari pengabdian ini yaitu karena merosotnya penjualan opak dan kurangnya branding yang dilakukan oleh pelaku usaha. Dengan melakukan beberapa program pengembangan produk kami memberi arahan tentang bagaimana mengembangkan produk lokal, menciptakan inovasi dan branding produk lokal serta pemasaran pada produk UMKM untuk meningkatkan penjualan. Tujuan dari kegiatan ini yaitu membantu pemerintah dan masyarakat setempat dalam mengembangkan produk UMKM dan dapat membantu menciptakan inovasi baru sehingga produk dapat berdaya saing di pasar nasional maupun internasional. Metode yang di gunakan metode observasi , wawancara produksi, sosialisasi, pelatihan, pendampingan dan dokumentasi hasil. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan daya tarik produk dan dapat tumbuh dan berkembang sehingga dapat menciptakan lapangan kerja bagi lingkungan sekitar.
References
Afriyani, Y., & Muhajirin. (2021). Pengaruh Inovasi dan Kreativitas Terhadap Kepuasan Konsumen pada UKM Dina Kelurahan Ntobo. Target : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 79–90. https://doi.org/10.30812/target.v3i1.1175
Alkachvi, M. D. (2018). Pengaruh Kreativitas dan Inovasi Produk terhadap Keberhasilan Usaha (survey pada Pengusaha Sentra Sangkar Burung Sukohaji Bandung). Universitas Komputer Indonesia.
Azzahra, B., & Wibawa, I. G. A. R. P. (2021). Strategi Optimalisasi Standar Kinerja UMKM sebagai Katalis Perekonomian Indonesia dalam Menghadapi Middle Income TRAP 2045. INSPIRE Journal Economic and Development Analysis, 1(1), 75–86. https://ejournal.uksw.edu/inspire/article/view/4856
Balitbang Kabupaten Bulelelng. (2021). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap UMKM di Buleleng. https://balitbang.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/76-dampak-pandemi-covid-19-terhadap-umkm-di-buleleng
Fakhriyyah, D. D., Wulandari, Y., & Kharisma, C. (2020). Sosialisasi digital marketing dan inovasi produk pada ukm gula merah guna mempertahankan ekonomi di masa pandemi covid-19. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(4), 311–317. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i4.8691
Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. GROWTH: Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172. https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/39
Harsanto, B., Mulyana, A., Faisal, Y. A., & Shandy, V. M. (2022). Inovasi lingkungan dan dampak pandemi: Studi kasus pada UMKM makanan dan minuman. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(2), 268–279. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i2.14147
Maleha, N. Y., Saluza, I., & Setiawan, B. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Pendapatan Pedagang Kecil Di Desa Sugih Waras Kec. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(3), 1441–1448. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i3.3476
Merina, N. (2019). Pengertian UKM & UMKM? Bagaimana Menjadi Usaha Kecil Menengah di Indonesia. GOukm.Id. https://goukm.id/apa-itu-ukm-umkm-startup/
Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109–120. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.380
Sari, W. E., Yulianto, Junirianto, E., Franz, A., Karim, S., & Khamidah, I. M. (2021). Video branding untuk promosi usaha mikro kecil menengah (UMKM). Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(1), 10–18. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i1.7174
Sepri, D., & Hidayat, D. (2020). Branding produk memasuki masa new normal. Journal of Digital Communication and Design, 1(1), 13–21.