Pengoptimalan kemampuan evaluasi guru bahasa indonesia di era 5.0

Authors

  • Yeti Mulyati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Andoyo Sastromiharjo Universitas Pendidikan Indonesia
  • Vismaia S. Damaianti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dedi Saputra Universitas Pendidikan Indonesia
  • Wulan Handayani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Eka Nurul Mualimah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Abdul Latif Universitas Pendidikan Indonesia
  • Zulfikar Alamsyah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.19899

Keywords:

evaluasi, pembelajaran, bahasa, indonesia, guru, SMA

Abstract

Pembelajaran adalah hal yang kompleks, oleh karenanya diperlukan kemampuan yang optimal sebagai seorang pendidik. Namun, realitanya masih ada beberapa hal yang menjadi hambatan tersendiri bagi guru salah satunya adalah mengevaluasi suatu pembelajaran. Evaluasi disalah artikan sebagai hasil akhir dari suatu pembelajaran. hal tersebutlah yang menjadi landasan penelitian ini dilakukan. Tujuan dari penelitian ini yaitu dalam rangka pengoptimalan evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia pada tingkat SMA melalui program pengabdian kepada masyarakat di kabupaten Garut pada era 5.0. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Participatory Action Research (PAR) yang melibatkan guru Bahasa Indonesia yang terhimpun dalam MGMP Se kabupaten Garut. Terdapat tiga tahapan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian ini. Pertama, peneliti mengobservasi tentang apa saja yang menjadi hambatan yang dihadapi guru ketika melakukan evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah melalui angket. Kedua, pelaksanaan pengoptimalan evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia pada tingkat SMA dengan menghadirkan penyaji yang akan menjelaskan tahapan serta apa saja yang harus dilakukan dalam melakukan evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia. Terakhir yaitu analisis hasil dari pelaksanaan kegiatan pengabdian. Hasil dari pengabdian ini yaitu mampu memberikan dampak positif terhadap pengoptimalan evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia oleh guru di Kabupaten Garut. Guru sudah mengenal tahapan dari setiap evaluasi mulai dari evaluasi awal, evaluasi proses hingga evaluasi akhir. Guru juga lebih mengerti selain mengedepankan aspek kognitif, aspek afektif tidak dapat juga diacuhkan. Penyeimbangan antara kognitif dan afektif adalah cara terbaik agar evaluasi bisa berjalan secara optimal.

References

Azis, A. A., Novia Arifin, A., & Daud, F. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Digital ISpring bagi Guru Sekolah Menengah kabupaten Gowa. SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.35580/smart.v1i1.24431

Hastuti, I. T. (2021). Pembelajaran PKN dengan Memanfaatkan Aplikasi Quizizz di Tengah Pandemi Covid 19. EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran, 1(3), 99–106. https://doi.org/10.51878/educational.v1i3.370

Kamar, E. M. (2018). Pengembangan Perangkat Evaluasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Pada Anak Tk Islam Al Markaz Al Islami Kelompok B Makassar. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(2), 92. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i2.5642

Lutfi, L., Susesno, M., & Setiadi, S. (2021). Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Bahasa Indonesia di Masa Pandemik Pada Mahasiswa PGSD. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2). https://doi.org/10.31949/jee.v4i2.3319

Merentek, T, C., Rotty, V, N, J., Usoh, E., & Samuel, H. (2022). Penggunaan Quizizz Dalam Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Kuliah BahasaIndonesia di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Tomohon. Celebes Education Journal, 4(2), 101–109. https://doi.org/10.37541/

Sartika, D., Tahmir, S., & Mulbar, U. (2017). Penggunaan Dwibahasa (Bahasa Indonesia-Bahasa Konjo) pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Sainsmat, 6(1), 82–94. https://doi.org/10.35580/sainsmat6164592017

Setiawan, H. R., Harfiani, R., Sormin, D., & Darwis, M. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Digital sebagai Media Evaluasi Pembelajaran di MTs Muhammadiyah 15 Medan. MARTABE: JUrnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 347–357. https://doi.org/10.31604/jpm.v6i1.347-357

Suri, A. (2021). Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV SD Negeri. Universitas Lampung.

Wibisana, G. (2021). Penerapan Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru pada Pembelajaran Jarak Jauh di SMP Negeri 3 Ngrambe. EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran, 1(3), 114–121. https://doi.org/10.51878/educational.v1i3.377

Yuliarti, Riansi, E. S., Sultoni, A., Sohnui, S., & Sumarwati. (2021). Evaluasi Program Model CIPP pada Proses Pembelajaran MKU Bahasa Indonesia. Jurnal Membaca Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 169–178. https://doi.org/10.30870/jmbsi.v6i2.13005

Zuchdi, D. (1997). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Secara Holistik. Cakrawala Pendidikan, 1(1), 59–70. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.9226

Downloads

Published

2023-06-12

How to Cite

Mulyati, Y., Sastromiharjo, A., Damaianti, V. S., Saputra, D., Handayani, W., Mualimah, E. N., Latif, A., & Alamsyah, Z. (2023). Pengoptimalan kemampuan evaluasi guru bahasa indonesia di era 5.0. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(1), 74–81. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.19899