Pengembangan desain logo dan kemasan untuk meningkatkan daya saing usaha kecil menengah

Authors

  • Sholikha Oktavi Khalifaturofi'ah Universitas Hayam Wuruk Perbanas
  • Larasati Ayu Sekarsari Universitas Hayam Wuruk Perbanas
  • Faizatul Hiqmah Universitas Hayam Wuruk Perbanas
  • Miftahul Adi Suminto
  • Yudha Delonix Renzina Universitas Hayam Wuruk Perbanas
  • Achmad Saiful Ulum Universitas Hayam Wuruk Perbanas

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.19865

Keywords:

pendampingan, ukm, bluder, desain logo dan kemasan

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan pada UKM Bluder Aisha 99. UKM ini telah berdiri sejak tahun 2000an. Awal mulanya UKM ini memproduksi beberapa jenis kue dan akhirnya mulai fokus ke bluder. Sejak fokus di usaha bluder, mitra menghadapi beberapa kendala. Diantaranya adalah kue bluder belum banyak dikenal oleh masyarakat sehingga banyak kue bluder yang kembali akibat tidak terjual. Selain itu, saluran pemasaran yang dilakukan UKM hanya berkisar ke pemasaran tradisional dan belum merambah ke digital marketing. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan desain logo dan kemasan untuk meningkatkan daya saing UKM bluder Aisha 99. Metode yang dilakukan adalah dengan participatory learning and action (PLA) yang memiliki ciri-ciri sosialisasi, diskusi, dan praktik secara langsung. Hasil pengabdian masyarakat adalah pendekatan PLA ini berlangsung dengan baik. Dari pengabdan ini diperoleh desain stiker, kartu nama digital untuk whatsapp bisnis, dan banner yang menarik sebagai salah satu solusi respon pasar yang kurang. Hasil yang mitra rasakan adalah terdapat peningkatan dalam hal pesanan kue bluder dan respon pasar terhadap kue bluder membaik. Dapat disimpulkan bahwa desain logo dan kemasan berpengaruh terhadap daya beli konsumen.

References

Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, Kadir, N. A., Junaid, S., Nur, S., Ayu, R. D., Parmitasari, Nurdiyanah, Wahyudi, J., & Wahid, M. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (Suwendi, A. Basir, & J. Wahyudi (eds.)). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI. https://pendispress.kemenag.go.id/index.php/ppress/catalog/book/19

Agustina, R., Dwanoko, Y. S., & Suprianto, D. (2021). Pelatihan Desain Logo Dan Kemasan Produk UMKM di Wilayah Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks “Soliditas” (J-Solid), 4(1), 69. https://doi.org/10.31328/js.v4i1.1732

Ainun, N., Maming, R., & Wahida, A. (2023). Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada Umkm. Jesya, 6(1), 674–681. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.967

Andamisari, D. (2021). Penggunaan Status Whatsapp Sebagai Digital Marketing Warga Kecamatan Medan Satria Bekasi di Era New Normal. LUGAS Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 66–72. https://doi.org/10.31334/lugas.v5i1.1559

Christianingrum, Saputra, D., Yusuf, & Ulyana, D. (2021). Pelatihan Pembuatan Design Logo Sebagai Upaya Menanamkan Kesadaran Merek Bagi Pelaku UMKM di Kecamatan Air Itam. Ikraith - Abdimas, 4(1), 74–80. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/view/883

Dakdakur, P., Thania, M. N., Kencana, H., Sari, Y., & I, U. P. I. Y. A. (2022). Pendampingan dan Pelatihan Komunikasi Pemasaran Digital Kecamatan Duren Sawit , Jakarta Timur. Ikraith-Abdimas, 5(3), 64–71. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v5i3.2177

Destrina, A. A., Lukyanto, G. C., Dewanti, M. C., & Aminah, S. (2022). Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada UMKM Rajutan BKL Bismo. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 1473–1478.

Fakhriyyah, D. D., Susanti, Y., & Laili, S. S. (2022). Pengembangan Inovasi Produk dan Penggunaan Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Penjualan UMKM Makanan. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 3(1), 9–16. https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i1.13198

Juniawan, F. P., Sujono, Sylfania, D. Y., & Hamidah. (2023). Pembuatan Desain Kemasan Produk untuk Pemberdayaan Industri Rumah Tangga dengan Metode Participatory Learning and Action. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 11–20. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v7i1.3851

Khalifaturofi’ah, S. O., Adiba, E. M., & Nasution, Z. (2021). Pelatihan Operasional Perbankan Syariah Bagi Kspps Bmt Peniti Kahuripan Muliya. Jurnal Terapan Abdimas, 6(2), 167. https://doi.org/10.25273/jta.v6i2.8354

Marsono, S., & Nawangsasi, E. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Pasar Tradisional Di Kota Surakarta. ProBank: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan, 4(1), 63–75. https://doi.org/10.36587/probank.v3i2.380

Mawar, M., Rahman, A., Purbaningrum, D. G., & Ramadhan, G. (2022). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah yang Terkena Dampak Pandemi Covid-19 Berbasis Modal Sosial di Kelurahan Pondok Pucung Kota Tangerang Selatan. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 691. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i2.5320

Ningsih, A., Amelia, D., Hurnis, D., Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi, I., & Ahmad Yani No, J. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Dengan Menggunakan Konten Dalam Aplikasi Tiktok Untuk Memasarkan Produk UKM Kerupuk Kamang. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 5(1), 288–294.

Pratiwi, A. R. (2022). Pendampingan Pelatihan Aplikasi Media Sosial Di Masa Pandemi Covid 19 Pada Batik Av Production. Jurnal Pengabdian Teknologi Tepat Guna, 3(1), 74–83. https://doi.org/10.47942/jpttg.v3i1.831

Purwaamijaya, B. M., Herdiana, O., Prehanto, A., & Maesaroh, S. S. (2022). Pelatihan Optimalisasi Pemasaran Produk UMKM Melalui Sosial Media Tiktok. JILPI: Jurnal Ilmiah Pengabdian Dan Inovasi, 1(2), 133–140. https://journal.ikmedia.id/index.php/jilpi/article/view/37

Ramadhayanti, A., Asmadi, I., Zahra, & Yulianah. (2021). Pelatihan Pengenalan dan Pemanfaatan Media Sosial Untuk Meningkatkan Penjualan Hasil Hidroponik Karang Taruna dan Warga RW 03 Desa Sumber Jaya , Kecamatan Tambun Selatan , Kabupaten Bekasi. Jurnal Abdimas Peradaban, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.54783/ap.v2i2.1

Saktry, N. H., & Chandra, D. T. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Cokro Group Di Masa Pandemi. Jurnal Komunikasi Massa, 3(2), 1–17.

Sedyastuti, K. (2018). Analisis Pemberdayaan UMKM Dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117–127. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v2i1.65

Sidauruk, K. N. (2021). Pemanfaatan Media Sosial TIKTOK sebagai Media Promosi Baru. Ilmu Komunikasi.

Suhendar, D., & Suhardi, D. (2018). Optimalisasi Pengelolaan Usaha Kecil Menengah (Ukm) Kerupuk Dorokdok Desa Cibingbin Kecamatan Cibingbin, Kabupaten Kuningan. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(02), 45–52. https://doi.org/10.25134/empowerment.v1i02.1573

Wibowo, T., & Yudi. (2021). Studi Penetrasi Aplikasi Media Sosial Tik-Tok Sebagai Media Pemasaran Digital : Studi Kasus Kota Batam. Conference on Business, Social Sciences and Technology (CoNeScINTech), 1(1), 662–669. https://journal.uib.ac.id/index.php/conescintech/article/view/5929

Downloads

Published

2023-06-24

How to Cite

Khalifaturofi’ah, S. O., Ayu Sekarsari, L., Hiqmah, F., Adi Suminto , M., Delonix Renzina, Y., & Ulum, A. S. (2023). Pengembangan desain logo dan kemasan untuk meningkatkan daya saing usaha kecil menengah. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(1), 153–164. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.19865