Inovasi pembuatan kreasi olahan makanan "Peyek Sedaer"
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.19908Keywords:
UMKM, kuliner, pemasaranAbstract
UMKM memiliki peranan sangat penting dalam perekonomian Negara, karena sektor UMKM adalah penyumbang terbesar bagi PDB, paling banyak menyerap tenaga kerja, serta relative tahan terhadap krisis keuangan.Pada masa krisis ekonomi hebat tahun 1988, banyak perusahaan-perusahaan besar tumbang, namun sector UMKM banyak yang tetap bertahan.Aktivitas roda ekonomi dari UMKM di Indonesia justru menjadi penyelamat Negara yang sedang terpuruk. Salah satu jenis UMKM yang tidak akan hilang sampai kapanpun adalah usaha kuliner. Selama pandemi, kuliner tergolong sektor yang berdampak moderat bagi para pelaku kuliner yang memiliki gerai makanan karena pembatasan mobilitas dan upaya mengurangi kerumunan membuat restoran-restoran harus ditutup sementara. Pemasaran merupakan ujung tombak dalam sebuah bisnis, karena aktivitas pemasaran merupakan penentu penjualan. Untuk memasarkan sebuah produk diperlukan cara yang baik dan kreatif. antara lain : Penjualan Langsung, Media yang Diperoleh, Tempat Pembelian, Pemasaran Internet. Adapun tujuan tersebut.untuk membantu para petani selada air mengelola dari hasil bahan tersebut menjadi sesuatu yang dapat diminati oleh kalangan banyak orang,terutama para wisatawan. Adapun tujuan tersebut.untuk membantu para petani selada air mengelola dari hasil bahan tersebut menjadi sesuatu yang dapat diminati oleh kalangan banyak orang,terutama para wisatawan.
References
Abidin, Z., Rohman, M., Saepuddin, A., Tjiptady, B. C., & Zamzami, R. A. (2021). Pelatihan Pembuatan Mie Sehat dari Selada Air di Desa Poncokusumo Kabupaten Malang. Abdimas Dewantara, 4(1), 17–22. https://doi.org/10.30738/ad.v4i1.7195
Apriliawan, H., Wangi, P. A. S., Khoiriya, N. M., Safitri, A., Panghesti, E. Y. M. N., & Muchibbudin, M. (2022). Pengolahan Jus Wortel-Nanas Upaya Peningkatan Gizi Keluargadengan Konsep Zero Waste. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 92–97. https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i2.18411
Mangantar, M., Dan, A., & Baramuli, D. N. (2016). Usaha Mikro Makanan Tradisional Di Kelurahan Dendengan Dalam Kota Manado Tentang Manajemen Modal Kerja. Jurnal LPPMBidang EkoSosBudKum, 3 Nomor 1, 80–91.
Miranti, M. G., Astuti, N., & Handajani, S. (2018). Pembuatan Kue Kering Berbasis Kearifan Lokal Di Kecamaan Brondong-Lamongan (Kajian Respon Pelatihan). Jurnal ABDI, 3(2), 102. https://doi.org/10.26740/ja.v3n2.p102-107
Nurmala, N., Sinari, T., Lilianti, E., Jusmany, J., Emilda, E., Arifin, A., & Novalia, N. (2022). Usaha Kuliner Sebagai Penggerak Umkm Pada Masa Pandemi Covid 19. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 3(1), 65–74. https://doi.org/10.36908/akm.v3i1.458
Priyo Nugroho, A., & Rahman, A. (2022). Digitalisasi dan Keberlangsungan UMKM Kuliner Halal Selama Pandemi Covid-19 Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia 2). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(02), 1654–1660.
Wahyuningsih, S., & Satriani, D. (2019). Pendekatan Ekonomi Kreatif Terhadap Pertumbuhan Ekonomi. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 195–205. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i2.172
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Arief Ardiansyah, Rakhmad Galih Afandi, Yuni Nazirah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.