Capacity building bagi guru sekolah dasar untuk mewujudkan sekolah inklusi yang humanis

Authors

  • Hamidaturrohmah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Santi Andriyani Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Erna Zumrotun Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Muh Muhaimin Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.19850

Keywords:

guru, sekolah inklusi, humanis

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membangun kapasitas guru sekolah dasar dalam mengimplementasikan sekolah inklusi yang humanis di Kabupaten Jepara. Mitra pengabdian ini adalah Disdikpora Kabupaten Jepara bidang SD dengan subjek sasaran mitra yaitu guru dari sekolah dasar yang menjadi pilot project sekolah inklusi di Kabupaten Jepara. PKM ini menggunakan metode service learning dengan teknis pelaksanaan meliputi tahap sosialisasi, tahap pelatihan, tahap pendampingan, dan tahap evaluasi. Kegiatan ini bertempat di Aula Disdikpora Kabupaten Jepara. Hasil PKM menunjukkan bahwa mitra memiliki persepsi yang sama tentang sekolah inklusi, memahami materi yang disampaikan meliputi manajemen sekolah inklusi, manajemen kelas inklusi, kurikulum sekolah inklusi, perencanaan pembelajaran individu dan strategi pendampingan bagi siswa berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklusi. Selama kegiatan sosialisasi, guru aktif bertanya dan berbagi pertanyaan terkait kondisi siswa di sekolah masing-masing. Pada tahap pelatihan, guru mempraktikkan proses penilaian siswa, membuat rencana pembelajaran individual bagi siswa berkebutuhan khusus di sekolah masing-masing peserta. Selanjutnya tahap pendampingan dilaksanakan dengan mendemonstrasikan beberapa strategi pendampingan yang disesuaikan dengan jenis karakteristik siswa berkebutuhan khusus. Tahap evaluasi dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui google form untuk melihat keberhasilan mitra. Keberhasilan PKM ini berdasarkan hasil kuesioner sebesar 80% sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan dan pendampingan ini sangat bermanfaat bagi mitra dalam menerapkan sekolah inklusi yang humanis. Kegiatan pengabdian ini juga memperkaya wawasan dan pemahaman guru tentang karakteristik anak berkebutuhan khusus sehingga dapat dijadikan modal dalam mendampingi anak mencapai potensi yang optimal.

References

Aktifa, N. F. (2021). Pengaruh Pelatihan terhadap Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Aktivitas Motorik Halus. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 14(2), 159–165. https://doi.org/10.48144/jiks.v14i2.599

Hamidaturrohmah. (2020). Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Siswa Berkebutuhan Khusus Di SD Inklusi Era Pandemi Covid19. Elementary Journal Islamic Teacher, 8(2), 247–278. http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v8i2.7907

Hidayati. (2019). Pendidikan Inklusi dan Anak Berkebutuhan Khusus. Samudra Biru.

Ilahi, M. T. (2017). Pendidikan Inklusif: Konsep dan Aplikasi. Ar Ruzz Media.

Jauhari. (2017). Pendidikan Inklusi Sebagai Alternatif Solusi Mengatasi Permasalahan Sosial Anak Penyandang Disabilitas. Ijtimaiya: Journal of Social Science Teaching, 1(1), 23–38. https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3099

Lazar, F. L. (2020). Pentingnya Pendidikan Inklusif bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 12(2), 99–115. https://doi.org/10.36928/jpkm.v12i2.512

Musfira & Karlina. (2022). Pengaruh Pelatihan Kompetensi Tenaga Pendidik Pendidikan Inklusif Terhadap Kinerja Guru Dalam Menyelenggarakan Pendidikan Inklusif Di SMPN 30 Bandung. JANE: Jurnal Administrasi Negara, 13(2), 185–194. https://doi.org/10.24198/jane.v13i2.28703

Nikmah, N. U. H. (2022). Problematikan Peenyelenggara Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar. Jurnal On Teacher Education, 3(3), 1–10. https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4823

Setyowati, E., & P. A. (2018). Service Learning: Mengintegrasikan Tujuan Akademik Dan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat. Bakti Budaya, 1(2), 143–152. https://doi.org/10.22146/bb.41076

Srinugraheni. (2016). Pengembangan Buku Pedoman Manajemen Mutu Pengelolaan Pendidikan Islam Inklusi di Madrasah Se-DIY. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 43–58. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50038

Downloads

Published

2023-06-17

How to Cite

Hamidaturrohmah, Andriyani, S., Zumrotun, E., & Muhaimin, M. (2023). Capacity building bagi guru sekolah dasar untuk mewujudkan sekolah inklusi yang humanis. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(1), 117–125. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.19850