Pengembangan UMKM melalui Pentingnya Sebuah Brand dan Mengoptimalkan Penjualan Online
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i4.19465Keywords:
UMKM, brand, penjualan onlineAbstract
Desa Sumberpitu merupakan salah satu desa yang terdapat di Kecamatan Tutur. Masyarakat Desa Sumberpitu memiliki mata pencaharian yang hampir merata di sektor wirausaha, pertanian, perkebunan, dan pertenakan. Adapun sebagian produk-produk yang dihasilkan yakni Susu dan kopi bubuk. Permasalahan yang dialami oleh masyarakat yang berwirausaha berupa kurangnya pengetahuan dan pemahaman serta akses untuk mempromosikan produk–produk tersebut menggunakan media social, sehingga mengakibatkan penjualan yang dilakukan oleh para wirausahawan kurang berkembang dan penghasilan masyarakat tidak bisa maksimal. Untuk mengatasi hal tersebut pemerintah daerah setempat dapat meningkatkan potensi wirausaha masyarakat Desa Sumberpitu melalui kebijakan mikro dan budaya, penyediaan fasilitas, memberikan pendidikan serta pembelajaran dan pengetahuan kepada masyarakat Desa Sumberpitu. Pemerintah daerah juga perlu dan harus memberikan perhatian lebih kepada para wirausahawan agar dapat menggunakan media sosial sebagai media pemasaran sehingga dapat mengekspansi pasar lebih luas, tidak hanya di sekitar desa namun bisa ke luar daerah dan pada akhirnya akan membantu perekonomian masyarakat Desa sumberpitu.
References
Abimbola, T. (2001). Branding as a Competitive Strategy for Demand Management in SMEs. Journal of Research in Marketing and Entrepreneurship, 3(2), 97–106. https://doi.org/10.1108/14715200180001480
Ardiyanto, A. (2018). Analisis Penggunaan Media Sosial Dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Kemasan Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
Bastomi, M., & Musodikin, I. (2021). Pemanfaatan Sosial Media Sebagai Media Pemasaran Online Produk Batu Batako. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaa Masyarakat (JP2M), 2(2), 90–95. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i2.10464
Davis, M. (2017). The Fundamentals of Branding. Bloomsbury Publishing.
Fakhriyyah, D. D., Sholihatun, & Afifah, Z. (2021). Sosialisasi pembuatan pupuk organik cair dan penerapan pemasaran produk umkm melalui media sosial di era covid-19. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaa Masyarakat (JP2M), 2(4), 337–342. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i4.13210
Febrian, A., Lina, L. F., Safitri, V. A. D., & Mulyanto, A. (2021). Pemasaran digital dengan memanfaatkan landing page pada perusahaan start-up. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(3). https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i3.10103
Handayani, D. (2019). Implementasi peraturan tentang merek di Kelurahan Sambung Jawa Makassar. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 2(2), 139–149. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i2.4459
Kotler, P., & Keller, L. (2007). Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua Belas. PT. Indeks.
Nurpratama, M., & Anwar, S. (2020). Penerapan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Karangmalang Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu. Jurnal Investasi, 6(2), 87–102. https://doi.org/10.31943/investasi.v6i2.83
Rizal, M., Laila, A. N., Ali, N., Rohmah, N., Maula, M. H. N., & Waasiah, R. (2021). Sosialisasi digital marketing bagi pelaku umkm di desa. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(4), 287–293. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i4.13569
Sari, J., Mildawati, T., Yahya, & Kurnia. (2022). Pemanfaatan aplikasi keuangan digital untuk mewujudkan UKM handal. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(2), 210–220. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i2.13976
Sari, W. E., Yulianto, Junirianto, E., Franz, A., Karim, S., & Khamidah, I. M. (2021). Video branding untuk promosi usaha mikro kecil menengah (UMKM). Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(1), 10–18. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i1.7174
Yazirin, C., Zuhair, A. J., Aisyaturradiah, Chusna, A. U., Zuhrah, B., Pradana, D. A., Ismawati, Junaidi, Anjaliati, L., Basyar, M. K., Andriyani, N., & Mahmudah, W. R. (2022). Re-Branding Produk Unggulan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Pembelajaran Pemberdayaa Masyarakat (JP2M), 3(1), 51–55. https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i1.16173
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mohammad Rizal, Hanis Putri Kurnia Wati, Ahmad Ilyas Itsnaini, Efriza Fahmi Triyoga, Bayu Wicaksono, Firda Ediningsih, Habib Husnul Khuluq, Khoirul Anam, Khofifah Indria Novitasari, Mochammad Zainul Arifin, Rika Indriyati, Titin Kurniatin, Fajar Wahfiudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.