Penerapan sistem jaminan produk halal pada UMKM untuk meningkatkan daya saing produk
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.19996Keywords:
pengabdian masyarakat, sertifikat halal, UMKMAbstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah salah satu usaha untuk yang cukup populer di masyarakat Indonesia. Salah satu usaha yang berkembang pesat di Indonesia adalah usaha dibidang pangan. Namun demikian, dalam perkembangannya terdapat kendala untuk meningkatkan daya saing produk UMKM, yaitu tidak dimilikinya sertifikat halal. Di Indonesia, kewajiban sertifikasi halal diatur dalam Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 terkait jaminan kehalalan produk, khususnya produk yang masuk, beredar dan diperdagangkan di wilayah Indonesia harus bersertifikat halal. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan melakukan pendampingan penyiapan persyaratan dan implementasi pemenuhan dokumen Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH) terhadap UMKM Koperasi Kukar Idaman Lestari untuk memperoleh sertifikat halal melalui sosialisasi dan pendampingan sertifikasi halal agar produk yang dihasilkan terjamin kualitasnya dan dapat membantu melihat potensi usaha agar unggul dalam persaingan. Metode yang digunakan dalam kegitan ini adalah PAR (Participatory Action Research) dengan melibatkan partisipasi dan kolaborasi aktif antara pengabdi dan masyarakat atau pihak lain yang meliputi beberapa tahapan yaitu: (1) observasi dan wawancara; (2) identifikasi gap; (3) sosialisasi kepada UMKM; dan (4) penyiapan dokumen persyaratan dan pendaftaran sertifikat halal kategori self declare. Hasil pendampingan pelaku UMKM telah mengetahui pentingnya menghasilkan produk halal dan melakukan implementasi SJPH sehingga telah mendapatkan Sertifikat Halal melalui self declare sebagai pengakuan kehalalan produk. Manual SJPH yang dihasilkan dapat dijadikan pedoman untuk menerapkan sistem jaminan halal secara konsisten dari kegiatan yang telah dilaksanakan sehingga jika ditemukan ketidaksesuaian pelaku usaha akan melakukan tindakan perbaikan.
References
Agustina, Y., Pratikto, H., Churiyah, M., & Dharma, B. A. (2019). Pentingnya Penyuluhan Sertifikasi Jaminan Produk Halal untuk Usaha Kecil Menengah (UKM). Jurnal Graha Pengabdian, 1(2), 139–150. https://doi.org/10.17977/um078v1i22019p139-150
Akim, Konety, N., Purnama, C., & Adilla, M. H. (2018). Pemahaman Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Jatinangor terhadap Kewajiban Sertifikasi Halal pada Produk Makanan. Kumawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 31–49. https://doi.org/10.24198/kumawula.v1i1.19258
DPP IAEI dan DPW IAEI DKI Jakarta. (2021). Bunga Rampai 30 Tahun Ekonomi Syariah Indonesia Islam Indonesia. www.iaei-pusat.org
Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. GROWTH: Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172. https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/39
Hartono, & Hartomo, D. D. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan UMKM di Surakarta. Jurnal Bisnis & Manajemen, 14(1), 15–30. https://doi.org/10.20961/jbm.v14i1.2678
Istianah, & Dewi, G. (2022). Analisis Maṣlahah pada Konsep Halal Self-Declare Sebelum dan Pasca enactment Undang-Undang Cipta Kerja. Al’Adl Jurnal Hukum, 14(1), 84–109. https://doi.org/10.31602/al-adl.v14i1.5870
Kurniawati, L. (2018). Pengaruh Label Halal dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Kosmetik Wardah pada Mahasiswa IAIN Ponorogo [IAIN Ponorogo]. http://etheses.iainponorogo.ac.id/3869/
Lada, S., Tanakinjal, G. H., & Amin, H. (2009). Predicting intention to choose halal products using theory of reasoned action. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, 2(1), 66–76. https://doi.org/10.1108/17538390910946276
Lahamid, Q., & Nurlasera. (2018). Hambatan dan upaya usaha mikro kecil menengah (UMKM) kreatif berbasis syariah di Kota Pekanbaru. Jurnal Sosial Budaya, 15(1), 27–36. https://doi.org/10.24014/sb.v15i1.4992
Oktaniar, F., Listyaningsih, E., & Purwanto, B. (2020). The Effect of Halal Labeling , Advertisement Creativity and Lifestyle on Purchase Decisions of Wardah Products (Case Study of Students of Universitas Malahayati). International Conference on Humanities, Education, and Social Sciences, 692–700. https://doi.org/10.18502/kss.v4i14.7926
Rachman, S. (2020). Analisis pengaruh perkembangan usaha kecil dan menengah sektor manufaktur terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Makassar. Jurnal Ad’ministrare, 1(2), 71–82. https://doi.org/10.22515/finalmazawa.v1i1.2363
Rokhmah, B. E., & Yahya, I. (2020). Tantangan, Kendala, dan Kesiapan Pemasaran Online UMKM di Desa Nglebak, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Sukoharjo. Filantropi: Jurnal Manajemen Zakat Dan Wakaf Volume, 1(1), 20–31. https://doi.org/10.22515/finalmazawa.v1i1.2363
Sofyan, S. (2017). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil, dan Menengah) Dalam Perekonomian Indonesia. Bilancia, 11(1), 33–64. https://jurnal.uindatokarama.ac.id
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 M. Soleh Al Munawar, Miftakhur Rohmah, Anton Rahmadi, Marwati, Maulida Rachmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.