Peningkatan Kesejahteraan Keluarga Melalui Pemberdayaan Masyarakat dengan Usaha Ternak Kambing Pedaging Unggul BoerPE
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i4.19644Keywords:
kambing boerPE, kesejahteraan keluarga, pedaging unggulAbstract
Tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan kesejahteraan keluarga, memfasilitasi masyarakat yang ingin berwirausaha, dan mendorong perkembangan budaya pemanfaatan hasil riset dan kreativitas Dosen Universitas Islam Malang untuk masyarakat. Metode yang digunakan adalah penyuluhan dan praktik pada karang taruna Desa Wringinanom, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Praktek secara langsung mengenai beternak kambing BoerPE dan pembuatan pakan complete feed, sedangkan penyuluhan meliputi: pemeliharaan kambing BoerPE, pembuatan smart kandang kambing, pembuatan pakan complete feed, kesehatan dan penyakit kambing, reproduksi kambing, dan kiat-kiat pemasaran online menggunakan sosial media seperti facebook, Instagram, whatsapp, dan marketplace. Peningkatan kesejahteraan keluarga dilakukan dengan pemberian kambing BoerPE kepada mitra karang taruna Desa Wringinanom Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang, pembuatan smart kandang kambing, pemberian pakan, dan peralatan ternak. Kambing BoerPE memiliki keistimewaan sebagai pedaging unggul, sehingga masyarakat Desa Wringinanom dapat beternak kambing BoerPE. Penggunaan sistem bergulir indukan kambing BoerPE dari mitra PkM ke masyarakat Desa Wringinanom setelah melakukan pemeliharaan selama dua tahun atau tiga kali beranak. Secara ekonomi keuntungan pemeliharaan kambing BoerPE lebih tinggi dibandingkan dengan kambing lokal, sehingga keberlanjutan usaha pada peternak kambing BoerPE dan masyarakat akan meningkatkan kesejahteraan keluarga dan menumbuhkan sikap mental wirausaha pada masyarakat Desa Wringinanom, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.
References
Aprilia, L., Cyrilla, L., & Burhanuddin, &. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Ternak Berbasis E-Commerce di PT X Analysis of E-Commerce Based Livestock Marketing Strategies at PT X. Oktober, 06(3), 121–129.
Askandar, N. S., & Susyanti, J. (2018). Wirausaha saja! : menjadi pribadi mandiri dimulai dari usaha sendiri (Alwi Kosasih (ed.)). Esensi Erlangga Group.
Dewi, R., & Wardoyo, I. (2018). Keunggulan Relatif Kambing Persilangan Boer Dan Kacang. Jurnal Ternak, 9(1), 13. https://doi.org/10.30736/ternak.v9i1.26
Farid, Kentjonowaty, Mudawamah, Jaya, D. (2017). Pengembangan Model Crossbreed Kambing Unggul dan Evaluasi Produksi, Reproduksi New Breed Sebagai New Stocks Breeding Centre Tahun I.
Farid, Kentjonowaty, Susilowati, Jaya, D. (2019). Pengembangan Model Crossbreed Kambing Unggul dan Evaluasi Produksi, Reproduksi New Breed Sebagai New Stocks Breeding Centre Tahun III.
Humaidah, N., Suryanto, D., & Kentjonowaty, I. (2020). BoerPE Goat Blood Profile as Indicators of Crossbreeding Resistance. Jurnal Ternak, 11(2). https://doi.org/10.30736/jt.v11i2.76
I. U. N. Ilmi, B. T. E. dan A. S. (2014). Penggunaan Internet Pada Usaha Peternakan Rakyat: Studi Kasus Pada Usaha Peternakan Kambing Barokah Gunungpati Dan Peternakan Kelinci Hias Meteseh Kota Semarang. Animal Agriculture Journal, 2(1), 1–10.
Kentjonowaty, Wadjdi, dan S. (2021). Kambing BoerPE. (Patent No. Sertifikat Meret IDM000856566.). Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.
Maesya, A., & Rusdiana, S. (2018). Prospek Pengembangan Usaha Ternak Kambing dan Memacu Peningkatan Ekonomi Peternak. Agriekonomika, 7(2), 135. https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v7i2.4459
Rusdiana, S., & Sutedi, E. (2016). Analisis Ekonomi Usaha Tanaman Pangan dan Kambing Kosta di Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang, Banten. Buletin Peternakan, 40(3), 228. https://doi.org/10.21059/buletinpeternak.v40i3.12815
Susyanti, J. (2020). Development Strategy of Startupreneur for Creative Economic Business Activities to Improve Local Tourism. 115(27), 422–429.
Susyanti, J., & Helmi, Y. (2019). EKONOMI KREATIF BERBASIS STRATEGI DIGITAL MARKETING (1st ed.).
Wajo, M. J., Pakage, S., & Anjelus, D. (2020). POTENSI PENGEMBANGAN TERNAK KAMBING POTENTIAL DEVELOPMENT of GOAT. 1(2), 71–80.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Inggit Kentjonowaty, Jeni Susyanti, Lia Nur Atiqoh, Slamet Muchsin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.