Permainan tradisional sebagai media dukungan psikososial anak dan remaja penyintas bencana
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.20069Keywords:
permainan tradisional, dukungan psikososial, bencana cianjurAbstract
Di antara media dukungan psikososial yang diberikan pada anak-anak dan remaja korban gempa cianjur adalah melibatkan mereka dalam permainan tradisional. Jenis permainan yang dipilih sebagai teknik intervensi psikososial untuk memulihkan kondisi psikososial anak-anak dan remaja penyintas gempa Cianjur adalah permainan sondah/engklek, ular naga, batu taba, gembatan, dan gobag sodor. Sebelum memberikan intervensi, dilakukan observasi dan wawancara dan diperoleh gambaran bahwa anak-anak yang pada awalnya menunjukan perilaku yang murung dan pendiam menjadi tampak lebih riang dan aktif karena dapat berinteraksi dengan teman-temannya. Metode Pengabdian kepada Masyarakat menggunakan metode Service-Learning atau SL. Pelaksana pengabdian melakukan aktivitas yang melibatkan pengalaman praktis, pembelajaran akademik dan keterlibatan masyarakat. Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa anak-anak merasa aman dan nyaman saat melakukan aktivitas bermain permainan tradisional. Anak yang mengalami trauma dapat keluar dari trauma. Dengan demikian disimpulkan bahwa permainan tradisional efektif untuk diberikan sebagai media dukungan psikososial bagi anak-anak dan remaja penyintas bencana. Permainan tradisional dapat menurunkan trauma, rasa cemas, dan takut pada anak dan remaja.
References
Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, Kadir, N. A., Junaid, S., Nur, S., Ayu, R. D., Parmitasari, Nurdiyanah, Wahyudi, J., & Wahid, M. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (Suwendi, A. Basir, & J. Wahyudi (eds.)). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI.
Andriani, A. D., Agustinah, A., Chotimah, D. H., Teguh, D. F., Muttaqin, E. Z., Indriani, E., Esiyannera, E., Taher, K. P. M., Indira, L., Utama, M., Sulaeman, P., Nasution, S. M., Rahmat S., A. D., & Mustopo, W. I. (2023). Cianjur Bercerita Dukungan Psikososial untuk Penyintas Bencana. UNPI Press.
Djulaekah, E. D. (2013). Meningkatkan Kemampuan Emosional Melalui Permainan Ular Naga Anak Kelompok B Di TK Hidayatus Shibyan. PAUD Teratai, 2(2).
Herman, J. L. (2015). Trauma and recovery: The aftermath of violence—from domestic abuse to political terror. Basic Books.
Iswinarti. (2010). Nilai-Nilai Terapiutik Permainan Tradisional Engklek Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Humanity, 6(1).
Iswinarti. (2017a). Pedoman Permainan Tradisional Gembatan dengan Metode “Berlian” untuk Meningkatkan Kompetensi Sosial Anak. Fakultas Psikologi Universitas Muhammaduyah Malang.
Iswinarti. (2017b). Permainan Tradisional: Prosedur dan Analisis Manfaat Psikologis. UMM Press.
Nasution, S. M. (2021). Pendekatan komunitas untuk membangun resiliensi di masa pandemi Covid-19. IJIP Indonesian Journal of Islamic Psychology, 3(2), 175–196. https://doi.org/10.18326/ijip.v3i2.175-196
Nur, H. (2013). Membangun Karakter Anak melalui Permainan Anak Tradisional. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(1), 87–94. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1290
Riadi, F. S., & Lestari, T. (2021). Efektivitas Permainan Tradisional Pada Perkembangan Sosial Siswa Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (JKPD), 6(2), 122–129. https://doi.org/10.26618/jkpd.v6i2.5392
Sisto, A., Vicinanza, F., Campanozzi, L. L., Ricci, G., Tartaglini, D., & Tambone, V. (2019). Towards a transversal definition of psychological resilience: A literature review. Medicina, 55(11), 754. https://doi.org/10.3390/medicina55110745
Yuningsih, R., & Wahyuni, S. (2021). Permainan Benteng Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Jorong Cubadak. Jurnal Tumbuh kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 8(2), 153–162. https://doi.org/10.36706/jtk.v8i2.14825
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sri Mulyani Nasution, Rizky Purnomo Adji Churnawan, Pradika Sulaeman, Aminah Agustinah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.