Peningkatan Budaya Literasi dan Numerasi melalui Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar

Authors

  • Nurul Jadid Mubarakati Universitas Islam Malang
  • Atikah Nur Shabrina Razan Dewi Universitas Islam Malang
  • Nahdhiyatun Kamilah Universitas Islam Malang
  • IntanTrixi Fradina Universitas Islam Malang
  • Yulia Kurniasari Universitas Islam Malang
  • Erfa Navadiatul Ula Universitas Islam Malang
  • Shinta Arifiati Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i4.19384

Keywords:

kampus mengajar, literasi, numerasi

Abstract

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dinaungi oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi meluncurkan sebuah program yaitu Kampus Mengajar. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa di seluruh Indonesia untuk belajar menjadi mitra guru yang berfokus pada peningkatan budaya literasi dan numerasi siswa di sekolah sasaran. Mahasiswa berkontribusi secara langsung dengan menyalurkan seluruh kreativitas dan inovasinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu menjabarkan kegiatan dalam rangka peningkatan budaya literasi dan numerasi pada peserta didik sekolah dasar melalui program Kampus Mengajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan siswa sekolah dasar dan guru. Terdapat tiga tahap dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian ini. Pertama, persiapan yaitu penulis melakukan pembekalan dan observasi di sekolah penempatan. Kedua, pelaksanaan peningkatan literasi dan numerasi pada peserta didik. Terakhir yaitu analisis hasil dari pelaksanaan kegiatan pengabdian. Hasil dari pengabdian ini yaitu mampu memberikan dampak positif khusus nya dalam literasi dan numerasi peserta didik melalui berbagai kegiatan seperti pembiasaan membaca pagi, pengadaan dan penataan pojok literasi, serta belajar penjumlahan, pengulangan, perkalian dan pembagian dengan cara yang menyenangkan Seluruh elemen masyarakat sekolah memberikan respon yang sangat positif dalam kegiatan Kampus Mengajar.

References

Abidin, Yunus, Tita Mulyati, Hana Yunansah. (2017). Pembelajaran literasi strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Arum Nisma Wulanjani, & Candradewi Wahyu Anggraeni. (2019). Meningkatkan minat membaca melalui gerakan literasi membaca bagi siswa sekolah dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4

Farahiba, A. S. (2022, September). Pengembangan gerakan literasi pondok berbasis pondok pesantren di yayasan pendidikan islam (YASPI) pondok pesantren sumber bungur pakong pamekasan. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat (SINAPMAS).

Masruroh, F., & Ramiati, E. (2022). Pembentukan karakter gemar membaca pada anak usia dini melalui media buku cerita bergambar. INCARE, International Journal of Educational Resources, 2(6), 576-585.

Naibaho, T. (2022). Penguatan literasi dan numerasi untuk mendukung profil pelajar pancasila sebagai inovasi pembelajaran matematika. Sepren.

Putri, F. S. (2022). Pengembangan media pembelajaran aplikasi multimedia guna meningkatkan minat literasi dan numerasi belajar online peserta didik sekolah dasar: Pengembangan media pembelajaran aplikasi multimedia guna meningkatkan minat literasi dan numerasi belajar online peserta didik sekolah dasar. Jurnal Pendidikan. 22(2): 155–161

Rachman, B. A., Firdaus, F. S., Nurul Lailatul Mufidah, Halimatus Sadiyah, & Ifit Novita Sari. (2021). Peningkatan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik melalui program kampus mengajar angkatan 2. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535-1541. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8589

Rahim, F. (2008). Pengajaran membaca di sekolah dasar.[15] Jakarta: Bumi Aksara. Bumi aksara.

Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran literasi dalam meningkatkan minat baca siswa di sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 230–237. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237

Rosyidah, A. N. K., Affandi, L. H., Erfan, M., Oktaviyanti, I., Maulyda, M. A., & Hamdani, I. (2021). Pengentasan buta aksara berbasis pendekatan “semua anak cerdas” untuk guru SD. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(3), 362–377. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i3.10884

Sanjaya, W. (2010). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Kencana Prenada Media Group.

Teguh, M. (2020). Gerakan literasi sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 1-9.

Downloads

Published

2023-05-04

How to Cite

Mubarakati, N. J., Dewi, A. N. S. R., Kamilah, N., Fradina, I., Kurniasari, Y., Ula, E. N., & Arifiati, S. (2023). Peningkatan Budaya Literasi dan Numerasi melalui Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 3(4), 270–276. https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i4.19384