Poker logaritma (pokema) sebagai media belajar memahami logaritma
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.19941Keywords:
logaritma, media pembelajaran, pokemaAbstract
Permasalahan yang dihadapi siswa pada materi logaritma yaitu siswa kurang memahami sifat-sifat logaritma untuk menyelesaikan soal logaritma sehingga diperlukan media agar mempermudah siswa mempelajari materi tersebut. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan belajar logaritma kepada siswa dengan menggunakan media Pokema. Media Pokema merupakan media pembelajaran matematika yang terdiri dari petunjuk penggunaan, materi logaritma, kartu-kartu berisi soal-soal logaritma dan kunci jawaban. Peserta kegiatan ini adalah siswa MA Tholabudin Masin berjumlah 20 orang. Pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode Service Learning yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap investigasi dan perencanaan, tindakan, refleksi, dan demontrasi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini yaitu rata-rata kemampuan siswa pada materi logaritma berbeda sebelum dan sesudah diberikan pendampingan. Selain itu sebanyak 85% siswa berpendapat media pokema menarik minat siswa untuk belajar logaritma.
References
Baro, M. T., Wena, I. M., & Noviyanti, P. L. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Logaritma Berdasarkan Prosedur Newman untuk Siswa Kelas X MIPA 8 SMAN 5 Denpasar. Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Matematika, 1(1), 54–64. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i1.870
Fadhilatullathifi, Z. N., Ardiyanto, B., Rahayu, D. D., Almukholani, T., Rinayah, I., & Rahmawati, F. (2020). Four-Tier Diagnostic Test Method to Identify Conceptual Understanding in Calculus. Journal of Physics: Confrence Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012075
Gunadi, F. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Domino untuk Mencapai Target Hasil Belajar Trinometri. Mathline, 3(1), 89–100. https://doi.org/10.31943/mathline.v3i1.86
Gunawan, M. S., & Fitra, D. (2021). Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal-soal Eksponen dan Logaritma. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 257–268. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.875
Hananta, F. I., & Ratu, N. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Logaritma. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia (JPMI), 4(1), 29–35. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.900
Hayati, I. N. (2018). Analisis kesulitan siswa sma negeri 1 kedungwuni materi logaritma. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 8(2), 115–124. https://doi.org/10.20961/jmme.v8i2.25844
Indapitasari, N. (2021). Penggunaan Kartu Domino untuk Meningkatkan Hasil Belajar Logaritma. Teahing : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(4), 259–265. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i4.753
Kosasih, U., Sabila, N. W., & Saefuloh, N. A. (2022). Desain Pembelajaran Logaritma Berbasis Permainan Matematika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(1), 46–56. https://doi.org/10.37058/jarme.v4i1.4069
Panjaitan, D. J., & Indriani. (2020). Media Kartu Domino Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Pada Materi Logaritma. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(2), 17–25. https://doi.org/10.54314/jmn.v3i2.107
Preradovic, N. M. (2016). Service Learning. In Encyclopedia ofEducational Philosophy and Theory. In European Observatory of Service Learning in Higher Education (pp. 1–7). https://doi.org/10.1007/978-981-287-532-7
Ratnawati, P., & Utami, W. (2021). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Bentuk Pangkat, Akar dan Logaritma Menggunakan Make a Match Circle Game. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(2), 130–137. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/view/11338
Sukestiyarno, S. (2011). Olah Data Penelitian Berbantuan SPSS. Universitas Negeri Semarang.
Vitantri, C. A., & Ardiyanti, R. U. (2021). Media Penselo Berbantuan LKS untuk Memfasilitasi Pembentukan Konsep Matematis Siswa SMK pada Materi Logaritma. Jurnal Tadris Matematika, 4(1), 109–120. https://doi.org/10.21274/jtm.2021.4.1.109-120
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rini Utami, Nurina Hidayah, Dewi Azizah, Amalia Fitri, Sayyidatul Karimah, Muhammad Falah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.