Poker logaritma (pokema) sebagai media belajar memahami logaritma

Authors

  • Rini Utami Universitas Pekalongan
  • Nurina Hidayah Universitas Pekalongan
  • Dewi Azizah Universitas Pekalongan
  • Amalia Fitri Universitas Pekalongan
  • Sayyidatul Karimah Universitas Pekalongan
  • Muhammad Falah Univesitas Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.19941

Keywords:

logaritma, media pembelajaran, pokema

Abstract

Permasalahan yang dihadapi siswa pada materi logaritma yaitu siswa kurang memahami sifat-sifat logaritma untuk menyelesaikan soal logaritma sehingga diperlukan media agar mempermudah siswa mempelajari materi tersebut. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan belajar logaritma kepada siswa dengan menggunakan media Pokema. Media Pokema merupakan media pembelajaran matematika yang terdiri dari petunjuk penggunaan, materi logaritma, kartu-kartu berisi soal-soal logaritma dan kunci jawaban. Peserta kegiatan ini adalah siswa MA Tholabudin Masin berjumlah 20 orang. Pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode Service Learning yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap investigasi dan perencanaan, tindakan, refleksi, dan demontrasi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini yaitu rata-rata kemampuan siswa pada materi logaritma berbeda sebelum dan sesudah diberikan pendampingan. Selain itu sebanyak 85% siswa berpendapat media pokema menarik minat siswa untuk belajar logaritma.

References

Baro, M. T., Wena, I. M., & Noviyanti, P. L. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Logaritma Berdasarkan Prosedur Newman untuk Siswa Kelas X MIPA 8 SMAN 5 Denpasar. Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Matematika, 1(1), 54–64. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i1.870

Fadhilatullathifi, Z. N., Ardiyanto, B., Rahayu, D. D., Almukholani, T., Rinayah, I., & Rahmawati, F. (2020). Four-Tier Diagnostic Test Method to Identify Conceptual Understanding in Calculus. Journal of Physics: Confrence Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012075

Gunadi, F. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Domino untuk Mencapai Target Hasil Belajar Trinometri. Mathline, 3(1), 89–100. https://doi.org/10.31943/mathline.v3i1.86

Gunawan, M. S., & Fitra, D. (2021). Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal-soal Eksponen dan Logaritma. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 257–268. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.875

Hananta, F. I., & Ratu, N. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Logaritma. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia (JPMI), 4(1), 29–35. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.900

Hayati, I. N. (2018). Analisis kesulitan siswa sma negeri 1 kedungwuni materi logaritma. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 8(2), 115–124. https://doi.org/10.20961/jmme.v8i2.25844

Indapitasari, N. (2021). Penggunaan Kartu Domino untuk Meningkatkan Hasil Belajar Logaritma. Teahing : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(4), 259–265. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i4.753

Kosasih, U., Sabila, N. W., & Saefuloh, N. A. (2022). Desain Pembelajaran Logaritma Berbasis Permainan Matematika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(1), 46–56. https://doi.org/10.37058/jarme.v4i1.4069

Panjaitan, D. J., & Indriani. (2020). Media Kartu Domino Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Pada Materi Logaritma. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(2), 17–25. https://doi.org/10.54314/jmn.v3i2.107

Preradovic, N. M. (2016). Service Learning. In Encyclopedia ofEducational Philosophy and Theory. In European Observatory of Service Learning in Higher Education (pp. 1–7). https://doi.org/10.1007/978-981-287-532-7

Ratnawati, P., & Utami, W. (2021). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Bentuk Pangkat, Akar dan Logaritma Menggunakan Make a Match Circle Game. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(2), 130–137. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/view/11338

Sukestiyarno, S. (2011). Olah Data Penelitian Berbantuan SPSS. Universitas Negeri Semarang.

Vitantri, C. A., & Ardiyanti, R. U. (2021). Media Penselo Berbantuan LKS untuk Memfasilitasi Pembentukan Konsep Matematis Siswa SMK pada Materi Logaritma. Jurnal Tadris Matematika, 4(1), 109–120. https://doi.org/10.21274/jtm.2021.4.1.109-120

Downloads

Published

2023-07-02

How to Cite

Rini Utami, Nurina Hidayah, Dewi Azizah, Amalia Fitri, Sayyidatul Karimah, & Falah, M. (2023). Poker logaritma (pokema) sebagai media belajar memahami logaritma. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(1), 183–190. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.19941