Implementasi inovasi mahasiswa program kampus mengajar dalam mengurangi learning loss pada siswa selama pandemi covid-19

Authors

  • Yuli Ismi Nahdiyati Ilmi Universitas Islam Malang
  • M. Indra Riamizad Raicudu Universitas Islam Malang
  • Rizky Zulfa Zahrotul Widah Universitas Islam Malang
  • Fadlilatul Luthfiyah Universitas Islam Malang
  • Eka Septyiya Lestari Universitas Islam Malang
  • Rifatul Chusnia Universitas Islam Malang
  • Vina Assakinah Universitas Islam Malang
  • Indah Dwi Suryaningrum Universitas Islam Malang
  • Khusnul Novia Ningrum Universitas Islam Malang
  • Firjon Nurisna Hadi Al Haq Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.19161

Keywords:

inovasi, pembelajaran, learning loss

Abstract

Pandemi covid–19 yang telah melanda dunia menyebabkan masalah pada bidang pendidikan di Indonesia khususnya dalam proses pembelajaran, salah satu permasalahannya adalah learning loss, yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas, Upaya yang dilakukan berupa memberikan ide atau inovasi pada proses pembelajaran berdasarkan pengalaman yang diperoleh mahasiswa. Metode yang digunakan pada kegiatan inovasi mahasiswa kampus yang dilaksanakan pada sekolah dasar sesuai surat keputusan ristekdikti yaitu dengan menggunakan metode deskriptif. Pembelajaran yang dilakukan secara daring adalah pembelajaran berbasis jaringan internet berbantuan aplikasi sebagai media komunikasi, juga sebagai media belajar. Tantangan yang dihadapi selama melakukan pembelajaran daring yaitu kurangnya interaksi antara pendidik dan peserta didik. Program kampus mengajar memberikan dampak positif bagi siswa dan guru pada sekolah terkait, terbukti dari minat belajar siswa meningkat melalui program guru keliling.

References

Abdullah. (2018). Berbagai Metodologi dalam Penelitian Pendidikan dan Manajemen. Gunadarma Ilmu.

Arkiang, F. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 di Daerah 3T (Nusa Tenggara Timur). Jurnal Pendidikan, 12(1), 57–64. https://doi.org/10.31258/jp.12.1.57-64

Budi, S., Utami, I. S., Jannah, R. N., Wulandari, N. L., Ani, N. A., & Saputri, W. (2021). Deteksi Potensi Learning Loss pada Siswa Berkebutuhan Khusus Selama Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Inklusif. Jurnal Basicedu, 5(5), 3607–3613. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1342

Cerelia, J. J., Sitepu, A. A., N, F. A. L., Pratiwi, I. R., Almadevi, M., Farras, M. N., Azzahra, T. S., & Toharudin, T. (2021). Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia. Seminar NASIONAL Statistik, 1–14. http://semnas.statistics.unpad.ac.id/wp-content/uploads/erf_uploads/2021/11/Learning-Loss-Akibat-Pembelajaran-Jarak-Jauh-Selama-Pandemi-Covid-19-di-Indonesia.pdf

Donnelly, R., & Patrinos, H. A. (2022). Learning loss during Covid-19: An early systematic review. PROSPECTS: Comparative Journal of Curriculum, Learning, and Assessment, 51, 601–609. https://doi.org/10.1007/s11125-021-09582-6

Faruq, Aziz, M. F., & Ruhaena, L. (2022). Individual learning plan sebagai upaya meningkatkan pengaturan diri dalam belajar siswa. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(1), 165–178. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i1.13749

Handayani, D., Hadi, D. R., Isbaniah, F., Burhan, E., & Agustin, H. (2020). Penyakit Virus Corona 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40(2), 119–129. https://doi.org/10.36497/jri.v40i2.101

Iriansyah, H. S. (2020). Upaya Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi Putri Hanina 1 , Aiman Faiz 2 , Dewi Yuningsih3. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 1, 1–6. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/840

Lubis, N., Mujib, A., & Sriwahyuni, Y. (2020). Guru Keliling (Guling) Pada Masa Pandemi Covid-19. Integral : Pendidikan Matematika, 11(2), 28–39. https://ojs3.umc.ac.id/index.php/JNR/article/view/1752

Manik, M., & Sinaga, H. (2022). Upaya Mengatasi Learning Loss Selama Pandemi Covid-19 di Daerah Tertinggal. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 2(2), 197–208. https://doi.org/10.30659/jp-sa.v2i2.21231

Muskita, N. S., Ramadhani, V. M., Padidi, A. S., Nurrochmah, D., & Kusumaningtyas, P. (2022). Blended Learning: Solusi Mengatasi Learning Loss dalam Pembelajaran. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(2), 187–195. https://doi.org/10.30998/sap.v7i2.13368

Novita, N., Kejora, M. T. B., & Akil, A. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dalam Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2961–2969. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1070

Putri, T. D., Ramadhani, V. D., Sandani, F. C., Mangkubumi, F., & Rinanti, I. D. (2022). Pengaruh Pelatihan Quantum Learning Untuk Mengatasi Learning Loss Siswa Pasca Pandemi Covid 19. Pusako : Jurnal Pengabdian Psikologi, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.24036/pusako.v1i1.1

Santoso, B., Ardiansyah, A., Pusnita, I., & Havivi, S. L. (2022). Upaya penguatan ketahanan sosial budaya masyarakat melalui literasi digital. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(3), 436–446. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i3.15122

Sari, A. A., & Pawestri, G. P. (2021). Inovasi Pendidikan sebagai Upaya Mitigasi Dampak Learning Loss Akibat Pandemi Covid-19 Pada Siswa Sekolah. Universitas Udayana.

Taqiuddin, R., & Respati, R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Guru Keliling Di Masa Pandemi Covid-19. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(4), 617–628. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v9i4.53981

Downloads

Published

2023-06-08

How to Cite

Ilmi, Y. I. N., Raicudu, M. I. R., Widah, R. Z. Z., Luthfiyah, F., Lestari, E. S., Chusnia, R., Assakinah, V., Suryaningrum, I. D., Ningrum, K. N., & Haq, F. N. H. A. (2023). Implementasi inovasi mahasiswa program kampus mengajar dalam mengurangi learning loss pada siswa selama pandemi covid-19. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(1), 66–73. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.19161